Kemandirian istri prajurit TNI (studi kasus aktualisasi diri sebagai anggota Pia Ardhya Garini Paskhas Lanud Abd. Saleh Malang) / Fitri Harijanti

Harijanti, Fitri (2019) Kemandirian istri prajurit TNI (studi kasus aktualisasi diri sebagai anggota Pia Ardhya Garini Paskhas Lanud Abd. Saleh Malang) / Fitri Harijanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Harijanti, Fitri, 2019. Kemandirian Istri Prajurit TNI (Studi Kasus Aktualisasi Diri sebagai Anggota Pia Ardhya Garini Paskhas Lanud Abd Saleh Malang). Tesis. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang, Pembimbing (1) Dr. Umi Dayati, M. Pd, (2) Dr. Endang Sri Redjeki, M. S Kata Kunci: Istri Tentara, Kemandirian, Aktualisasi Istri tentara AU memegang peranan penting dalam mendukung suami sebagai angkatan yang bertugas untuk melaksanakan fungsi pertahanan dan keamanan negara. Para istri tentara mengambil tugas untuk setia dalam melayani, mendampingi,dan mendukung segala tugas suami ketika menjadi TNI-AU. Peran istri TNI AU ini tidak hanya pada saat suami berada di pangkalan saja, namun tugas istri juga harus bisa melengkapi jika para suami mendapatkan tugas untuk pergi ke medan perang atau ke tempat lainnya. Maka dari itu, diharapkan seluruh istri TNI AU supaya dapat menjadi istri yang mandiri dan dapat secara penuh mendukung tugas suaminya. Untuk mengembangkan kemandirian dan meningkatkan peranan istri TNI AU, maka para istri TNI AU dipersatukan dalam sebuah tempat yaitu PAG atau yang kepanjangannya PIA Ardhya Garini. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gambaran perilaku kemandirian dan aktualisasi diri para istri yang tergabung dalam PIA Ardhya Garini dan melakukan analisis mendalam bagaimana kemandirian para istri tersebut terbentuk yang dapat mendorong upaya-upaya aktualisasi diri dan meningkatkan kapasitasnya sebagai istri TNI AU. Pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus digunakan peneliti melaksanakan penelitian ini. Data penelitian digali secara mendalam melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi tentang angaktulisasi diri dalam kemandirian di PAG Paskhas Abd Saleh Malang. Sumber data penelitian menggunakan teknik purposive s, subyek yang digunakan sebagai subyek primer yaitu ketua PAG, pembina PAG, anggota PAG dan pengurus PAG. Adapun pembina PAG yang di jadikan sebagai informan sejumlah satu orang, pengurus PAG sejumlah 4 (empat) orang, anggota PAG sejumlah 2 (dua) orang. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara tidak terstruktur dan mendalam digunakan pada penelitian ini. Observasi yang dilakukan oleh peneliti adalah observasi partisipatif dimana peneliti turut berpartisipasi ke dalam kegiatan PAG. Dokumentasi digunakan untuk menggali informasi sebagai pendukung temuan penelitian. Analisis data digunakan adalah analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan prinsip-prinsip tersebut meliputi: (1) berbasis pada lingkungan hidup, (2) memiliki nilai jual, (3) terjadi proses belajar, (4) pemberdayaan bagi istri tentara. Pada dasarnya prinsip-prinsip PAG Abd Saleh ini hampir sama dengan persatuan istri tentara pada umumnya. Namun, penelitian ini menfokuskan pada proses kemandirian istri tentara dalam mengakualisasikan diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108950

Actions (login required)

View Item View Item