Authoritative parenting untuk menstimulasi kecerdasan intrapersonal anak usia dini (studi kasus pada ibu bekerja yang memiliki anak usia 5-6 tahun) / Raras Ayu Prawinda - Repositori Universitas Negeri Malang

Authoritative parenting untuk menstimulasi kecerdasan intrapersonal anak usia dini (studi kasus pada ibu bekerja yang memiliki anak usia 5-6 tahun) / Raras Ayu Prawinda

Prawinda, Raras Ayu (2019) Authoritative parenting untuk menstimulasi kecerdasan intrapersonal anak usia dini (studi kasus pada ibu bekerja yang memiliki anak usia 5-6 tahun) / Raras Ayu Prawinda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Prawinda Raras Ayu. 2019. Authoritative Parenting Untuk Menstimulasi Kecerdasan Intrapersonal Anak Usia Dini. Tesis Program Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M. Pd (2) Dr. Sri Wahyuni M. Pd. Kata Kunci authoritative parenting ibu bekerja kecerdasan intrapersonal Anak adalah amanah sekaligus anugrah yang harus dididik dan diasuh oleh orangtua. Masa sekarang ini ibu sebagai orangtua banyak yang memilih bekerja. Ibu bekerja memiliki dua tugas utama di dalam keluarga yakni mengasuh anak serta melaksanakan kewajibannya sebagai seorang wanita karir di luar rumah. Kecerdasan anak perlu distimulasi sejak dini terutama kecerdasan intrapersonal. Dengan waktu yang terbatas ibu bekerja tetap dapat menstimulasi kecerdasan intrapersonal anak dengan cara mengatur waktu dan memilih metode pengasuhan yang tepat agar tidak ada tahapan yang terlewatkan oleh ibu bekerja dalam tugasnya memberikan pendidikan dan pengasuhan. Melalui pendidikan dan pengasuhan yang baik anak akan tumbuh menjadi pribadi yang baik dan siap menghadapi masa depan.Fokus penelitian yang dikaji adalah (1) aktualisasi kecerdasan intrapersonal anak usia enam tahun (2) bentuk authoritative parenting yang dilakukan oleh ibu bekerja dalam menstimulasi kecerdasan intrapersonal anak usia enam tahun (3) alasan ibu bekerja menerapkan authoritative parenting. Penelitian authoritative parenting untuk menstimulasi kecerdasan intrapersonal anak ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah tiga ibu bekerja yang memiliki anak usia enam tahun yang menerapkan authoritative parenting yakni IB RR-AN DE IB ZF-AN AS dan IB NR-AN AD. Lokasi penelitian authoritative parenting berada di rumah subjek penelitian JL. Dr. Wahidin Dalam Kota Malang. Perolehan data penelitian ini didapat dari hasil observasi wawancara dan studi dokumentasi. Tiga tahapan analisis data digunakan dalam proses pengumpulan data mengenai penelitian ini antara lain reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Keabsahan data diperoleh dari perpanjangan pengamatan triangulasi dan member check selama berlangsungnya proses pengumpulan data hingga menunjukkan hasil yang valid setelah semua data terkumpul maka data disusun menjadi laporan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian mengenai authoritative parenting yang diterapkan oleh ibu bekerja menunjukkan bahwa aktualisasi kecerdasan intrapersonal anak usia dini dapat dilihat selama berlangsungnya aktifitas pengasuhan serta komunikasi antara ibu dengan anak yang terjalin dapat meningkatkan perilaku disiplin mandiri bertanggungjawab kerjasama toleransi dan kontrol emosi pada diri anak. Bentuk authoritative parenting yang dilakukan ibu bekerja meliputi interaksi yang intens menghargai kehadiran dan pendapat anak memberikan aturan dan batasan yang disepakati oleh anak mengajak anak berdiskusi dan melakukan permainan atau aktifitas sehari-hari serta menghargai setiap proses dan hasilyang dicapai oleh anak. Alasan ibu bekerja menerapkan authoritative parenting adalah untuk membentuk pribadi anak yang berkualitas memiliki citra diri positif dan masa depan yang gemilang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108960

Actions (login required)

View Item View Item