Literasi baca tulis anak kelompok B di TK Kartika Sisir Kota Batu (sebuah studi deskriptif kualitatif) / Yayuk Hastining Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Literasi baca tulis anak kelompok B di TK Kartika Sisir Kota Batu (sebuah studi deskriptif kualitatif) / Yayuk Hastining Rahayu

Rahayu, Yayuk Hastining (2019) Literasi baca tulis anak kelompok B di TK Kartika Sisir Kota Batu (sebuah studi deskriptif kualitatif) / Yayuk Hastining Rahayu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Yayuk Hastining Rahayu 2019. Literasi Baca Tulis Anak Kelompok B di TK Kartika Sisir Kota Batu. Tesis Program Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Alif Mudiono M.Pd (2) Dr. Sutarno M.Pd. Kata Kunci literasi baca tulis anak usia dini Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena literasi baca tulis di TK Kartika Sisir Kota Batu yang mencakup (1) proses pelaksanaan kegiatan literasi baca tulis (2) faktor pendukung proses pelaksanaan kegiatan literasi baca tulis (3) faktor penghambat proses pelaksanaan kegiatan literasi baca tulis. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak kelompok B guru dan kepala TK Kartika. Data dikumpulkan dengan teknik observasi wawancara secara mendalam dan studi dokumentasi. Lokasi penelitian di TK Kartika yang terletak di Jalan Imam Bonjol nomor 50 Kelurahan Sisir Kota Batu. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji kredibilitas data penelitian ini dilakukan dengan beberapa teknik antara lain (1) perpanjangan pengamatan (2) triangulasi dan (3) member check.Selanjutnya data yang diperoleh disusun dalam bentuk sebuah laporan deskriptif kualitatif sesuai dengan tahap penelitian yang sudah direncanakan. Hasil penelitian menunjukkan proses literasi baca tulis dilakukan dengan morning activity aktivitas di sentra yaitu anak melaporkan kegiatan yang sudah dilakukan melalui gambar dan tulisan yang bermakna. Faktor pendukung proses literasi baca tulis mencakup keluarga motivasi usia dan lingkungan sekolah. Faktor penghambat proses literasi baca tulis mencakup kesehatan yang terganggu hubungan keluarga yang kurang harmonis dan pemanfaatan tenologi canggih.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108965

Actions (login required)

View Item View Item