Penerapan yoga dalam penanaman nilai-nilai karakter anak usia dini di PAUD Bali Public School Denpasar / Harliana

Harliana (2019) Penerapan yoga dalam penanaman nilai-nilai karakter anak usia dini di PAUD Bali Public School Denpasar / Harliana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Harliana. 2019. Penerapan Yoga dalam Penanaman Nilai-nilai Karakter Anak Usia Dini di PAUD Bali Public School Denpasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sulthoni, M.Pd, (2) Dr. M. Ishaq, M.Pd Kata Kunci: yoga, nilai-nilai karakter, anak usia dini Usia dini adalah sebuah periode awal dan mendasar dalam rentang sejarah kehidupan setiap manusia karena, pada usia nol hingga enam tahun anak berada dalam masa keemasan yaitu, masa dimana semua aspek dan potensi berkembang dengan sangat cepat. Di kota Denpasar ada lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) yang menyelenggarakan yoga. Yoga merupakan kegiatan kurikuler yang dilakukan setiap hari senin hingga jumat. Kegiatan yoga ini bertujuan untuk membantu proses membentuk dan menanamkan karakter positif sejak dini. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil penerapan yoga dalam penanaman nilai-nilai karakter pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Lokasi penelitian PAUD Bali Public School Denpasar terletak di Jl. Drupadi nomor 25 Sumerta Kelod Kecamatan Denpasar Timur. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan, verifikasi data yang dilakukan secara bersamaan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan data digunakan aspek kepercayaan/kredibilitas (credibility), dan aspek penegasan (confirmability). Untuk memperoleh data yang kredibilitas peneliti melakukan pengamatan secara terus menerus, triangulasi sumber data dan member check. Selanjutnya data yang diperoleh disusun dalam bentuk laporan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan yoga dalam penanaman nilai-nilai karakter pada anak usia dini di PAUD Bali Public School Denpasar merupakan kegiatan kurikuler yang dilakukan secara rutin setiap hari senin hingga jumat. Kegiatan dan gerakan-gerakan yoga untuk anak usia dini berbeda dengan yoga bagi orang dewasa. Beberapa contoh gerakan yoga untuk anak antara lain cobra pose, tree pose, bow pose, baby pose dan lion pose, gerakan-gerakan yoga tersebut diberikan dalam bentuk kegiatan story telling dan juga permainan yang menyenangkan serta menarik minat. Perubahan karakter setelah anak melakukan yoga tampak setelah tiga hingga enam bulan, karakter yang paling tampak signifikansinya pada diri anak yaitu disiplin diri, rasa percaya diri, mandiri, rasa tanggung jawab, peduli pada lingkungan dan kreatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108963

Actions (login required)

View Item View Item