Eksistensi perempuan mandiri life history pendiri perguruan Surya Buana Malang / Elis Kurniati

Kurniati, Elis (2019) Eksistensi perempuan mandiri life history pendiri perguruan Surya Buana Malang / Elis Kurniati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kurniati, Elis. 2019. Eksistensi Perempuan Mandiri, Life History Pendiri Perguruan Surya Buana. Tesis, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1). Dr. Hardika, M.Pd., (2). Dr. Endang Sri Redjeki, M.Si. Kata kunci: eksistensi, perempuan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang sebuah fenomena yang menggambarkan ketokohan seorang perempuan mandiri yang eksis dalam dunia pendidikan. Perempuan tersebut merupakan seorang agen pembaru yang membuka cakrawala pendidikan berbasis agama menjadi lebih berkembang dan cemerlang, sehingga membangkitkan kepercayaan masyarakat terhadap pendidikan berbasis agama. Penelitian studi tokoh ini dilakukan di Perguruan Surya Buana Malang, yang berlokasi di jalan Gajayana IV/631 Malang Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang didasarkan pada pendekatan filosofis yang berbeda. Perguruan Surya Buana berada di bawah naungan yayasan Bahan Cita Persada Malang yang membawahi lembaga pendidikan formal, non formal dan informal. Penelitian dilakukan terhadap seluruh institusi yang tergabung dalam keluarga besar Surya Buana Malang yang meliputi guru, karyawan, murid, walimurid dan masyarakat lingkungan perguruan. Dengan menggunakan metode wawancara yang dianalisis secara diskriptif. Fenomena yang diamati adalah seorang perempuan mandiri yang eksis dalam perjuangan kehidupannya, terutama dalam pengembangan kariernya di bidang pendidikan yang telah banyak memberikan sumbangsih dalam pengembangan masyarakat pendidikan di lingkungan perkotaan. Perjuangan yang dilakukan untuk mendapatkan eksistensinya adalah menciptakan inovasi-inovasi dalam dunia pendidikan dengan mengubah pandangan masyarakat terhadap peminatan jenis pendidikan berbasis agama, dari kurang respek menjadi sangat respek dan sangat berharap terhadap perkembangan pendidikan di jalur tersebut. Peranannya sebagai pendiri perguruan Surya Buana Malang, dalam dunia pendidikan luar sekolah, dikenal sebagai agen pembaru yang membawa perubahan dalam masyarakat dengan membuka lapangan kerja untuk guru, karyawan dan masyarakat sekitar perguruan. Perempuan mandiri ini merupakan agen pembaru yang membuka cakrawala baru bagi dunia pendidikan yang inovatif dan kreatif sehingga menjadikan siswa lebih berkualitas dan menciptakan prestasi-prestasi dalam dunia pendidikan. Keunggulan yang ditampilkan perempuan mandiri ini tidak didapatkan begitu saja, akan tetapi melalui perjuangan panjang yang diwarnai oleh berbagai macam jalur pendidikan yang diterimanya secara kompleks, saling mendukung dan mempengarui sesuai porsinya. Jalur pendidikan yang diperolahnya mulai dari informal, non formal dan formal sangat berkaitan secara erat, sehingga memberikan sebuah jati diri perempuan ini sebagai pribadi yang mandiri, dan berhasil mempertahankan eksistensinya ditengah kesulitan-kesulitan hidup yang dialaminya. Penelitian yang mendukung teori feminisme eksistensilisme de Beauvoir (1949), mengungkapkan bahwa kebebasan yang diberikan kepada perempuan akan melejitkan dirinya menjadi perempuan yang bereksistensi. Dalam praktek kehidupan perempuan mandiri ini, kebebasannya diperoleh dari pola pengasuhan demokratis yang diterapkan dalam pendidikan informal. Dasar pendidikan ini akan dilanjutkan di sekolah dengan peran para pendidik yang memberikan pendidikan karakter tentang budi pekerti dan perjuangan hidup untuk menjadikan anak didik yang unggul di masa depannya. Penelitian ini bertujuan untuk membelajarkan masyarakat, dengan harapan memberikan inspirasi jalan kebebasan bagi anak laki-laki maupun perempuan untuk maju dan berkembang tanpa diskriminasi gender. Sehingga akan menghasilkan generasi unggul yang berkarakter budi pekerti luhur.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108948

Actions (login required)

View Item View Item