Errors in the recount writing of the eight graders of SMP Negeri 9 Malang / Galuh Retnaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Errors in the recount writing of the eight graders of SMP Negeri 9 Malang / Galuh Retnaningtyas

Retnaningtyas, Galuh (2009) Errors in the recount writing of the eight graders of SMP Negeri 9 Malang / Galuh Retnaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagai salah satu bahasa asing yang ada di Indonesia Bahasa Inggris seringkali hanya digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas. Oleh karenanya para pebelajar mngkin tidak mendapat latihan yang cukup dalam menggunakan bahasa Inggris di lingkungan mereka yang mengakibatkan Bahasa Inggris mereka tidak berkembang. Selain itu kurangnya latihan membuat pebelajar tidak terbiasa dengan perbedaan struktur bahasa antara Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia sebagai bahasa ibunya. Hal ini menyebabkan mereka membuat error dalam menggunakan Bahasa Inggris khususnya dalam productive skill yaitu dalam ketrampilan menulis dan berbicara. Namun pengajaran menulis sepertinya kurang mendapat perhatian dari guru dibandingkan dengan pengajaran ketrampilan yang lain. Siswa mungkin tidak mendapat cukup latihan dalam menulis dan tidak mendapat cukup umpan balik dari guru. Error analysis sangat penting untuk mencari tahu bagaimana siswa mempelajari sebuah bahasa perkembangan belajar mereka masalah yang dihadapi dan bagian dimana peningkatan diperlukan. Semua isu ini mengantarkan peneliti untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari tahu error yang dibuat oleh siswa kelas 8 SMP Negeri 9 Malang. Penelitian ini dapat dikategorikan sebagai penelitian descriptive qualitative karena tujan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan error apa saja yang muncul dalam karangan recount siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa 75 karangan siswa. Ada tiga langkah dalam proses analisis data. Langkah pertama adalah identifikasi error . Kemudian dilanjutkan dengan pengklasifikasian error dan yang terakhir adalah penghitungan error . Dari data yang terkumpul ditemukan 1144 error . Hasil penelitian ini menunjkkan error terbanyak yang dibuat siswa adalah errors of omission (32.08%). Dalam error ini omission of be menempati rutan teratas. Peringkat selanjutnya adalah errors of addition yang muncul sebanyak 25.87%. disini addition of preposition menduduki peringkat teratas. Errors of misformation menempati rutan teratas selanjutnya dengan persentase sebanyak 22.90%. Misformation of past tense verb paling banyak muncul di error ini. Misordering error muncul sebanyak 2.71% dari semua error yang ditemukan. Error dengan frekuensi tertinggi adalah misordering of adverb . Dalam vocabulary use diction menempati urutan teratas dengan persentase sebanyak 10.84% dan spelling error sebanyak 5.60% Berdasarkan hasil penelitian beberapa saran diberikan untuk meningkatkan penguasaan siswa pada ketrampilan menlis. Untuk guru disarankan agar mereka member kesempatan lebih banyak pada siswa untuk berlatih menulis dengan menggnaka Bahasa Inggris. Selain itu guru juga seharusnya lebih memperhatikan penggunaan verb form on tenses articles preposition dan singular and plural markers. Dalam vocabulary use guru diharapkan untuk lebih mengakrabkan siswa dengan bacaan-bacaan yang menggunakan Bahasa Inggris agar siswa lebih terbiasa dengan kata-kata bahasa Inggris. Yang paling penting adalah siswa dan guru diharapkan lebih memperhatikan perbedaan struktur antara Bahsa Indonesia dan Bahasa Inggris yang sepertinya merupakan penyebab utama error .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10919

Actions (login required)

View Item View Item