Pengembangan strategi jurnalisme sejarah untuk pembelajaran menulis puisi siswa kelas X SMA / Amalia Juningsih

Juningsih, Amalia (2020) Pengembangan strategi jurnalisme sejarah untuk pembelajaran menulis puisi siswa kelas X SMA / Amalia Juningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Juningsih, Amalia. 2019. Pengembangan Strategi Jurnalisme Sejarah untuk Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA. Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, M.Pd, (II) Dr. Yuni Pratiwi, M.Pd. Kata Kunci: pengembangan, strategi jurnalisme sejarah, menulis puisi Strategi pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan pembelajaran yang dipilih dan digunakan oleh guru untuk mencapai tujuan belajar dan kompetensi dasar. Kemampuan guru dalam menggunakan strategi pembelajaran secara optimal penting untuk dilakukan. Latar belakang penelitian pengembangan ini di dasari oleh sering terjadinya penggunaan metode pembelajaran konvensional dengan kegiatan yang didominasi ceramah. Sehingga hal tersebut menimbulkan verbalisme dan minimnya penggunaan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Kegiatan belajar mengajar tidak hanya dapat dilakukan di dalam kelas, namun juga di luar kelas dengan suasana dan pengalaman yang menambah wawasan bagi peserta didik. Menulis puisi dapat memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Dengan demikian, guru dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan mengajak siswa lebih dekat dengan sumber belajar yang sesungguhnya. Siswa bukan hanya menerima pengetahuan dari apa yang didengar, tetapi juga apa yang dilihat dan dilakukan. Sehingga para siswa secara langsung melibatkan semua panca indera dan aspek motorik lainnya serta dapat menghubungkan konsep yang dipelajari dengan kondisi nyata yang terjadi di lingkungan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk mengembangkan strategi jurnalisme sejarah untuk pembelajaran menulis puisi. Strategi jurnalisme sejarah memanfaatkan situs sejarah yang terdapat dilingkungan sebagai sumber belajar. Pemanfaatan sumber belajar tersebut bermanfaat bagi guru sebagai variasi dalam kegiatan pembelajaran. Sumber inspirasi pengembangan strategi jurnalisme sejarah terdiri dari tiga landasan. Landasan pertama, yakni tugas jurnalis secara umum yang diintegrasikan dalam pembelajaran. Tiga tugas jurnalis tersebut yakni mencari topik, mengolah data, dan menyunting data. Landasan kedua, yakni sumber, bukti, dan fakta dalam sejarah yang digunakan sebagai kriteria dalam mencari topik. Topik sejarah tersebut merupakan situs sejarah sebagai sumber belajar. Landasan ketiga, yakni proses kreatif dalam menulis puisi. Dalam kegiatan pembelajaran, siswa diposisikan menjadi jurnalis dalam mengumpulkan informasi berupa fakta-fakta yang berkaitan dengan topik sejarah. Hasil dari mengumpulkan fakta sejarah tersebut dijadikan sebagai bahan dalam menulis puisi yang bertemakan sejarah. Tujuan penelitian pengembangan strategi jurnalisme sejarah, yaitu untuk (1) mengembangkan produk berupa strategi jurnalisme sejarah untuk pembelajaran menulis puisi siswa kelas X SMA yang dikemas dalam buku panduan penerapan strategi untuk guru, dan (2) mendeskripsikan hasil uji kelayakan produk strategi pembelajaran jurnalisme sejarah untuk pembelajaran menulis puisi siswa kelas X SMA. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengadaptasi model prosedural dari Borg dan Gall. Model tersebut diadaptasi menjadi tujuh pengembangan model pembelajaran jurnalisme sejarah. Ketujuh tahap tersebut adalah (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (4) uji validasi, (5) revisi produk awal, (6) uji lapangan terbatas, dan (7) penyempurnaan produk akhir. Tahap studi pendahuluan dan perencanaan dilakukan untuk mengembangkan konsep awal dari strategi jurnalisme sejarah. Tahap pengembangan draft produk, yakni dengan menyusun buku panduan penerapan strategi jurnalisme sejarah. Tahap uji validasi, yakni menguji kelayakan produk dengan melibatkan ahli pembelajaran puisi, ahli puisi dan praktisi. Uji kelayakan tersebut menghasilkan data numerik dan data verbal yang dihimpun berdasarkan komentar serta saran perbaikan oleh para ahli dan praktisi. Uji kelayakan pertama dari ahli pembelajaran puisi memperoleh nilai rata-rata persentase 94,2%. Uji kelayakan kedua dari ahli puisi memperoleh nilai rata-rata persentase 90,9%. Uji kelayakan ketiga dari praktisi mata pelajaran bahasa Indonesia memperoleh nilai rata-rata persentase 88,14%. Tahap revisi produk awal, yakni merevisi produk berdasarkan komentar dan saran dari ahli dan praktisi. Hasil dari perhitungan tersebut diperoleh persentase kelayakan sebesar 91%. Berdasarkan hasil tersebut maka produk layak untuk diimplementasikan. Tahap uji lapangan terbatas diterapkan pada kelompok kecil yakni terdiri dari satu kelas dengan 34 siswa. Uji kelayakan produk juga ditentukan dari angket skor siswa. Berdasarkan hasil angket siswa diperoleh persentase keseluruhan skor sebesar 92,6%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa responsif terhadap tahap-tahap dalam pembelajaran strategi jurnalisme sejarah. Selanjutnya tahap penyempurnaan produk dilakukan setelah uji lapangan terbatas. Keefektifan strategi jurnalisme sejarah diterapkan dalam pembelajaran, yakni dibuktikan dengan hasil uji normalitas nilai signifikansi (sig) pada pretest adalah 0,066 yakni lebih besar dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa populasi data berdistribusi normal. Selanjutnya uji homogenitas memperoleh nilai signifikansi (sig) berdasarkan nilai rata-rata adalah 0,0851 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa varian data posttest kelas eksperimen adalah sama atau homogen dan terakhir uji T diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi jurnalisme sejarah dalam menulis puisi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi. Berdasarkan hal tersebut, dapat dibuktikan yakni ketika uji lapangan terbatas siswa antusias dan aktif terlibat ketika melakukan pengamatan dan melaksanakan proses wawancara dengan narasumber situs sejarah. Hasil belajar dari strategi jurnalisme sejarah dalam menulis puisi yakni puisi dengan tema sejarah situs Giri Kedaton.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/109342

Actions (login required)

View Item View Item