Eksistensi nilai-nilai luhur pendidikan karakter di Hadjar Dewantara (studi kasus di TK Taman Indria) / Fressi Apriliyanti

Apriliyanti, Fressi (2020) Eksistensi nilai-nilai luhur pendidikan karakter di Hadjar Dewantara (studi kasus di TK Taman Indria) / Fressi Apriliyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Apriliyanti, Fressi. 2019. Eksistensi Nilai-nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di (Studi Kasus di TK Taman Indria).Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M. Si., M.Ed. (II) Dr. Ahmad Yususf Sobri, S.Sos., M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan karakter, nilai-nilai luhur pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara, Taman kanak-kanak Masa usia dini merupakan periode optimum dalam pengambangan karakter sehingga penanaman nilai karakter perlu diupayakan sejak usia dini. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa pendidikan karakter yang ditanamkan sejak usia dini dapat memiliki membangun sifat-sifat positif baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang. Filosofi dan nilai-nilai luhur pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara merupakan sebuah warisan nasional, yang perlu dilestarikan keberadaannya. Hasil observasi awal di TK Taman Indria menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai karakter yang perlu diteliti lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan eksistensi nilai-nilai luhur pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara berdasartkan tiga aspek yaitu visi dan misi, kurikulum dan implementasi nilai-nilai luhur pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara, straegi yang dilakukan untuk melestarikan nilai-nilai luhur pendidikan karakter KI HadjarDewantara serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelestarian nilai nilai luhur pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif studi kasus. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai instrumen kunci. Sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data insani dan non insani. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah tematik analisis. Derajat keterpercayaan dalam penelitian ini dicapai dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode dan member check. Hasil penelitian yang diperoleh dari data wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen menunjukkan bahwa keberadaan nilai-nilai luhur pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara di TK Taman Indria relatif masih ada namun dengan berbagai perubahan seiring dengan perubahan zaman dalam penerapan nilai-nilai luhur pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara. Temuan penelitian ini ditarik berdasarkan aspek visi dan misi, kurikulum, dan implementasi nilai-nilai luhur pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara di TK Taman Indria. Hasil penelitian menunjukkan strategi dalam pelestarian nilai nilai luhur pendidikan karakter dapat dilihat dari sisi strategi untuk menjaga eksistensi lembaga dan strategi dalam melestarikan nilai-nilai luhur pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara.. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelestarian nilai-nilai luhur pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108967

Actions (login required)

View Item View Item