Representas iMatematisSiswa SMP dalamMemahamiKonsepPecahan. - Repositori Universitas Negeri Malang

Representas iMatematisSiswa SMP dalamMemahamiKonsepPecahan.

Fatqurhohman, Fatqurhohman (2019) Representas iMatematisSiswa SMP dalamMemahamiKonsepPecahan. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Representasimerupakangambaranseseorangterhadapsuatuobjek.Representasidiperlukansiswauntukmenyajikanmengomunikasikandanpendukungpemahamannyadalambelajarmatematikakarenasebagianbesarberupaide-ideabstrakyangdimanipulasidandianalisisdalampikiransiswa.Padasituasimatematisdanobjekabstraksiswadapatmenggunakansimbolgambarataudefinisiformal.Representasidibedakandalambentukinternaldaneksternal.Representasiinternaldiciptakandalampikiranseseorangberupaide-ideuntukmemaknaiataumenetapkanartisuatuobjek.Representasieksternalberupahasilperwujudandariide-idedalampikiranseseorang.Padakonteksmatematikarepresentasiekstenaldipandangsebagairepresentasimatematisyangmerupakanhasilgambaranseseorangterhadapsuatuobjekmelaluicaratertentumenggunakanbentukmatematis.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanrepresentasimatematissiswaSMPdalammemahamikonseppecahanmelibatkan50siswayangterdiridari27siswakelasVIIAdan23siswakelasVIIE.Pengumpulandatamenggunakantugastertulisberupasoalpecahanbentukceritaterkaitrepresentasimatematisdanwawancara.Berdasarkanhasiljawabansiswayangdilakukannyamakadiperolehduakelompokrepresentasimatematisyaitupiktosimboliksebanyak8siswadansimboliksebanyak42siswa.Darimasing-masingkelompokrepresentasitersebutdipilihduasiswayangdijadikansubjekpenelitian.Selanjutnyadilakukanwawancarakepadasubjekuntukmengklarifikasidanmenelusurirepresentasimatematissiswadalammemahamikonseppecahan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaprosesrepresentasimatematispiktosimbolikpadatahapantranslasidimulaidenganmembacasoaluntukmenemukaninformasiyangpentingmenyebutkandanmenuliskaninformasiyangditemukanberupaukuranpitayangdibeliukuranpitakecildanukuranpitabesarkeilustrasigambarilustrasigambardibuatdalambentukkotak-kotakpersegiyangdimisalkanuntukpitayangdibelisebanyak32kotakukuranpitakecilsebanyak9kotakdanukuranpitabesarsebanyak10kotakdanberupagarisbilangandengantigabagianpemisahyangmasing-masingterdiridari12bagiandaripitayangdibeli.Padatahapaninterpretasimenunjukkanhubungan-hubunganantarinformasipadasoaldalambentukperhitunganmenunjukkanprosesperhitungandengancaraberbedaPadatahapanekstrapolasimemeriksadanmenyederhanakansolusiyangdiperolehsebelumnyamembuatkesimpulandanmenuliskansolusisesuaiinformasipadapertanyaansoal.Prosesrepresentasimatematissimbolikpadatahapantranslasidimulaimembacasoaluntukmenemukaninformasiyangpentingpadasoalmenyebutkandanmenuliskaninformasiyangditemukanberupaukuranpitayangdibeliukuranpitakecildanukuranpitabesar.Padatahapaninterpretasidilakukandenganmenunjukkanhubungan-hubunganantarinformasipadasoalmelakukanperhitunganberdasarkanhubungan-hubunganantarinformasipadasoal.Padatahapanekstrapolasidilakukandenganmemeriksasolusiperhitunganmengevaluasidanmenyederhanakansolusiyangdiperolehberdasarkaninformasipertanyaanpadasoal.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 24 Feb 2021 08:29
Last Modified: 24 Feb 2021 08:29
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1092

Actions (login required)

View Item View Item