Strategi intervensi gangguan mutisme selektif "studi kasus pada anak kelompok B TK Al Muhajirin Kota Malang / Dessy Farantika

Farantika, Dessy (2019) Strategi intervensi gangguan mutisme selektif "studi kasus pada anak kelompok B TK Al Muhajirin Kota Malang / Dessy Farantika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Farantika, Dessy. 2019. Strategi Intervensi Gangguan Mutisme Selektif “Studi Kasus pada anak kelompok B TK AL Muhajirin Kota Malang”. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Triyono, M. Pd, Pembimbing (2) Dr. Hardika, M. Pd Kata kunci : mutisme selektif, gangguan perkembangan, intervensi, anak usia dini Hasil studi lapangan terdapat anak yang miliki gangguan perkembangan berkomunikasi dan bersosialisasi. Anak lebih banyak menyendiri dan menjawab komunikasi secara nonverbal. Kondisi tersebut merupakan karaktersitik mutisme selektif. Kondisi tersebut berlangsung sejak anak sekolah.Guru sudah berusaha memberikan beberapa penanganan untuk menstimulus perkembangan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk karakteristik gangguan mutisme selektif, dampak terhadap aspek perkembangan, dan cara penanganan yang sudah dilakukan oleh guru pada anak gangguan mutisme selektif pada anak kelompok B TK Al Muhajirin Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif. Terdapat dua subjek penelitian yang mengalami gangguan mutisme selektif. Proses analisis data dilakukan mulai dari pengumpulan data, reduksi data, display data dan terakhir penarikan kesimpulan. Sumber data sekunder berasal dari guru, orangtua dan kepala sekolah melalui wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa anak mengalami gangguan mutisme selektif dalam kategori moderate severe. Anak gangguan mutisme selektif memiliki karakteristik berkomunikasi secara nonverbal, anak dapat berbicara lancar dengan yang sudah dikenal/nyaman, anak mampu menyeleksaikan aspek kemampuan sesuai tahapan perkembangan yang tidak membutuhkan kemampuan berkomunikasi verbal. Dampak yang ditimbulkan yaitu kurang berkembang dalam aspek kemampuan bahasa dan sosial emosional anak. Cara penanganan yang sudah dilakukan oleh guru yaitu adalah pemberian motivasi, melibatkan anak dalam pelaksanaan pembelajaran, menggunakan pertanyaan terbuka, melibatkan orang tua dalam menindaklanjuti stimulus, dan membuat kegiatan secara berkelompok. Saran bagi orang tua yaitu memberikan pola asuh yang tepat dan tidak memperlakukan anak secara over protektif, dan memberi kepercayaan anak untuk menyelesaikan tugas. Bagi guru yaitu melakukan deteksi dini untuk mengetahui tumbuh kembang anak dan penangan anak secara tepat. Bagi peneliti selanjutnya adalah menemukan cara deteksi dini dan pemberian intervensi yang tepat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108971

Actions (login required)

View Item View Item