Pengaruh permainan problematika sains terhadap keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan Senggreng Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang / Yossie Setyo Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh permainan problematika sains terhadap keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan Senggreng Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang / Yossie Setyo Wardhani

Wardhani, Yossie Setyo (2019) Pengaruh permainan problematika sains terhadap keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan Senggreng Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang / Yossie Setyo Wardhani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wardhani Yossie Setyo. 2019. Pengaruh Permainan Problematika Sains Terhadap Keterampilan Proses Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Dharma Wanita Persatuan 1 Senggreng Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sri Wahyuni M.Pd. (2) Dr. Ach Rasyad M.Pd. Kata kunci Permainan problematika sains Anak usia 5-6 tahun Aspek perkembangan kognitif Keterampilan proses sains. Keterampilan proses sains diperlukan untuk proses kegiatan pembelajaran anak di Taman Kanak-Kanak. Keterampilan proses sains dalam diri anak yang berusia 5-6 tahun akan berkembang secara optimal apabila diberikan pengalaman sains oleh guru dengan tepat. Perkembangan keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan 1 Senggreng masih rendah. Penyebabnya adalah kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan proses sains hanya melalui penugasan di majalah yaitu dengan mengimplementasikan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di TK Dharma Wanita Persatuan 1 Senggreng dengan tujuan (1) mendeskripsikan pengaruh permainan problematika sains pada keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun di TK (2) mendeskripsikan perbedaan pengaruh keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun pada perlakuan permainan problematika sains dan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasy experiment yang mengaplikasikan pretest posttest control group a design dengan metode penelitian kuantitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu anak didik yang berusia 5-6 tahun TK Dharma Wanita Persatuan 1 Senggreng Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang tahun ajaran 2018/2019. Teknik sampel yang dipilih memanfaatkan teknik sampling purposive yaitu mengambil sampel berdasarkan perolehan keterampilan proses sains yang rendah. Sampel yang digunakan terdiri atas dua kelas yaitu kelompok B1 dan kelompok B2. Instrumen yang diaplikasikan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar penugasan. Lembar observasi dalam penelitian ini dilaksanakan untuk mengawasi keterlaksanaan pembelajaran permainan problematika sains. Lembar penugasan diaplikasikan oleh peneliti untuk mengetahui hasil tes keterampilan proses sains yang dicapai oleh anak. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Shapiro Wilk untuk jumlah sampel kurang dari 30 dan Uji Mann Whitney ( U- Test) untuk jumlah data sampel penelitian yang sangat sedikit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan proses sains kelas eksperimen dengan perlakuan permainan problematika sains lebih besar dan mengalami peningkatan dibandingkan kelas kontrol dengan perlakuan metode pembelajaran konvensional. Peningkatan keterampilan proses sains juga dibuktikan melalui uji U-Test .Hasil analisis uji U-Test data postes 1 keterampilan proses sains Asymp. Sig nilai (2-tailed) adalah 0 001. Hasil analisis uji U-Test data postes 2 keterampilan proses sains Asymp. Sig nilai (2-tailed) adalah 0 000. Sesuai dengan hasil analisis uji U-Test data postes 1 dan data postes 2 maka pengambilan keputusan hipotesis penelitian yaitu Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi permainan problematika sains berpengaruh terhadap keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun. Guru TK disarankan dapat menstimulasi keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun dengan mengimplementasikan permainan problematika sains.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108964

Actions (login required)

View Item View Item