Pengembangan bahan ajar keterampilan berbicara bahasa Indonesia untuk pelajar Thailand tingkat pemula / Royyan Kasor

Kasor, Royyan (2020) Pengembangan bahan ajar keterampilan berbicara bahasa Indonesia untuk pelajar Thailand tingkat pemula / Royyan Kasor. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kasor, Royyan. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia untuk Pelajar Thailand Tingkat Pemula. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Martutik, M. Pd., (II) Dr. Roekhan, M. Pd. Kata Kunci: pengembangan, keterampilan berbicara, bahasa Indonesia untuk penutur asing, pelajar Thailand Bahan ajar adalah hal penting dalam kegiatan pembelajaran. Di samping itu, bahan ajar mampu membantu fungsi pendidik sebagai mediator, menumbuhkan proses pendidikan yang bagus, dan berfungsi untuk menyuruh pelajar melaksanakan aktivitas dalam proses pembelajaran. Begitu pula untuk pelajar, tanpa adanya bahan ajar pelajar akan mengalami kesulitan dalam kegiatan belajarnya. Oleh karena itu, bahan ajar merupakan hal yang sangat penting untuk dikembangkan sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar keterampilan berbicara bahasa Indonesia untuk pelajar Thailand tingkat pemula dan mendeskripsikan kelayakan bahan ajar keterampilan berbicara bahasa Indonesia untuk pelajar Thailand tingkat pemula di Universitas Negeri Malang. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan Borg & Gall dengan sejumlah modifikasi dalam lima langkah, yang meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba ahli pembelajaran bahan ajar, pembelajaran BIPA, dan kegrafikaan, dan (5) revisi produk Utama. Pengembangan ini diujicobakan pada pelajar Thailand di Universitas Negeri Malang satu kelas, dan uji coba tiga ahli, yaitu seorang ahli bahan ajar, dan seorang ahli kegrafikaan. Pengambilan data menggukan instrument wawancara dan lembar angket. Teknik analisis data menggunaan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji kelayakan pengembangan bahan ajar keterampilan berbicara bahasa Indonesia untuk pelajar Thailand tingkat pemula, yaitu (1) hasil validasi produk oleh tiga vatidator, yaitu ahli pembelajaran bahan ajar, ahli pembelajaran BIPA, dan ahli kegrafikan. Angket uji validasi produk terdiri dari tiga komponen, yaitu (a) kelayakan isi. Hasil yang diperoleh menjadi persentase 89.28% tergolong (sangat layak) diimplementasikan, (b) kelayakan bahasa. Hasil yang diperoleh menjadi persentase 86.90% tergolong (sangat layak) diimplementasikan, dan (c) kelayakan kegrafikan. Hasil yang diperoleh menjadi persentase 85% tergolong (sangat layak) diimplementasikan. dan (2) hasil uji lapanagn yang diperoleh dari pelajar Thailand tingkat pemula 6 objek. Angket uji lapangan terdiri dari tiga komponen, yaitu (a) kelayakan isi. Hasil yang diperoleh menjadi persentase 92.36% tergolong (sangat layak) diimplementasikan, (b) kelayakan bahasa. Hasil yang diperoleh menjadi persentase 91.66% tergolong (sangat layak) diimplementasikan, dan (c) kelayakan kegrafikan. Hasil yang diperoleh menjadi persentase 97.22% tergolong (sangat layak) diimplementasikan. Saran yang diajukan untuk pengembangan produk lebih lanjut adalah menambahkan materi yang lebih bervarisi dan memperbanyak praktik latihan berbicara. Salah satunya adalah contoh percakapan dan latihan pelafalan berbentuk rekaman audio ataupun audiovisual yang dikemas dalam cakram padat. Penambahan keduanya dapat membuat bahan ajar ini bisa digunakan secara mandiri oleh pelajar Thailand tingkat pemula dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/109343

Actions (login required)

View Item View Item