Pengaruh efikasi diri dan alasan kesertaan peserta didik terhadap pemenuhan kebutuhan belajar di Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation Malang / Azhar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh efikasi diri dan alasan kesertaan peserta didik terhadap pemenuhan kebutuhan belajar di Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation Malang / Azhar

Azhar (2019) Pengaruh efikasi diri dan alasan kesertaan peserta didik terhadap pemenuhan kebutuhan belajar di Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation Malang / Azhar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN AZHAR Pengaruh Efikasi Diri dan Alasan Kesertaan Peserta Didik terhadap Pemenuhan Kebutuhan Belajar di Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation Malang. Tesis Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Supriono M.Pd (2) Dr. Sri Wahyuni S.Pd M.Pd Kata Kunci efikasi diri alasan kesertaan kebutuhan belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) efikasi diri terhadap kebutuhan belajar (2) pengaruh alasan kesertaan terhadap pemenuhan kebutuhan belajar dan (3) efikasi diri dan alasan kesertaan peserta didik terhadap pemenuhan kebutuhan belajar. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation Malang jumlah populasi 508 peserta didik dari jenjang yang berbeda. Teknik penarikan sampel adalah Stratified proportional random sampling sehingga diperoleh sampel 71 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket dengan jawaban berskala 1-2 dan 1-4. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda yang meliputi uji persyaratan analisis (uji normalitas uji linieritas uji multikolinieritas) dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis regresi dalam penelitian ini maka diperoleh hasil sebagai berikut (1) terdapat pengaruh efikasi diri terhadap pemenuhan kebutuhan belajar (rhitung 3 030 rtabel 2 335) dan (sig. 0 003 0 005) (2) terdapat pengaruh alasan kesertaan terhadap pemenuhan kebutuhan belajar peserta didik (rhitung 2 523 rtabel 2 335) dan (sig. 0 000 0 005) dan (3) terdapat pengaruh efikasi diri dan alasan kesertaan peserta didik secara bersama-sama (simultan) terhadap pemenuhan kebutuhan belajar (Fhitung 4 592 Ftabel 3 13). Maka hasil hipotesis dalam penelitian ini adalah hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh positif efikasi terhadap pemenuhan kebutuhan belajar artinya semakin tinggi efikasi diri peserta didik dalam mengikuti proses belajar semakin terpenuhi kebutuhan belajarnya begitu juga sebaliknya (2) terdapat pengaruh positif alasan kesertaan peserta didik terhadap pemenuhan kebutuhan belajar artinya kesertaan dan motivasi yang tinggi dimiliki oleh peserta didik maka akan terpenuhi kebutuhan belajarnya dan (4) terdapat pengaruh positif efikasi diri dan alasan kesertaan peserta didik terhadap pemenuhan kebutuhan belajar peserta didik di lembaga bimbingan belajar Ganesha Operation Malang artinya efikasi diri yang tinggi dan alasan kesertaan peserta didik yang baik dalam mengikuti bimbingan belajar maka secara tidak langsung kebutuhan belajar peserta didik akan terpenuhi dengan baik. Saran berdasarkan temuan penelitian ini adalah (1) bagi pendidikan luar sekolah penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk pengembengan penelitian selanjutnya (2) bagi lembaga bimbingan belajar Ganesha Operation mendapatkan data perkembangan peserta didik dalam hal efikasi diri alasan kesertaan dan pemenuhan kebutuhan belajar (3) bagi masyarakat temuan ini sebagai sumber informasi bahwa lembaga bimbingan belajar dapat menciptakan efikasi diri kesertaan pesertaan peserta didik yang tinngi dapat memenuhi kebutuhan belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108951

Actions (login required)

View Item View Item