Tindak tutur guru dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas / Andi Anita Lestari Dwi Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Tindak tutur guru dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas / Andi Anita Lestari Dwi Saputri

Saputri, Andi Anita Lestari Dwi (2019) Tindak tutur guru dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas / Andi Anita Lestari Dwi Saputri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andi Anita Lestari Dwi Saputri 2019. Tindak Tutur Guru dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. dan (II) Dr. Nurchasanah M.Pd. Kata Kunci tindak tutur wujud fungsi dan interaksi pembelajaran Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan wujud dan fungsi tindak tutur guru dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan pendekatan kualitatif disebabkan oleh konteks penelitian yang berlatar alamiah yaitu di kelas sebagai tempat berlangsungnya proses pembelajaran. Data penelitian ini berupa tuturan yang digunakan guru dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas. Pada penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen kunci. Oleh karena itu kehadiran peneliti wajib ada selama proses penelitian. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap teknik rekam yaitu dengan menggunakan media kamera digital dan telepon genggam untuk merekam tuturan guru serta alat tulis dan lembar pedoman observasi untuk mencatat konteks peristiwa tutur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penggunaan wujud dan fungsi tindak tutur guru dalam wacana interaksi kelas di SMA Negeri 3 Poso dalam proses pembelajaran. Wujud dan fungsi tindak tutur guru tampak pada semua tahap pembelajaran yakni pendahuluan inti dan penutup pembelajaran. Selanjutnya setiap tahap dalam proses pembelajaran diklasifikasi menjadi beberapa kegiatan atau konteks-konteks petuturan. Adapun konteks pada tahap pembelajaran tersebut yaitu (1) pendahuluan meliputi konteks menyiapkan kondisi kelas melakukan kegiatan apersepsi dan pemberian informasi terkait pembelajaran (2) inti pembelajaran meliputi konteks pemberian tugas menggali atau mengumpulkan informasi mengolah informasi dan menyajikan informasi dan evaluasi dan (3) penutup pembelajaran meliputi konteks melakukan refleksi pembelajaran meringkas atau merangkum pokok inti pelajaran dan memberikan tugas tambahan atau pekerjaan rumah (PR). Adapun wujud dan fungsi tuturan guru dalam proses pembelajaran diuraikan sebagai barikut. Wujud tindak tutur guru pada tahap pendahuluan pembelajaran meliputi salam perintah penanda pemancingan ajakan membujuk penunjukan membuka penilaian menantang memberi pujian kesimpulan memeriksa dan informasi.Wujud tindak tutur guru tahap inti pembelajaran meliputi tindak tutur komentar mengarahkan dorongan suruhan petunjuk penanda persetujuan larangan perintah memberi penawaran pemancingan penunjukkan ajakan balasan persetujuan penilaian kesimpulan memberi pujian penerimaan dan memeriksa dan diluar topik pembahasan. Pada tahap penutup pembelajaran wujud tindak tutur guru meliputi tindak tutur penanda memeriksa pemancingan penunjukkan penilaian persilaan komentar kesimpulan pembukaan/ prawacana suruhan penunjukkan perintah informasi salam dan permohonan maaf. Adapun fungsi tindak tutur yang digunakan guru pada dalam proses pembelajaran di kelas meliputi sebagai bentuk sapaan dan sarana menjalin keakraban menyuruh menekankan pertukaran memastikan kesiapan siswa dalam belajar memberikan perhatian/ bentuk kepedulian guru membangkitkan semangat belajar siswa melatih siswa untuk bertanggung jawab atas kewajibannya mengarahakan perhatian siswa pada satu topik pembicaraan memberikan kepastian kesesuaian jawaban siswa menstimulasi siswa untuk berpartisipasi dalam percakapan memberikan apresiasi menyimpulkan jawaban siswa menguji penguasaan materi siswa mengembalikan fokus perhatian siswa memastikan atau mengecek pemahaman siswa memastikan informasi yang diterima siswa menginformasikan tujuan pembelajaran mendesak memerintah memberi informasi menyatakan persetujuan/ membolehkan teguran meminta mendapatkan suatu kesepakatan memberi arahan atau bimbingan mencari penjelasan dari jawaban siswa memberikan petunjuk dan memberi tanggapan/ respon membenarkan atau menyetujui melakukan evaluasi memberi maaf melarang mengajak memberi izin menyuruh mengakhiri pembelajaran danpermohonan maaf.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/109321

Actions (login required)

View Item View Item