Kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam karangan mahasiswa BIPA tingkat pemula Universitas Negeri Malang / Rifa Hanifah

Hanifah, Rifa (2019) Kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam karangan mahasiswa BIPA tingkat pemula Universitas Negeri Malang / Rifa Hanifah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hanifah, Rifa 2019. Kesalahan bahasa Indonesia dalam Karangan Mahasiswa BIPA Tingkat Pemula Universitas Negeri Malang. Tesis. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd, (II) Dr. Gatut Susanto, M.M, M.Pd. Kata kunci: kesalahan bahasa Indonesia, karangan, mahasiswa BIPA, tingkat pemula. Kesalahan bahasa Indonesia dalam karangan mahasiswa BIPA merupakan kesalahan yang terjadi pada mahasiswa yang sedang mempelajari bahasa Indonesia sebagai bahasa asing. Penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua tidak lepas dari kesalahan. Semakin tinggi jumlah kesalahan, makin rendah tingkat pencapaian tujuan pembelajaran bahasanya. Pemerolehan bahasa kedua merupakan ilmu yang mengacu baik pada studi individu maupun kelompok, yaitu ketika seseorang tersebut mempelajari bahasa setelah bahasa pertama mereka. Bahasa tambahan yang dipelajari disebut bahasa kedua (B2), meskipun bahasa yang dipelajari merupakan bahasa ketiga, keempat, atau kesepuluh. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kesalahan frasa, klausa, dan kalimat yang terdapat dalam karangan mahasiswa BIPA tingkat pemula di Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis teks. Data penelitian ini berupa kesalahan frasa, klausa, dan kalimat dengan sumber data berupa karangan mahasiswa BIPA tingkat pemula. Instrumen penelitian ini berupa tabel panduan analisis kesalahan frasa, klausa, dan kalimat. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan membaca karangan mahasiswa BIPA secara utuh, menandai kesalahan yang terdapat dalam karangan mahasiswa BIPA, mengelompokkan data kesalahan berdasarkan pola kesalahan frasa, klausa, dan kalimat kedalam tabel analisis, mereduksi data kesalahan dengan cara memilah data kesalahan yang dilakukan lebih dari tiga sumber data saja, dan penyimpulan hasil. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kesalahan pada frasa, klausa, dan kalimat. Kesalahan frasa pada karangan mahasiswa BIPA tingkat pemula mencakup (a) D—M nominal subordinatif dengan pola kesalahan N+N dengan contoh kesalahan dia nama, N+A dengan contoh kesalahan bagus kuis, Num+N dengan contoh kesalahan warna semua, N+Num dengan contoh kesalahan pertama kue, Adv+N dengan contoh kesalahan selalu kami, dan N+V dengan contoh kesalahan akan Mbak Dya, (b) D—M verbal subordinatif dengan pola kesalahan V+N contoh kesalahannya saya pertanyaan, (c) D—M preposisional dengan contoh kesalahan samping di, dan (d) D—M adverbial kala dengan contoh kesalahan sekali malam. Kesalahan klausa pada karangan mahasiswa BIPA tingkat pemula mencakup (a) kesalahan klausa Pø (predikat kosong) dengan contoh kesalahan saya bisa (p) perempuan kuat, (b) kesalahan klausa Sø (subjek kosong) dengan contoh kesalahan (S) bersama menyanyi karena besok 4 juli, libur besar di Amerika, (c) kesalahan klausa verbal bitransitif dengan pola kesalahan meN-i dengan contoh kesalahan Saya berpikir bahwa dia man tahu tentang hukum islam, ber-an dengan contoh kesalahan Kami kenalkan pekerja-pekerja di toko yang adalah orang muda, me-i dengan contoh kesalahan Saya berbicara “permisi” ketika saya berjalan lewat dia, dan meN-kan dengan contoh kesalahan Saya berjanji bahwa saya akan memperpenting waktu di kelas, dan (d) kesalahan klausa monotransitif dengan pola ber- dengan contoh kesalahan Kami perjalan 1 jam ke kampung, mem- dengan contoh kesalahan Saya punya terlalu banyak hal yang saya mau membuat, meN- dengan contoh kesalahan Saya harus ingat seluruh lagu dan bernyanyi di depan kelas, per- dengan contoh kesalahan Saya punya bertemuan dengan mahasiswa lain dan staf CLS untuk berkoordinasi tamasya ke pantai hari sabtu ini, –an dengan contoh kesalahan Di pesta ada banyak makan dari Amerika, dan –nya dengan contoh kesalahan Alatnya musiknya suara bagus sekali dan saya ingin lebih banyak musik memakai itu. Kesalahan kalimat pada karangan mahasiswa BIPA tingkat pemula mencakup (a) Ketiadaan keterangan pada kalimat luas dengan contoh kesalahan Saya terlalu kenyang dan sedikit sakit perut. Karena makan terlalu, saya tidur jam 7. Ketika bangun jam 9 untuk pergi ke kamar mandi, keluarga kos semua ada di ‘living room’ berbicara-bicara, dan (b) Ketiadaan kata sambung pada kalimat luas dengan contoh kesalahan Semua duduk di lantai 2 tapi tutor-tutor saya dan teman kami berlima duduk di meja lain, bukan dengan mahasiswa lain. Semua hanya berbicara di Bahasa Indonesia. Saya berpikir bahwa saya sudah tidak bisa berbicara bahasa Inggris lagi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/109350

Actions (login required)

View Item View Item