Implementasi mendongeng kreatif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia 4-5 tahun di TK Laboratorium UM / Elik Mastutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi mendongeng kreatif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia 4-5 tahun di TK Laboratorium UM / Elik Mastutik

Mastutik, Elik (2019) Implementasi mendongeng kreatif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia 4-5 tahun di TK Laboratorium UM / Elik Mastutik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mastutik Elik. 2019. Implementasi Mendongeng Kreatif Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Laboratorium UM. Tesis. Prodi Pendidikan Anak Usia Dini. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Alif Mudiono M.Pd (2) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd Kata Kunci Mendongeng Kreatif Nilai Karakter Anak Usia Dini Pentingnya kegiatan mendongeng untuk guru PAUD karena mendongeng merupakan salah satu metode atau kegiatan yang banyak dipergunakan di Taman Kanak-kanak. Kegiatan mendongeng ini merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar bagi anak TK. Kegiatan mendongeng kreatif yang mempunyai sifat mendidik dan menghibur dapat ditanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini. Isi cerita yang disampaikan oleh guru harus mampu membangun nilai nilai karakter kepada anak agar tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalismendongeng kreatif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia 4-5 tahun di TK Laboratorium UM.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang ditemukan dari teknik pengumpulan data akan dijabarkan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian ditunjukkan bahwa adanya kegiatan mendongeng kreatif yang dilaksanakan di TK Laboratorium UM dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak khususnya pada kelompok A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola interaksi yang dilakukan guru Kelompok A TK Laboratorium UM guru mempersiapkan pelaksanaan kegiatan mendongeng tersebut dengan beberapa langkah-langkah yang harus disiapkan secara matang sehingga kegiatan mendongeng akan maksimal dan anak-anak merasa senang dengan dongeng tersebut. Salah satu cara menanamkan nilai-nilai karakter kepada anak yaitu mendongeng kreatif. Kegiatan mendongeng kreatif yang dilakukan oleh guru kelompok A dalam melaksanakan mendongeng pada anak memiliki tujuan salah satunya agar dapat menanamkan karakter kepada anak sejak dini. Nilai-nilai karakter tersebut dapat dilihat dari isi cerita dongeng yang disampaikan guru sehingga memiliki pesan moral untuk pembaca. Dampak mendongeng kreatif terutama ketika guru mendongeng dengan menggunakan alat peraga anak lebih tertarik karena anak merasa berada di dunia dongeng. Kemudian anak mengalami perubahan tingkah laku yang dialami anak setelah mendengarkan dongeng yang diceritakan guru di kelas. Disarankan guru tahap pelaksanaan mendongeng vokal guru diharapkan sesuai dengan tokoh-tokoh yang diceritakan dan intonasi yang diberikan guru diharapkan lantang agar anak-anak menjadi fokus pada cerita yang disampaikan guru. Adanya kerja sama antara guru dan orang tua untuk menanamkan nilai-nilai karakter anak. Dampak perilaku yang ditunjukkan anak setelah kegiatan mendongeng dalam menanamkan nilai karakter diharapkan guru mencatat dan didokumentasikan secara lengkap dari setiap perilaku yang berubah atau yang belum berubah dari anak sehingga menjadi bahan evaluasi guru untuk kegiatan mendongeng kreatif selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108961

Actions (login required)

View Item View Item