Pengembangan panduan guru dalam pembelajaran sains pada aspek kognitif anak kelompok B di Tarbiyatul Athfal Pesan Ibu Malang / Novita Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan guru dalam pembelajaran sains pada aspek kognitif anak kelompok B di Tarbiyatul Athfal Pesan Ibu Malang / Novita Dewi

Dewi, Novita (2019) Pengembangan panduan guru dalam pembelajaran sains pada aspek kognitif anak kelompok B di Tarbiyatul Athfal Pesan Ibu Malang / Novita Dewi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dewi Novita. 2019. Pengembangan Panduan Guru dalam Pembelajaran Sains pada Aspek Kognitif Anak Kelompok B di Tarbiyatul Athfal Pesan Ibu Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Alif Mudiono M.Pd (2) Dr. M. Ishaq M.Pd. Kata Kunci panduan guru pembelajaran sains aspek kognitif anak kelompok B. Berdasarkan hasil observasi awal yang peneliti lakukan pada anak kelompok B di TA Pesan Ibu Malang ditemukan faktabahwa proses pembelajaran lebih mengarah ke teacher center terpaku pada penggunaan majalah (buku kerja siswa) lebih mngutamakan potensi akademik terbatasnya pengetahuan guru mengenai pembelajaran sains dan guru kurang terampil dalam mencari berbagai informasi melalui media elektronik.Tujuan penelitian ini adalahmenghasilkan buku panduan guru yang berisi panduan kegiatan sains yang valid praktis dan efektif sehingga dapat digunakan guru dalam mengoptimalkan aspek perkembangan anak kelompok B terutama aspek kognitif. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Borg Gall (1989) namun sampai pada tahap kedelapan meliputi studi pendahuluan perencanaan penelitian pengembangan draft awal produk validasi ahli revisi hasil validasi ahli uji coba lapangan penyempurnaan produk hasil uji coba dan penggandaan terbatas. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitaif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar validasi ahli angket lembar observasi lembar wawancara dan studi dokumentasi.Peneliti menganalisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif untuk mengetahui tingkat kevalidan kepraktisan dan keefektifan produk. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa buku panduan guru dalam pembelajaran sains pada aspek kognitif anak kelompok B yang valid praktis dan efektif. Berdasarkan hasil penelitian tingkat kevalidan produk mencapai 88 08 % dengan kriteria sangat valid tingkat kepraktisan produk mencapai 98 6% dengan kriteria sangat praktis dan tingkat keefektifan produk mencapai 92 49% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil analisis data kelebihan dari produk yang telah dikembangkan meliputi berisi 11 panduan kegiatan sains yang dapat digunakan untuk setiap tema dilengkapi dengan foto pada setiap tahapan sehingga tidak menimbulkan kebingungan bagi pengguna bahan dan alat yang ada di dalam buku panduan mudah didapatkan dan ada disekitar lingkungan mudah dibawa kemana-mana karena ukurannya sebesar buku pada umumnya yaitu A4 dicetak menggunakan kertas art paper sehingga tidak mudah sobek dan luntur dan dapat digunakan sebagai alternatif guru dalam mencari ide untuk kegiatan sains.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108959

Actions (login required)

View Item View Item