Pengembangan bahan ajar menulis cerpen bermuatan nilai karakter dengan media film keluarga untuk siswa kelas XI SMA / Yusni Anisa

Anisa, Yusni (2019) Pengembangan bahan ajar menulis cerpen bermuatan nilai karakter dengan media film keluarga untuk siswa kelas XI SMA / Yusni Anisa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anisa, Yusni. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Bermuatan Nilai Karakter dengan Media Film Keluarga untuk Siswa Kelas XI SMA. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, M.Pd, (II) Dr. Yuni Pratiwi, M.Pd Kata Kunci: bahan ajar, menulis cerpen, nilai karakter, film keluarga Bahan ajar yang berkualitas memiliki kontribusi yang besar terhadap keberhasilan proses pembelajaran. Mengingat bahwa pengembangan bahan ajar merupakan suatu kegiatan yang penting dilakukan sebagai penunjang dalam pembelajaran, maka pengembangan bahan ajar dengan prosedur yang lengkap perlu dilakukan. Pembelajaran menulis cerpen merupakan kegiatan yang kompleks. Kegiatan tersebut membutuhkan ide yang kreatif, bernilai estetika sastra, dan bahasa yang digunakan bersifat komunikatif. Dalam proses penulisan cerpen juga diperlukan kemampuan berimajinasi yang tinggi. Penanaman nilai karakter pada siswa sebenarnya bukan sesuatu yang baruditerapkan. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, nilai-nilai karakter mulai terkikis sehingga menuntut adanya penanaman kembali nilai-nilai tersebut ke dalam sebuah wadah kegiatanpembelajaran di sekolah. Penanaman nilai-nilai karakter tersebut diimplementasikan ke dalam bahan ajar menulis cerpen agar terbentuk sebuah karakter yang handal. Sehubungan dengan tuntutan yang diharapkan kurikulum dan dari permasalahan yang terdapat di sekolah yang berhubungan dengan pembelajaran menulis cerpen, diperlukan adanya suatu media yang dapat membangkitkan kreativitas siswa.Media yang dipilih adalah media film keluarga, media ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi siswa dalam proses menulis cerpen.Hadirnya media film keluarga dalam kegiatan pembelajaran yang ditayangkan menjadi sumber inspirasi menulis cerpendalampenentuan tema, tokoh, alur, setting, serta unsur lainnya. Penelitian pengembangan ini bertujuan(1) menghasilkanproduk berupa bahan ajar menulis cerpen bermuatan nilai karakter melalui media film keluarga untuk siswa SMA kelas XI dan (2) menguji keefektifan dan kevalidan produk bahan ajar menulis cerpen bermuatan nilai karakter dengan media film keluarga untuk siswa SMA kelas XI. Model penelitian pengembangan ini menggunakan model4D (four D model) yang terdiri atas empat langkah, yaitu define, design, development, dan disseminate. Bahan ajar yang dikembangkan telah melalui uji kelayakan dan keefektifan. Pertama, berdasarkanvalidasiproduk dari ahli pembelajaran cerpen, ahli menulis kreatif cerita pendek, dan praktisi/guru bahasa Indonesia diperoleh nilai rata-rata produk sebesar 94,78 %. Dengan demikian bahan ajar yang dikembangkan layak diimplementasikan. Kedua hasildari uji keefektifan diketahui bahwa nilai t= -9.818 dengan probabilitas 0.000 yang berarti <0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis cerpen sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar bermuatan nilai karakter dengan media film. Oleh karena itu, bahan ajar yang dikembangkan efektif untuk diimplementasikan dan dapat dijadikan buku pendamping dalam pembelajaran menulis cerpen. Diseminasi produk merupakan proses penyebaran inovasi yang direncanakan, diarahkan, dan dikelola. Kegiatan penyebarluasandilakukan dengan cara memperbanyak bahan ajar dan diberikan kepada guru-guru bahasa Indonesia di SMA. Penyebarluasan ini bertujuan agar bahan ajar yang dikembangkan ini dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Selain diberikan kepada guru sekolah, penyebarluasan juga dilakukan dengan menerbitkan dalam skala besar agar dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhannya. Tempatujicobaprodukdilakukan di SMA Negeri 8 Malang. Agar lebihefektif, produk juga akandiujicobakan di sekolah-sekolah lain. Sekolah yang tepatuntukujicobaprodukiniadalahsekolah yang memilikikarakterisitik yang samadengansekolahtempatujicobasebelumnya, yakniterdiridarisiswamemiliki agama yang beragam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/109335

Actions (login required)

View Item View Item