Pengembangan bahan ajar komunikasi lisan bahasa Indonesia bagi pelajar Thailand tingkat menengah / Atchima Ongprakobkul

Ongprakobkul, Atchima (2019) Pengembangan bahan ajar komunikasi lisan bahasa Indonesia bagi pelajar Thailand tingkat menengah / Atchima Ongprakobkul. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Atchima Ongprakobkul. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Komunikasi Lisan Bahasa Indonesia Bagi Pelajar Thailand Tingkat Menengah. Tesis, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Imam Suyitno, M.Pd., (2) Dr. Gatut Susanto, M.M.,M.Pd. Kata kunci: bahan ajar, komunikasi lisan, pelajar Thailand, tingkat menengah. Saat ini ada banyak program belajar BIPA dari Thailand. Mahasiswa itu belajar BIPA atas biaya pemerintah, baik Indonesia maupun Thailand. Ada juga yang dengan biaya sendiri. Kemampuan komunikasi lisan merupakan kemampuan yang sangat penting di dalam perkuliahan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk dan mendeskripsikan kelayakan produk bahan ajar komunikasi lisan bagi pelajar Thailand tingkat menengah dengan model pembelajaran integratif serta komunikatif dengan penyajian, isi, dan bahasa. Pengembangan ini dilakukan melalui tahapan pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi tujuh tahap, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba produk ahli, (5) revisi produk awal, (6) uji coba produk lapangan, dan (7) revisi produk akhir. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif didapat dari penilaian para validator dan subjek uji coba. Adapun data kualitatif diperoleh dari masukan para validator subjek uji coba terhadap komponen-komponen yang dinilai. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori cukup layak untuk diimplementasikan. Hal ini dapat diketahui dari perolehan persentase penilaian yang berada di atas 70%. Hasil validasi ahli bahan ajar menunjukkan bahwa produk terkategori cukup layak, yaitu dengan persentase 72%. Lebih lanjut, hasil validasi ahli kegrafikan mengategorikan produk sangat layak untuk diterapkan, yakni dengan persentase sebesar 93,75%. Di samping itu, hasil validasi ahli pembelajaran BIPA termasuk dalam kategori cukup layak dengan persentase 71,50%. Berdasarkan penilaian dari ahli bahan ajar dan ahli pembelajaran BIPA, produk ini layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi pelajar Thailand. Adapun perolehan persentase dari sepuluh pelajar Thailand mencapai lebih dari 80% yang menunjukkan bahwa produk ini dapat dikatakan layak dan siap diimplementasikan. Selain hasil analisis data kuantitatif, beberapa masukan berlaku sebagai data kualitatif untuk dianalisis dan dijadikan dasar perbaikan produk, komponen isi bahan ajar mendapatkan dua saran, yakni (1) cara pengucapan yang terkait dengan situasi, dan (2) latihan percakapan. Sementara itu, komponen kegrafikan bahan ajar mendapat tiga masukan, yaitu (1) desain sampul bahan ajar dibuat lebih menarik lagi dengan memainkan warna, (2) desain isi bahan ajar perlu dibuat lebih menarik lagi dengan gambar ilustrasi, dan (3) berdasarkan catatan penyajian bahan ajar. Penyajian baik, hanya perlu ditambahkan gambar dan memperbaiki tata letak. Ukuran font dan jenis hurufnya disesuaikan. Di samping kedua komponen itu, bahasa bahan ajar mendapatkan dua saran, yaitu (1) variasi latihan keterampilan berbicara, dan (2) kosakata. Pelajar BIPA tingkat menengah sebagai calon pengguna produk menyarankan bahwa produk ini sudah bagus dan layak diimplementasikan. Saran kepada para peneliti dan pengembang selanjutnya ialah melakukan diseminasi dan pengembangan suplemen. Proses diseminasi ini disarankan untuk dilakukan kepada pelajar BIPA tingkat menengah. Dalam pelaksanaannya, diseminasi dilakukan dengan memberikan penjelasan dan praktik menggunakan produk. Salah satu suplemen yang disarankan untuk dikembangkan adalah contoh percakapan, teks membaca, dan latihan berbicara. Dengan demikian, bahan ajar yang akan dikembangkan dapat menjadi buku bahan ajar komunikasi lisan bahasa Indonesia di Thailand yang sempurna.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/109340

Actions (login required)

View Item View Item