Pengembangan buku ajar berpendekatan kontekstual pada materi memecahkan masalah sehari-hari untuk mengembangkan kemampuan kognitif / Suprapti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar berpendekatan kontekstual pada materi memecahkan masalah sehari-hari untuk mengembangkan kemampuan kognitif / Suprapti

Suprapti (2019) Pengembangan buku ajar berpendekatan kontekstual pada materi memecahkan masalah sehari-hari untuk mengembangkan kemampuan kognitif / Suprapti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pitaloka Helens Yashinta. 2019. Problematika Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Keluarga Buruh Tunggak (Studi Deskriptif di Desa Geneng Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro) Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Siti Asmah M.Pd (II) Dr. Zulkarnain M.Pd M.Si Kata Kunci problematika orang tua pendidikan anak usia dini keluarga buruh tunggak Pelaksanaan pendidikan anak usia dini tersebut tentunya tidak semudah yang bayangkan sebelumnya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi pelaksanaan pendidikan anak usia dini tersebut yang terbagi menjadi faktor internal dan eksternal. Faktor internal berkaitan dengan hal-hal yang ada dalam pelaku pendidikan anak usia dini tersebut dalam hal ini meliputi orang tua dan anak. Selanjutnya faktor eksternal berkaitan dengan hal-hal yang ada diluar keluarga (orang tua dan anak) dalam hal ini meliputi keadaan lingkungan masyarakat dan lingkungan instansi pendidikan terkait. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan problematika yang terjadi pada pendidikan anak usia dini (PAUD) dalam keluarga buruh tunggak di Desa Geneng Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro yang meliputi problematika ekonomi problematika pemahaman orang tua tentang mendidik anak problematika keterbatasan waktu serta problematika kondisi dan suasana lingkungan rumah. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik penggumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Analis data ini menggunakan siklus interaktif. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Keluarga dengan keadaan ekonomi yang rendah dipengaruhi oleh profesi yang dijalaninya. Selanjutnya dengan keadaan ekonomi yang rendah tersebut berbagai kendala akan dihadapi dalam rangka pelaksanaan PAUD seperti halnya intensitas waktu bertemu dengan anak sangat rendah sehingga pemberian pendidikan pada anak sedikit terganggu atau kurang maksimal. Ketersediaan alat bermain anak yang dimana peran orang tua serta lembaga pendidikan yang di dalamnya terdapat aspek sarana dan prasarana termasuk alat bermain anak. Keterbatasan dalam hal perhatian orang tua lahir akibat minimnya pengetahuan dan waktu yang cukup bagi anak sehingga pencapaian dalam perkembangan anak secara laungsung maupun tidak langsung akan terhambat dalam lingkup yang lebih besar maka tujuan dari PAUD yang melibatkan orang tua akan mengalami kegagalan. Problematika yang terjadi pada pendidikan anak usia dini (PAUD) salah satunya yaitu waktu yang terbatas. Problematika ini dikarenakan oleh profesi yang dijalani dengan sebab keadaan ekonomi keluarga yang lemah. Kurang harmonis serta pembagian tugas yang tidak seimbang dalam mendidik anak akan meninmbulkan kegagalan dalam pencapaian tujuan PAUD yang dilakukan oleh keluarga. Saran peneliti kepada orang tua adalah orang tua lebih menambah pengetahuan tentang permasalahan-permalahan pada pelaksanaan PAUD di keuarga.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108962

Actions (login required)

View Item View Item