Pengembangan bahan ajar menulis cerita fantasi bermuatan nilai-nilai kehidupan untuk siswa kelas VII / Anggun Margaretha S.P.

Margaretha S.P., Anggun (2019) Pengembangan bahan ajar menulis cerita fantasi bermuatan nilai-nilai kehidupan untuk siswa kelas VII / Anggun Margaretha S.P. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Margaretha S.P., Anggun. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerita Fantasi Bermuatan Nilai-nilai Kehidupan. Tesis, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Imam Agus Basuki, M.Pd., (II) Dr. Titik Harsiati, M.Pd. Kata Kunci: bahan ajar, menulis cerita fantasi, nilai kehidupan Penelitian pengembangan bahan ajar menulis cerita fantasi bermuatan nilai-nilai kehidupan didasarkan pada program pendidikan karakter di sekolah. Pembelajaran cerita fantasi dianggap mendukung program tersebut. Hal ini dikarenakan peserta didik menyukai cerita fantasi karena bersifat menghibur dan imajinatif. Peserta didik seolah-olah berada dalam cerita tersebut dan menjadi tokoh yang ada dalam cerita. Dengan begitu siswa dapat membayangkan menjadi seseorang yang mendapat masalah hidup dan dapat menyelesaikan permasalahannya. Selain itu, siswa dapat mengenal berbagai macam sifat manusia. Hal ini dapat dilihat dari pelaku tokoh dalam cerita, baik perilaku baik maupun buruk. Pemilihan muatan nilai-nilai kehidupan ini didasarkan pada program pendidikan karakter di sekolah. Dengan menambahkan muatan nilai-nilai kehidupan dalam bahan ajar menulis cerita fantasi ini diharapkan mampu membantu program sekolah dalam mengembangkan karakter siswa. Dengan adanya muatan nila-nilai kehidupan dalam cerita fantasi diharapkan siswa dapat meneladani sifat baik dalam diri mereka. Oleh karena itu, perlu disusun bahan ajar yang mengintegrasikan muatan nilai-nilai kehidupan sebagai upaya memperbaiki sikap atau perilaku seseorang di lingkungan sekitar. Penelitian pengembangan bahan ajar menulis cerita fantasi bermuatan nilai-nilai kehidupan memiliki tujuan berikut. Pertama, menghasilkan produk berupa bahan ajar menulis cerita fantasi bermuatan nilai-nilai kehidupan untuk siswa kelas VII. Kedua, mendeskripsikan keefektifan bahan ajar menulis cerita fantasi bermuatan nilai-nilai kehidupan untuk siswa kelas VII. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D ini terdiri atas empat tahap, yaitu (1) define (penetapan), (2) design (perencanaan), (3) development (pengembangan), dan (4) disseminate (penyebaran). Uji coba produk bahan ajar oleh ahli pembelajaran menulis, ahli bahan ajar, praktisi, dan siswa. Uji coba produk tersebut menghasilkan data berupa data numerik dan data verbal. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan produk yang dikembangkan. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari analisis data kualitatif untuk menganalisis data verbal, sedangkan analisis data kuantitatif untuk menganalisis data numerik. Hasil penelitian pengembangan ini berupa produk bahan ajar untuk pembelajaran menulis cerita fantasi. Akan tetapi, bahan ajar dalam penelitian ini terdapat modifikasi dengan menambahkan muatan nilai-nilai kehidupan pada tiap cerita fantasi dalam buku tersebut. Judul bahan ajar tersebut adalah Menulis Cerita Fantasi Bermuatan Nilai-nilai Kehidupan. buku tersebut terdiri dari tiga unit, yaitu (a) ayo menulis cerita fantasi dengan mengedepankan kepedulian, (b) ayo menulis cerita fantasi dengan mengedepankan kedisiplinan, dan (c) ayo menulis cerita fantasi dengan mengedepankan tanggung jawab. Bahan ajar tersebut dikembangkan dengan memperhatikan empat aspek, yaitu kelayakan isi, kelayakan penyajian buku, kelayakan bahasa buku, dan kelayakan kegrafisan (tampilan) buku. Hasil penelitian pengembangan ini dipaparkan sebagai berikut. Pertama, hasil uji kelayakan produk diperoleh hasil bahwa rata-rata (1) kelayakan isi sebesar 83%, (2) penyajian buku sebesar 83%, (3) bahasa buku sebesar 86%, dan (4) kegrafisan atau tampilan buku sebesar 85%. Kedua, hasil uji keefektifan diperoleh hasil bahwa nilai t= -9,233 dan probabilitas menunjukkan 0,000 (p<0,05). Oleh karena itu, bahan ajar tersebut dapat meningkatkan keterampilan menulis peserta didik. Simpulan dalam penelitian pengembangan ini dijelaskan sebagai berikut. Bahan ajar yang dikembangkan dapat dimanfaatkan sebagai pendamping buku utama dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita fantasi. Bahan ajar dapat digunakan guru sebagai referensi dalam menghasilkan latihan yang variatif serta dapat digunakan untuk menuntun siswa mempelajari nilai kehidupan. peneliti selanjutnya dapat menggunakan bahan ajar sebagai dasar untuk mengembangkan produk lain yang lebih variatif dan menarik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/109333

Actions (login required)

View Item View Item