Regenerasi proses belajar kreativitas melalui manjing (studi fenomenologi pengenalan usaha dan manajemen pemasaran pengrajin marmer di desa Gampingan Kabupaten Tulungagung) / Adin Ariyanti Dewi

Dewi, Adin Ariyanti (2018) Regenerasi proses belajar kreativitas melalui manjing (studi fenomenologi pengenalan usaha dan manajemen pemasaran pengrajin marmer di desa Gampingan Kabupaten Tulungagung) / Adin Ariyanti Dewi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dewi, A.A. 2017. Regenerasi Proses Belajar Kreativitas Melalui Manjing (Studi Fenomenologi Pengenalan Usaha dan Manajemen Pemasaran Pengrajin Marmer di Desa Gamping Kabupaten Tulungagung). Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Luar Sekolah, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Umi Dayati, M.Pd., (2) Dr. Ach. Rasyad, M.Pd. Kata kunci: regenerasi, manjing, pengrajin marmer, magang (internship), dan informal. Desa Gamping merupakan kawasan desa industri kerajinan marmer. Mayoritas penduduk di desa ini berprofesi sebagai pengrajin marmer. Dalam proses pembuatan kerajinan tersebut terdapat proses regenerasi pewarisan belajar yang dilakukan melalui manjing atau istilah akademiknya adalah magang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui (1) konsep pengrajin marmer, (2) deskripsi aktivitas manjing, (3) proses penumbuhan minat belajar dan pengenalan usaha yang dilakukan oleh pengrajin marmer, dan (4) pengembangan kreativitas serta pengenalan manajemen yang dilakukan oleh pengrajin marmer. Peneliti menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dengan rancangan studi fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan tiga tahap yakni (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) penarikan hasil. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan empat teknik yakni (1) analisis domein, (2) analisis teksonomi, (3) analisis komponen, dan (4) analisis tema. Peneliti menentukan keabsahan data dengan menggunakan teknik perpanjangan kehadiran, observasi mendalam, dan trianggulasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh empat simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, pengrajin marmer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan untuk membuat kerajinan marmer dalam berbagai bentuk. Kedua, manjing adalah istilah tradisional masyarakat desa Gamping dimana istilah akademiknya adalah magang yang di dalamnya terdapat unsur belajar sambil bekerja. Ketiga, penumbuhan minat belajar yang terjadi dalam aktivitas manjing umumnya muncul dari keinginan para pemagang itu sendiri. Sedangkan pengenalan usaha dilakukan dengan melakukan pendekatan kepada pemagang dan mengenalkan showroom (toko untuk menjual hasil kerajinan marmer), serta mengajak pemagang untuk nyeles. Keempat, pengembangan kreativitas dilakukan dengan melihat buku-buku kerajinan marmer, ide-ide kreatif yang muncul dari pengrajin, adanya pesanan dari konsumen, dan melihat peluang pasar. Sedangkan pengenalan manajemen yang dilakukan adalah dengan belajar dari kegiatan penataran, pelatihan, dan pameran. SUMMARY Dewi, A.A. 2017. Regeneration of Learning Process of Creativity Through Manjing (Phenomenology Study of Business Introduction and Marketing Management of Marble Craftsmen in Gamping Village of Tulungagung Regency). Thesis, Master Program of Post-Graduate Education Graduate School, of State University of Malang. Counselor: (1) Dr. Umi Dayati, M.Pd., (2) Dr. Ach. Rasyad, M.Pd. Keywords: regeneration, manjing, marble craftsman, internship, and informal. The village of Gamping is a village area of marble handicraft industry. The majority of residents in this village work as marble craftsmen. In the process of making the craft there is a process of regeneration of inheritance learned through manjing or academic term is apprenticeship. This research was conducted with the aim to find out (1) the concept of marble artisans, (2) description of the activities of the dog, (3) the process of growth of interest in learning and the introduction of efforts made by marble artisans, and (4) creativity development and management recognition done by craftsmen marble. Researchers used qualitative approach research method with phenomenology study design. Data collection is done through observation techniques, interviews, and documentation. Data analysis was done by using three stages namely (1) data reduction, (2) display data, and (3) withdrawal result. Data analysis techniques in this study used four techniques namely (1) domein analysis, (2) textonomy analysis, (3) component analysis, and (4) theme analysis. Researchers determine the validity of data by using extension techniques of presence, deep observation, and triangulation. Based on the results of analysis of research data, obtained four conclusions of research results as follows. First, the marble craftsman is someone who has the ability to make marble handicrafts in various forms. Second, manjing is the traditional term of the Gamping village community where the academic term is an apprenticeship in which there is an element of learning while working. Third, the growing interest in learning that occurs in the activity of dogs generally arises from the desire of the traders themselves. While the introduction of the business is done by approaching the apprentice and introducing the showroom (shop to sell the marble handicraft), and invite the apprentice to nyeles. Fourth, creativity development is done by looking at marble handicraft books, creative ideas emerging from craftsmen, ordering from consumers, and looking at market opportunities. While the introduction of management is done by learning from upgrading, training, and exhibition.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S2 Pendidikan Khusus
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108975

Actions (login required)

View Item View Item