Kesalahan berbahasa Indonesia dalam laporan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah / Muhammad Hakiki - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesalahan berbahasa Indonesia dalam laporan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah / Muhammad Hakiki

Hakiki, Muhammad (2014) Kesalahan berbahasa Indonesia dalam laporan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah / Muhammad Hakiki. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hakiki Muhammad. 2014.Kesalahan BerbahasaIndonesia dalam Laporan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah. Tesis.Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sunaryo H.S. S.H. M.Hum. (2) Dr. Imam Agus Basuki M.Pd. Kata kunci kesalahan berbahasa laporan siswa. Kesalahan berbahasa Indonesia dalam laporan yang ditulis siswa dalam proses pembelajaran mengimplikasikan tujuan pembelajaran bahasa Indonesia belum tercapai sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Semakin tinggi kuantitas kesalahan penyusunan kalimat bahasa Indonesia semakin rendah tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia yang dicapai. Kesalahan penyusunan kalimat Bahasa Indonesia siswa harus dikurangi. Hal ini dapat tercapai jika guru bahasa Indonesia mengkaji secara mendalam segala bentuk kesalahan berbahasa Indonesia siswa. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan berbahasa Indonesia dalam laporan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian analisis dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model alir. Data penelitiankesalahanberbahasa Indonesia yang dimaksud (a) kekuranglengkapan unsur kalimat dan (b) kesalahan penggunaan kata bentukan. Sumber data penelitian ini berupa laporan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah yang berjumlah 90 laporan. Hasil penelitian ini berupa (1) kekuranglengkapan unsur kalimat bahasa Indonesia yang meliputi (a) kalimat tidak bersubjek (b) kalimat tidak berpredikat (c) kalimat tidak berobjek (d) kalimat tidak berpelengkap dan (e) kalimat tidak berketerangan (2) kesalahan pembentukan kata dalam penyusunan kalimat bahasa Indonesia yang meliputi (a) kesalahan pengimbuhan yang meliputi kesalahan penggunaan bentukan di dan ke kesalahan akhiran kesalahan penggabungan awalan dan akhiran (b) kesalahan pengulangan yang meliputi kesalahan pemakaian kata yang berlebihan kesalahan penulisan kata ulang berimbuhan kesalahan penulisan kata ulang sebagian kesalahan penulisan kata ulang berubah bunyi kesalahan penulisan kata ulang dengan menggunakan angka 2 dan 2x tanda hubung dalam penulisan kata ulang tidak ditulis dan (c) kesalahan penggunaan konjungsi dan. Oleh karena itu guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah perlu melakukan upaya-upaya perbaikan agar kesalahan berbahasa Indonesia dalam laporan siswa tidak terjadi lagi. Upaya-upaya yang dapat dilakukan antara lain (1) memberikan penekanan pentingnya penguasaan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar dan (2) memberikan pelatihan secara optimal kepada siswa untuk menghindari kesalahan yang sama secara terus menerus. Demikian juga para peneliti selanjutnya disarankan agar dapat melakukan penelitian serupa secara intensif dan lebih spesifik untuk memperkaya khazanah penelitian kesalahan berbahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/109352

Actions (login required)

View Item View Item