Pengembangan instrumen asesmen membaca kritis dan menulis kreatif teks eksposisi untuk siswa kelas VIII SMP / Adi Syahputra Manurung

Manurung, Adi Syahputra (2020) Pengembangan instrumen asesmen membaca kritis dan menulis kreatif teks eksposisi untuk siswa kelas VIII SMP / Adi Syahputra Manurung. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Manurung, Adi Syahputra. 2019. Pengembangan Instrumen Asesmen Membaca Kritis dan Menulis Kreatif Teks Eksposisi Untuk Siswa Kelas VIII SMP. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muakibatul Hasanah, M.Pd., Pembimbing (2) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, M.Pd. Kata Kunci: instrumen asesmen, membaca kritis, menulis kreatif, dan teks eksposisi. Kemudahan akses informasi melalui teknologi informasi pada abad ke -21 ini menuntut beberapa keterampilan harus ditanamkan kepada siswa, mengingat derasnya arus kemajuan zaman yang semakin berubah. Dalam partnership for 21st century Skills (2015) dipaparkan bahwa ada empat keterampilan hidup pada abad ke-21, yaitu kreativitas dan inovasi, berpikir kritis dan memecahkan masalah, komunikasi, dan kolaborasi. Dipaparkan juga yang urgensial dimiliki siswa adalah kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif. Keterampilan tersebut perlu dimiliki oleh siswa agar lebih mampu menyaring dan memproduksi sejumlah informasi secara inovatif, kreatif dan menjadi pribadi yang bertanggungjawab. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan, diperoleh informasi bahwa guru belum mengembangkan instrumen asesmen membaca dan menulis teks eksposisi, dan penilaian masih berada pada konsep pemahaman dan belum mengarah pada aspek kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Oleh karena itu, pengembangan instrumen asesmen membaca kritis dan menulis kreatif teks eksposisi perlu dilakukan. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan (1) Menghasilkan produk berupa instrumen asesmen membaca kritis dan menulis kreatif teks eksposisi yang memiliki tingkat validitas, realibilitas dan kepraktisan yang baik dan (2) Menguji validitas, realibilitas, dan kepraktisan produk berupa instrumen asesmen membaca kritis dan menulis kreatif teks eksposisi. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian dan pengembangan instrumen asesmen ini adalah model O’Malley dan Pierce (1996). Prosedur penelitian dan pengembangan ini yang dilakukan meliputi (1) menentukan tujuan asesmen, (2) menyusun spesifikasi produk, (3) mengkaji asesmen terdahulu, (4) mengembangkan instrumen asesmen, (5) uji coba produk asesmen, (6) revisi produk. Uji coba produk dilakukan dengan cara uji validasi ahli, dan uji praktisi. Uji validasi dilakukan kepada subjek ahli (ahli asesmen, ahli pembelajaran bahasa Indonesia) dan praktisi (guru bahasa Indonesia), sementara uji lapangan dilakukan kepada siswa SMP kelas VIII. Pada penelitian ini, data validitas instrumen asesmen diperoleh melalui lembar validasi dan angket penilaian dari validator ahli asesmen, validator ahli pembelajaran bahasa Indonesia, dan praktisi. Data realibilitas instrumen diperoleh dari skor hasil tes kemampuan berpikir kritis-kreatif dalam membaca dan menulis kepada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Wujud produk yang dikembangkan peneliti yaitu berupa buku instrumen asesmen dalam bentuk cetak, dan disertai dengan buku panduan penggunaan instrumen asesmen untuk guru. Isi produk instrumen asesmen disusun berdasarkan tingkatan kemampuan berpikir kritis untuk mengukur kemampuan siswa berpikir kritis dalam membaca teks eksposisi, dan berpikir kreatif dalam menulis teks eksposisi. Buku instrumen asesmen membaca terbagi atas tiga unit yang masing-masing unit terdapat teks eksposisi sebagai bahan bacaan. Teks eksposisi yang dikembangkan pada unit 1 berjudul Membentuk Karakter lewat Permainan Tradisional, unit 2 berjudul Terlalu Banyak Minum Air Putih Berbahaya?, dan unit 3 berjudul Medsos Dinilai Jadi Sarang Penyebaran Hoaks. Isi buku instrumen asesmen menulis, terbagi atas dua stimulan yaitu stimultan teks, dan video. Teks yang dikembangkan berjudul Rendahnya Minat Baca Masyarakat Indonesia, Pelajaran Bahasa Indonesia Kurang Diminati, dan Alasan Pentingnya Sarapan Pagi. Stimulus video tersebut dikemas dalam kaset CD. Dalam folder CD terdapat video yang berjudul Bahaya Plastik terhadap Biota Laut dan Dampak Penebangan Hutan. Berdasarkan hasil validasi pada ahli asesmen, diperoleh hasil bahwa penilaian untuk buku siswa dengan membaca adalah 83,33%, menulis 82,70%, dan buku panduan guru 85,71%. Hasil validasi dari ahli pembelajaran untuk buku siswa membaca 85,93%, menulis 82,70%, dan buku panduan 85,71%. Hasil validasi praktisi untuk buku panduan penggunaan instrumen asesmen 80,41%. Tahap revisi produk dilakukan berdasarkan hasil uji dan saran dari subjek ahli yang terbagi dari segi validitas dan kepraktisan produk. Hasil uji lapangan atau uji produk pada siswa kelas 8 adalah 79,4% untuk rerata instrumen membaca, dan 77,85% untuk rerata instrumen menulis. Uji realibilitas dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment untuk instrumen asesmen membaca pada unit 1 mencapai 0,961, unit 2 mencapai 0,956, dan unit 3 mencapai 0,968. Instrumen asesmen menulis untuk stimultan teks bacaan mencapai 0,782, dan stimultan video mencapai 0,691. Berdasarkan data tersebut, rubrik instrumen asesmen dapat disimpulkan memiliki kualifikasi realibilitas tinggi karena nilai hitung koefisien korelasi lebih besar dari 0,6 (koefisien korelasi ≥ 0,6). Simpulan pada penelitian dan pengembangan ini adalah produk instrumen asesmen yang dihasilkan telah memenuhi kualifikasi kelayakan berdasarkan aspek validitas maupun aspek realibilitas instrumen sehingga dapat diimplementasikan. Saran pemanfaatan instrumen asesmen ini diarahkan kepada (1) guru, (2) siswa, dan (3) peneliti selanjutnya. Guru disarankan memanfaatkan produk ini sebagai pendamping buku paket yang digunakan di sekolah, khususnya pada keperluan penilaian materi teks eksposisi. Siswa dapat memanfaatkan produk instrumen asesmen ini untuk berlatih berpikir kritis dan kreatif lewat materi teks eksposisi. Peneliti selanjutnya dapat memanfaatkan produk ini sebagai bahan rujukan, maupun model untuk mengembangkan instrumen asesmen yang lebih inovatif sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/109345

Actions (login required)

View Item View Item