Pengaruh project based learning berbantuan big book terhadap kemampuan berbicara kelompok B TK Al-Muhajirin Malang / Masitha Anindya Setyastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh project based learning berbantuan big book terhadap kemampuan berbicara kelompok B TK Al-Muhajirin Malang / Masitha Anindya Setyastuti

Setyastuti, Masitha Anindya (2019) Pengaruh project based learning berbantuan big book terhadap kemampuan berbicara kelompok B TK Al-Muhajirin Malang / Masitha Anindya Setyastuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyastuti Masitha A. 2019. Pengaruh Project Based Learning Berbantuan Big Book Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TK Al-Muhajirin Kota Malang.Tesis Magister Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd Pembimbing (2) Dr.Triyono M.Pd. Kata Kunci Project Based Learning Big Book Kemampuan Berbicara Hasil observasi awal menunjukkan bahwa pembelajaran masih menggunakan Pembelajaran Model Project Based Learning. Sehingga kemampuan berbicara anak masih kurang khususnya menceritakan isi berkomunikasi dengan kata sederhana mengungkapkan gagasan menceritakan kembali cerita sesuai alur. Model pembelajaran yang tepat untuk merangsang kemampuan berbicara anak ialah Project Based Learning berbantuan big book karena pembelajaran proyek dilakukan secara kelompok dan menggunakan media big book sehingga dapat menstimulasi kemampuan berbicara anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelompok yang menggunakan model Project Based Learning berbantuan big book dengan kelompok kelas Project Based Learning terhadap kemampuan berbicara. Rancangan penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B di TK AL-Muhajirin Malang tahun pelajaran 2018/2019 semester genap yang terdiri atas dua kelas yaitu B1 berjumlah 17 anak sebagai kelas eksperimen dan B2 berjumlah 17 anak sebagai kelas kontrol dengan menggunakan purposive sampling. Uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validasi konstruk dengan 3 validator yaitu satu dosen sebagai ahli pembelajaran satu dosen sebagai ahli media dan satu kepala sekolah sebagai praktisi untuk menilai tingkat kevalidan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dan lembar observasi kemampuan berbicara peserta didik menggunakan media bigbook. Hasil penelitian menggunakan bahan ajar Big Book berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berbicara anak. Hal ini ditunjukkan dengan perbedaan kemampuan berbicara yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yaitu kemampuan berbicara Kelompok B di TK Al Muhajirin Malang pada kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol dari nilai rata-rata dan taraf signifikasi 0.000 (

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108970

Actions (login required)

View Item View Item