Pengaruh pendekatan saintifik terhadap aspek bahasa ekspresif anak kelompok B di TK PGRI Satu Wagir kabupaten Malang / Fianti Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan saintifik terhadap aspek bahasa ekspresif anak kelompok B di TK PGRI Satu Wagir kabupaten Malang / Fianti Sari

Sari, Fianti (2020) Pengaruh pendekatan saintifik terhadap aspek bahasa ekspresif anak kelompok B di TK PGRI Satu Wagir kabupaten Malang / Fianti Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sari Fianti. 2019. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Aspek Bahasa Ekspresif Anak Kelompok B di TK PGRI 1 Wagir Kabupaten Malang. Tesis Pendidikan Anak Usia Dini Program Magister Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Imron Arifin M.Pd. (2) Prof.Dr.H. Mohammad Zainuddin M.Pd. Kata Kunci pendekatan saintifik bahasa ekspresif. Aspek bahasa penting untuk dikembangkan sejak dini. Salah satu aspek bahasa yang perlu dikembangkan adalah bahasa ekspresif anak. Dengan bahasa anak mampu untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi melalui tanya jawab. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa pengembangan bahasa ekspresif pada anak belum maksimal disebabkan banyak faktor. Faktor tersebut antara lain karena kurangnya strategi dalam pemelajaran dan tidak adanya pendekatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Oleh karena itu penerapan pendekatan pembelajaran yang tepat sangat diharapkan untuk pengembangan aspek bahasa ekspresif anak. Salah satu pendekatan tersebut adalah pendekatan saintifik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik dalam mengembangan aspek bahasa ekspresif anak kelompok B di TK PGRI 1 Wagir. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif Quasy Eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Popolasi dalam penelitian ini adalah 30 anak dengan subjek penelitian terdiri dari 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen pada kelas B1 sebanyak 15 anak dan kelompok kontrol pada kelas B2 sebanyak 15 anak. Kelompok yang diberikan perlakuan berupa pendekatan saintifik adalah kelompok B1. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non probability jenis pusposive sampling. Pengumpulan data dengan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis yaitu Paired Sample Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel yaitu 28.375 2.160 pada kelompok eksperimen dengan nilai signifikasi 0.00 yang artinya lebih kecil dari nilai signifikasi 0.05. Hasil ini membuktikan bahwa pendekatan saintifik efektif untuk pengembangan aspek bahasa ekspresif anak kelompok B di TK PGRI 1 Wagir.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108968

Actions (login required)

View Item View Item