Pengaruh konsep diri dan kecerdasan sosial terhadap perencanaan karir lulusan program paket C / Moh. Januardana Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh konsep diri dan kecerdasan sosial terhadap perencanaan karir lulusan program paket C / Moh. Januardana Saputra

Saputra, Moh. Januardana (2019) Pengaruh konsep diri dan kecerdasan sosial terhadap perencanaan karir lulusan program paket C / Moh. Januardana Saputra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputra Moh. Januardana. 2019. Pengaruh Konsep Diri dan Kecerdasan Sosial terhadap Perencanaan Karir Lulusan Porgram Paket C. Tesis Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Supriyono M. Pd. (2) Dr. Sri Wahyuni S. Pd M. Pd. Kata Kunci Perencanaan Karir Konsep Diri Kecerdasan Sosial Program Paket C Perencanaan karir dimaksudkan untuk mendapat pekerjaan yang layak dan mampu menempatkan diri dalam melihat kesempatan memasuki dunia kerja dikarenakan pekerjaan sangat sulit didapatkan mengingat kebutuhan hidup harus dipenuhi. Hal demikian yang mengindikasikan peneleti untuk mengetahui apakah warga belajar yang mengikuti program kesetaraan paket C semata-mata hanya mengejar suatu profesi berupa jabatan dalam tantangan memasuki dunia kerja atau hanya sebagai syarat masuk Universitas atau cuma sebatas memiliki ijazah paket C sebagai pelengkap atau pengganti dari ijazah SMA atau sederajat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan menggunakan analisis regresi berganda untuk memprediksikan seberapa jauh pengaruh konsep diri terhadap perencanaan karir lulusan program paket C. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi dan nilai koefisiensi untuk pengaruh konsep diri terhadap perencanaan karir lulusan program paket C adalah sebesar sig. 0 047 sig. 0 05 dan nilai koefisiensi hitung sebesar 2 021 nilai koefisiensi tabel 1 994. Diketahui nilai signifikansi dan nilai koefisiensi hitung untuk pengaruh kecerdasan sosial terhadap perencanaan karir lulusan program paket C adalah sebesar sig. 0 003 sig. 0 05 dan nilai koefisiensi hitung sebesar 3 100 koefisiensi tabel 1 994. Hasil dari nilai signifikansi untuk pengaruh konsep diri dan kecerdasan sosial secara simultan terhadap perencanaan karir lulusan program paket C sebesar sig. 0 000 sig. 0 05 dan hasil nilai analisis anova sebesar 9 543 nilai tabel 3 12. Dilihat dari analisis hasil nilai koefisiensi terdapat pengaruh secara parsial antar variabel konsep diri dan kecerdasan sosial terhadap perencanaan karir lulusan program paket C. Begitu juga dengan analisis nilai dengan annova terdapat pengaruh yang simultan antara variabel. Hipotesis H0 yang diujikan ditolak dan Ha diterima karena terdapat pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Kesimpulan yang bisa ditarik dari hasil analisis dan pembahasan diatas bahwa konsep diri seseorang yang berkembang seiring pertambahan usia dan kecerdasan sosial yang berkembang akibat dari proses sosialisasi yang di dapatkan pada lingkungan sekitar baik dengan teman sebaya atau dengan masyarakat akan menentukan arah karir yang ingin dicapai oleh warga belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108952

Actions (login required)

View Item View Item