Keefektifan role-playing untuk meningkatkan perilaku asertif anak usia dini / Regina Christine Takumansang - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan role-playing untuk meningkatkan perilaku asertif anak usia dini / Regina Christine Takumansang

Takumansang, Regina Christine (2019) Keefektifan role-playing untuk meningkatkan perilaku asertif anak usia dini / Regina Christine Takumansang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Takumansang Regina Christine. 2019. Keefektifan Role Playing Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Anak Usia Dini. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Triyono M.Pd. Pembimbing (2) Dr. Sulthoni M.Pd. Kata kunci role playing perilaku asertif anak usia dini Asertif merupakan perilaku interpersonal individu untuk berani tegas jujur dan terbuka dalam menyatakan pikiran perasaan dan keinginan agar mendapatkan kebutuhan-kebutuhannya dengan ekspresi emosi yang tepat sehingga tidak melukai dan menghukum diri sendiri atau sebaliknya mengancam orang lain. Dalam penelitian ini role playing sebagai intervensi untuk meningkatkan perilaku asertif. Role playing merupakan salah satu intervensi yang bertujuan untuk mendorong anak berkomunikasi walaupun dengan bahasa yang terbatas menggunakan komunikasi non verbal seperti gerakan tubuh dan ekspresi muka juga melibatkan anak dari berbagai tingkatan melalui anggota tubuh mereka pikiran emosi interaksi sosial dan bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan role playing dalam meningkatkan perilaku asertif anak usia dini kelompok B TK Ananda Batu. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan eskperimen subjek tunggal (Single Subject Research) yang bertujuan untk mengetahui penggunaan role playing yang diberikan kepada subjek secara berulang-ulang pada waktu tertentu dalam rangka menumbuhkan kemampuan asertif pada anak Kelompok B TK Ananda Kota Batu. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan peneliti maka dapat disimpulkan bahwa intervensi berupa penerapan role playing efektif meningkatkan perilaku asertif anak. Hasil yang didapat pada masing-masing subjek yaitu subjek JK mengalami kenaikan subjek FR mengalami kenaikan subjek IR mengalami kenaikan dan subjek MK mengalami kenaikan. Hasil tersebut membuktikan bahwa intervensi role playing dapat meningkatkan perilaku asertif anak usia dini kelompok B TK Ananda Kota Batu. Anak yang sebelumnya kurang asertif mengalami peningkatan perilaku dalam hal mengungkapkan perasaan positif afirmasi diri dan perasaan negatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108972

Actions (login required)

View Item View Item