Pola interaksi pembelajaran dalam pembentukan karakter rasa ingin tahu (curiosity) anak kelas B TK Kartika XVII-3 Pontianak Utara / Nurma Annisa Azzahra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola interaksi pembelajaran dalam pembentukan karakter rasa ingin tahu (curiosity) anak kelas B TK Kartika XVII-3 Pontianak Utara / Nurma Annisa Azzahra

Azzahra, Nurma Annisa (2019) Pola interaksi pembelajaran dalam pembentukan karakter rasa ingin tahu (curiosity) anak kelas B TK Kartika XVII-3 Pontianak Utara / Nurma Annisa Azzahra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Azzahra Nurma Annisa. 2019. Pola Interaksi Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu (Curiosity) Anak Kelas B TK Kartika XVII-3 Pontianak Utara. Tesis Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hardika M.Pd (2) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd Kata Kunci Pola Interaksi Pembelajaran Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Seorang guru Taman Kanak-Kanak (TK) diharapkan mampu menjalin interaksi pembelajaran yang baik dengan anak agar tercipta keselarasan dalam proses belajar. Apabila interaksi antara guru dan anak didik berjalan dengan lancar maka akan mampu menciptakan komunikasi yang baik menyenangkan dan bermanfaat bagi anak sehingga menumbuhkan karakter rasa ingin tahu anak. Permasalahan yang dilapangan berupa kurangnya kemampuan guru dalam menguasai kelas serta menentukan pola komunikasi yang efektif dalam kegiatan belajar mengajar. Hal tersebut mengakibatkan rasa ingin tahu anak tidak terstimulus dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menemukan pola komunikasi pembelajaran dalam pembentukan karakter rasa ingin tahu (Curiosity) anak kelas B TK KARTIKA XVII-3 Pontianak Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan studi kasus tunggal dimana peneliti memfokuskan pada rasa ingin tahu anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang ditemukan dari teknik pengumpulan data akan dijabarkan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian ditunjukkan bahwa adanya pola interaksi pembelajaran dari guru dalam pembentukan karakter anak. Pola interaksi yang beragam yang diberikan guru dalam proses pembelajaran menstimulus rasa ingin tahu anak secara alami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola interaksi yang dilakukan guru Kelas B TK Kartika XVII- 3 Pontianak Utara menerapkan semua pola interaksi yang meliputi pola interaksi satu arah dua arah dan banyak arah dalam pembentukan karakter rasa ingin tahu anak. Secara khusus pola interaksi yang mendominasi keseluruhan kegiatan pembelajaran adalah pola interaksi dua arah dimana anak dan guru saling berinteraksi satu dengan lain dan mempunyai hubungan timbal balik. Pola interaksi dua arah yang dilakukan guru membentuk tiga tingkatan karakter rasa ingin tahu anak. Tiga karakter tersebut yaitu rasa ingin tahu yang tinggi diwakil oleh anak AT dengan kecukupan indikator rasa ingin tahu yang lengkap. Rasa ingin tahu yang sedang diwakili oleh anak AS dengan kecukupan indikator rasa ingin tahu yang terbilang sedang dan karakter rasa ingin tahu rendah yang diwakili oleh anak AR dengan kecukupan indikator rasa ingin tahu yang sangat rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108957

Actions (login required)

View Item View Item