Pengembangan strategi sinektik-aktif-mendalam untuk menulis puisi di kelas X SMA / Reni Maisatus Sagita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan strategi sinektik-aktif-mendalam untuk menulis puisi di kelas X SMA / Reni Maisatus Sagita

Sagita, Reni Maisatus (2019) Pengembangan strategi sinektik-aktif-mendalam untuk menulis puisi di kelas X SMA / Reni Maisatus Sagita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sagita Reni Maisatus. 2019. Pengembangan Strategi Sinektik-Aktif-Mendalam untuk Menulis Puisi di Kelas X SMA. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Endah Tri Priyatni M.Pd. (II) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd. Kata Kunci strategi Sinektik-Aktif-Mendalam menulis puisi. Penelitian pengembangan ini berlatarbelakang dari hasil studi pendahuluan yang diketahui bahwa hasil pembelajaran menulis puisi masih kurang maksimal. Hal ini diperoleh berdasarkan dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti diketahui sebesar 63 25% siswa masih kurang dalam menulis puisi sesuai unsur pembangun puisi sebesar 36 75% siswa masih kurang dalam memunculkan ide baru serta masih kurang dalam menumbuhkan daya renung ketika menulis puisi. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa masih kurang dapat memunculkan ide baru melalui daya renung secara mendalam ketika mengembangkannya menjadi sebuah tulisan puisi yang sesuai dengan unsur pembangunnya. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian pengembangan ini memiliki dua tujuan yaitu (1) menghasilkan strategi Sinektik-Aktif-Mendalam dalam pembelajaran menulis puisi untuk siswa kelas X SMA dan (2) menguji keefektifan strategi Sinektik-Aktif-Mendalam dalam pembelajaran menulis puisi untuk siswa kelas X SMA. Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur model penelitian pengembangan 4-D (define design develop dan disseminate) yang meliputi (1) tahap pendefinisian (2) tahap perencanaan (3) tahap pengembangan dan (4) tahap desiminasi. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa buku panduan strategi Sinektik-Aktif-Mendalam untuk menulis puisi. Produk berupa buku panduan tersebut meliputi (1) konsep dasar strategi pembelajaran Sinektik-Aktif-Mendalam (2) langkah-langkah strategi pembelajaran Sinektik-Aktif-Mendalam (3) pembelajaran menulis puisi dengan strategi pembelajaran sinektik-Aktif-Mendalam dan (4) implementasi strategi pembelajaran Sinektik-Aktif-Mendalam dalam pembelajaran menulis puisi. Strategi Sinektik-Aktif-Mendalam tediri atas langkah-langkah yaitu (1) menelusuri ide baru (2) analogi langsung (3) mangaitkan ide dengan analogi (4) analogi dengan menggunakan bukti (5) menyusun kerangka puisi (6) menulis puisi dan (7) menyunting tulisan. Hasil dari proses pengembangan produk buku panduan tersebut terdapat empat aspek penilaian yaitu (1) aspek kelayakan konsep strategi Sinektik-Aktif-Mendalam diperoleh rata-rata 100% (2) aspek kelayakan langkah-langkah strategi Sinektik-Aktif-Mendalam diperoleh rata-rata 93 26% (3) aspek kelayakan strategi Sinektik-Aktif-Mendalam terhadap tingkat pemahaman dan kebutuhan siswa diperoleh 83 33% dan (4) aspek kelayakan strategi Sinektik-Aktif-Mendalam pada uji lapangan diperoleh 84 16%. Produk yang sudah dikembangkan dilakukan uji kelayakan dan uji keefektifannya. Uji kelayakan produk dilakukan dengan uji validasi ahli praktisi dan uji laparangan terbatas. Uji kelayakan diperoleh hasil rata-rata sebesar 90 18% dengan kategori sangat layak. Uji keefektifan produk dilakukan dengan cara mencari jawaban atas hipotesis (ha) yang diajukan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran menulis puisi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji keefektifan diperoleh hasil nilai beda (t) sebesar 9 324 (positif) dengan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0 000 (p 0 05). Hasil uji keefektifan tersebut dapat diketahui bahwa menunjukkan perbedaan yang positif dan signifikan antara hasil pembelajaran menulis puisi pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Oleh karena itu penelitian pengembangan ini dalam produk yang dihasilkan menunjukkan kategori layak dan efektif untuk pembelajaran menulis puisi. Pemanfaatan dari produk ini memiliki saran dari berbagai pihak yang meliputi guru penulis buku dan peneliti lanjut. Bagi guru Bahasa Indonesia kelas X strategi Sinektik-Aktif-Mendalam dapat dipakai untuk pembelajaran menulis puisi serta dapat meningkatkan kualitas menulis puisi siswa. Penulis buku dan peneliti lanjut dapat menggunakan produk ini sebagai bahan untuk melakukan penelitian selanjutnya dengan memanfaatkan hasil penelitian sebagai acuan pengembangan produk yang lebih baik. Produk yang sudah dihasilkan dalam penelitian ini dapat disebarluaskan dengan membuat laporan hasil penelitian pengembangan strategi Sinektik-Aktif-Mendalam dalam bentuk artikel yang diterbitkan mencetak produk dengan berupa buku panduan strategi Sinektik-Aktif-Mendalam. Saran pengembangan produk lebih lanjut yaitu supaya lebih memaksimalkan pada tahap kegiatan analogi langsung dengan melibatkan panca indera tahap analogi dengan menggunakan bukti pemanfaatan media dan kegiatan berkelompok.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/109347

Actions (login required)

View Item View Item