Pengembangan bahan ajar membaca dan menulis teks prosedur dengan strategi RRAFT untuk siswa kelas VII / Malinda Fatmawati

Fatmawati, Malinda (2019) Pengembangan bahan ajar membaca dan menulis teks prosedur dengan strategi RRAFT untuk siswa kelas VII / Malinda Fatmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatmawati, Malinda. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Membaca dan Menulis Teks Prosedur dengan Strategi RRRAFT untuk Siswa Kelas VII. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd. (2) Dr. Nita Widiati, M.Pd. Kata Kunci: bahan ajar, menulis, teks prosedur, strategi RRAFT. Menulis adalah kegiatan menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan. Pengungkapan gagasan memerlukan proses untuk menghasilkan tulisan yang baik. Oleh karena itu, pembelajaran menulis harus dirancang dengan baik agar siswa dapat mencapai kompetensi yang dituju. Keterampilan menulis siswa dapat diasah melalui kegiatan menulis teks prosedur. Kegiatan menulis akan lebih jika dibantu dengan strategi yang tepat. Strategi RRAFT merupakan salah satu strategi yang tepat untuk kegiatan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan bahan ajar menulis teks prosedur dengan strategi RRAFT untuk siswa kelas VII yang telah diuji kelayakan dari segi isi, penyajian, bahasa, dan tampilan, (2) menguji keefektifan bahan ajar menulis teks prosedur dengan strategi RRAFT untuk siswa eklas VII. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan model 4-D. Model penelitian dan pengembangan tersebut terdiri atas tiga tahap, yaitu, (1) define, (2) design, (3) development, dan (4) disseminate. Pada tahap uji coba lapangan, dilakukan uji keefektifan produk yang dikembangkan menggnakan desain praeksperimen one group pretest-posttest design. Uji coba lapangan dilakukan pada kelompok tunggal (tanpa kelas kontrol). Uji produk berfungsi untuk menguji kelayakan dan keefektifan dari produk. Uji kelayakan produk melibatkan empat subjek, yakni ahli bahan ajar, ahli pembelajaran menulis, praktisi, dan siswa. Pengambilan data pada uji kelayakan menggunakan instrumen berupa angket validasi dan angket uji coba lapangan. Data numerik dari angket dianalisis dengan panduan penyekoran, sedangkan data verbal digunakan sebagai bahan untuk revisi. Uji keefektifan dilakukan dengan menganalisis data pretes dan postes menggunakan uji-t yang dihitung dengan SPSS.16. Produk yang dihasilkan berupa bahan ajar menulis teks prosedur yang dikemas dalam bentuk buku. Buku tersebut berkedudukan sebagai pendamping buku teks dari pemerintah. Bahan ajar terdiri atas tiga unit yang meliputi (1) menguasai teks prosedur, (2) mencipta teks prosedur, dan (3) menyunting teks prosedur. Setiap unit terdiri atas kegiatan-kegiatan yang disusun secara bertahap. Pada setiap kegiatan dilengkapi materi, contoh, dan latihan. Produk berupa buku siswa yang dikembangkan telah melewati uji kelayakan dan uji keefektifan. Pertama, uji kelayakan produk dari ahli bahan ajar, ahli pembelaran menulis, praktisi, dan siswa telah diperoleh hasil kelayakan isi buku siswa sebesar 85%, kelayakan penyajian buku siswa sebesar 86%, kelayakan bahasa buku siswa sebesar 81%, dan kelayakan tampilan buku siswa sebesar 88%. Rata-rata hasil uji kelayakan produk adalah 85% yang berarti produk yang dikembangkan sangat layak untuk diimplementasikan. Kedua, berdasarkan uji keefektifan produk, diketahui nilai t= -25,707 dan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05). Hal tersebut dapat diartikan terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks prosedur sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar. Dengan kata lain, bahan ajar Menulis Teks Prosedur dengan Strategi RRAFT efektif untuk diimplementasikan. Berdasarkan uji kelayakan dan keefektifan, bahan ajar Menulis Teks Prosedur dengan Strategi RRAFT dapat dijadikan pendamping buku utama dari pemerintah. Saran pemanfaatan produk ditujukan kepada siswa, guru, dan peneliti lain. Bagi siswa, bahan ajar yang dikembangkan dapat dimanfaatkan sebagai pendamping buku pokok yang telah digunakan di sekolah. Selain itu, bahan ajar ini dapat membantu siswa untuk menulis teks prosedur secara bertahap. Bagi guru bahasa Indonesia, bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan sebagai referensi ketika mengajarkan materi menulis teks prosedur. Bahan ajar juga dapat digunakan guru sebagai rujukan dalam menghasilkan latihan-latihan soal yang variatif. Bagi peneliti lain, bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan sebagai inspirasi penemuan ide untuk mengembangkan produk lain yang sejalan dengan bahan ajar ini. Selain itu, bahan ajar yang dikembangkan juga dapat dijadikan sebagai rujukan dalam penyusunan bahan ajar teks-teks lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/109332

Actions (login required)

View Item View Item