Pengembangan buku panduan pelatihan analisis naskah untuk pementasan drama / Muhamad Rullyfudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku panduan pelatihan analisis naskah untuk pementasan drama / Muhamad Rullyfudin

Rullyfudin, Muhamad (2019) Pengembangan buku panduan pelatihan analisis naskah untuk pementasan drama / Muhamad Rullyfudin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rullyfudin Muhamad. 2019. Pengembangan Buku Panduan Pelatihan Analisis Naskah untuk Pementasan Drama. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. A. Syukur Ghazali M.Pd. dan Pembimbing (II) Dr. Nita Widiati M.Pd. Kata Kunci penelitian pengembangan buku panduan analisis naskah drama Pendidikan sastra dianggap sangat penting bagi pendidikan di Indonesia baik di tingkatan sekolah dasar sampai Universitas. Pada jurusan Bahasa Indonesia pengajaran dan Sastra Indonesia mata kuliah yang diajarkan penyutradaraan. Dalam buku pelatihan ini pengguna diarahkan untuk melakukan latihan dasar yakni cara membaca naskah drama cara mengucapkan dialog sesuai dengan konflik di dalam naskah acting serta bloking. Buku pelatihan ini diharapkan dapat mempermudah pelatihan bermain drama buku yang ada memiliki kreteria umum berisikan pengertian dan sejarah. Penelitian pengembangan ini menghasilkan satu buah buku panduan pelatihan analisis naskah drama. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D (four-D model). Thiagarajan (1974 5) model pengembangan 4D tersebut terdiri atas empat tahap pengembangan yaitu (1) penetapan (define) (2) perancangan (design) (3) pengembangan (develompent) dan (4) penyebarluasan (disseminate). Uji validasi dilakukan kepada ahli dan pengguna. Berdasarkan hasil uji validasi yang dilakukan kepada ahli dapat diketahui bahwa buku panduan pelatihan pementasan drama cukup layak untuk diimplementasikan. Uji validasi kepada ahli mengacu pada empat aspek yaitu (1) keakuratan isi buku pelatihan pementasan drama (2) keruntutan buku panduan pelatihan pementasan drama (3) keluasan buku panduan pelatihan pementasan drama dan (4) kelayakan buku panduan pelatihan pementasan drama. Pertama keakuratan isi buku pelatihan pementasan drama memperoleh presentase sebesar 65% dengan kualifikasi cukup layak. Kedua keruntutan isi buku panduan pelatihan pementasan drama memperoleh presentase sebesar 69% dengan kualifikasi cukup layak. Ketiga keluasan buku panduan pelatihan pementasan drama memperoleh presentase sebesar 72% dengan kualifikasi cukup layak. Keempat kelayakan buku panduan pelatihan pementasan drama memperoleh presentase sebesar 75% dengan kualifikasi layak. Berdasarkan hasil uji validasi terhadap ahli drama dan ahli pembelajaran sastra dapat disimpulkan bahwa produk berupa buku panduan pelatihan pementasan drama ini cukup layak diimplemetasikan dengan revisi. Hasil uji validasi pengguna meliputi tiga aspek yaitu (1) sistematika buku panduan pelatihan pementasan drama (2) kebahasaan dan (3) tampilan buku panduan pelatihan pementasan drama. Pertama sistematika buku panduan pelatihan pementasan drama memperoleh presentase sebesar 83% dengan kualifikasi layak. Kedua kebahasaan buku panduan pelatihan pementasan drama memperoleh presentase sebesar 92% dengan kualifikasi sangat layak. Ketiga tampilan buku panduan pelatihan pementasan drama memperoleh presentase 85% dengan kualifikasi sangat layak. Berdasarkan hasil uji validasi ahli dan pengguna dapat disimpulkan bahwa produk buku panduan pelatihan pementasan drama efektif dan layak diterapkan sebagai panduan dalam berlatih drama. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah produk buku panduan pelatihan pementasan drama dapat dijadikan sebagai landasan dan dimanfaatkan untuk melakukan pengembangan produk buku panduan yang lebih menarik kreatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/109327

Actions (login required)

View Item View Item