Prasasti, Wegig Panji (2019) Pengaruh penggunaan model pembelajaran ARIAS berbantuan media video dokumenter terhadap kemampuan menulis cerita pendek berwawasan lingkungan siswa kelas IX SMP Negeri 2 Gempol / Wegig Panji Prasasti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prasasti Wegig Panji. 2019. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran ARIAS Berbantuan Media Video Dokumenter terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Berwawasan Lingkungan Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Gempol. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. A. Syukur Ghazali M.Pd (2) Dr. Taufik Dermawan M.Hum. Kata kunci Cerita Pendek Lingkungan Model Pembelajaran ARIAS Salah satu keterampilan sastra yang diajarkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah menulis cerita pendek. Dalam kegiatan menulis cerita pendek siswa cenderung mengembangkan pola dan tema yang populer. Maka dari itu sebagai salah satu cara untuk menumbuhkan rasa kepedulian siswa terhadap lingkungan siswa diminta untuk menulis cerita pendek berwawasan lingkungan. Dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai dan mampu membimbing siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran model pembelajaran tersebut adalah model ARIAS. Model ARIAS sering digunakan dalam penelitian sains sehingga dalam penelitian ini akan mengujicobakan model pembelajaran ARIAS dalam pembelajaran sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran ARIAS berbantuan media video documenter terhadap kemampuan mengembangkan tema cerita pendek berwawasan lingkungan menentukan tokoh dan perwatakan cerita pendek berwawasan lingkungan serta pengembangan alur cerita pendek berwawasan lingkungan siswa kelas IX SMP Negeri 2 Gempol. Penelitian ini menggunakan metode perpaduan kuantitatif dengan kualitatif sehingga disebut dengan metode campuran atau mixed method. Dalam rancangan ini kelas eksperimen diberi perlakuan tertentu yang menjadi fokus penelitian sedangkan kelas kontrol juga diberi perlakuan yang berbeda. Penelitian ini akan melihat pengaruh variable X yakni model pembelajaran ARIAS berbantuan media video dokumenter terhadap variable Y yakni kemampuan siswa menulis cerita pendek berwawasan lingkungan yang kemudian dianalisis secara kuantitatif dan dibahas secara kualitatif. Diajukan tiga hipotesis dalam penelitian ini yaitu (1) H1 diterima jika ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran ARIAS berbantuan media video dokumenter terhadap kemampuan mengembangkan tema cerita pendek berwawasan lingkungan (2) H2 diterima jika ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran ARIAS berbantuan media video dokumenter terhadap kemampuan menentukan tokoh dan perwatakan cerita pendek berwawasan lingkungan dan (3) H3 diterima jika ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran ARIAS berbantuan media video dokumenter terhadap kemampuan mengembangkan alur cerita pendek berwawasan lingkungan.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Gempol. Sampel yang digunakan adalah kelas IX-E sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-F sebagai kelas kontrol. Adapun teknik sampel yang digunakan adalah teknik pengambilan klaster yang dilakukan dengan randomisasi terhadap kelompok bukan terhadap subjek secara individual. Teknik ini dilakukan berdasarkan keseluruhan kelas yang bersifat homogen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah perintah dan petunjuk menulis dalam bentuk LKS scenario pembelajaran indikator penulisan cerita pendek dan rubric penilaian menulis cerita pendek. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik uji-t pada program komputer SPSS 22.0 for Windows dengan taraf signifikansi 0.05. Uji-t bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan tes awal dan tes akhir antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menujukkan bahwa penggunaan model pembelajaran ARIAS berbantuan media video dokumenter berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerita pendek berwawasan lingkungan siswa kelas IX SMP Negeri 2 Gempol. Uji hipotesis (uji-t) aspek pengembangan tema cerita pendek berwawasan lingkungan memiliki probabilitas (sig.) 0.001 706 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Uji hipotesis (uji-t) aspek penentuan tokoh dan perwatakan memiliki probabilitas (sig.) 0.049 706 0.05. Disimpulkan bahwa H2 diterima. Uji hipotesis (uji-t) aspek pengembangan alur cerita pendek berwawasan lingkungan memiliki probabilitas (sig.) 0.004 706 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H3 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan model pembelajaran ARIAS berbantuan media video dokumenter terhadap kemampuan menulis cerita pendek berwawasan lingkungan siswa kelas IX SMP Negeri 2 Gempol pada aspek pengembangan tema penentuan tokoh dan perwatakan serta pengembangan alur cerita pendek berwawasan lingkungan. Pengaruh tersebut dapat terlihat dari dalam cerita pendek siswa yang sudah memenuhi indicator pembelajaran. Saran bagi guru matapelajaran bahasa Indonesia agar dapat memanfaatkan model pembelajaran ARIAS dengan menggunakan media video documenter dalam pembelajaran menulis cerita pendek berwawasan lingkungan. Bagi peneliti selanjutnya juga dapat melakukan penelitian dengan model yang sama dengan berbantuan media yang lain tetapi menyoroti aspek yang berbeda yaitu latar amanat gaya penceritaan dan sudut pandang. Bagi penulis buku ajar agar menggunakan model pembelajaran ARIAS berbantuan media video dokumenter sebagai proses latihan secara bertahap dalam pembelajaran menulis cerita pendek berwawasan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/109329 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |