Upaya peningkatan kompetensi kader PKK POKJA II (studi kasus di Desa Kebonagung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang) / Kurnia Listiani

Listiani, Kurnia (2020) Upaya peningkatan kompetensi kader PKK POKJA II (studi kasus di Desa Kebonagung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang) / Kurnia Listiani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Listiani, Kurnia. 2019. Upaya Peningkatn Kompetensi Kader PKK Pokja II Desa Kebonagung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Tesis, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Endang Sri Redjeki, M.Pd.,(2) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Upaya Peningkatan, Kompetensi Kader, PKK Pokja II. PKK Pokja II merupakan suatu wadah organisasi yang beranggotakan perempuan. Pokja II adalah sebuah gerakan yang tumbuh dari bawah dengan perempuan sebagai penggerak dan dalam membangun, membina, dan membentuk keluarga guna mewujudkan kesejahteraan keluarga sebagai unit kelompok terkecil dalam masyarakat. Sumber: Tim PKK Kebonagung, (2018: 10). Pokja II yang mempunyai ruang lingkup dan fungsi dalam pendidikan dan ketrampilan. Pengurus Pokja II mengembangkan ketrampilan melalui inovasi-inovasi yang dilakukan oleh kader dan anggota, dan tidak hanya kemampuan saja yang dikembangkan tetapi juga melakukan proses pemberdayaan masyarakat kususnya ibu-ibu yang berada di Desa Kebonagung Peran kader Pokja II adalah memotivasi, menumbuhkan solidaritas masyarakat dalam melakukan proses pemberdayaan melalui kegiatan peningkatan kompetensi kepada semua kader. dari hasil mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Pokja II kemudian diterapkan oleh anggotanya, sedikit demi sedikit banyak masyarakat yang membuka usaha dengan berjualan hasil kreatifitas yang dihasilkan, sehingga dapat menambah penghasilan keluarga. Usaha tersebut sudah membuahkan hasil dan menjadi manfaat bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan upaya peningkatkan kompetensi kader serta meningkatkan kualitas kader sebagai pembina dan penyuluh di masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif karena peneliti ingin mengetahui upaya yang dilakukan oleh kader dalam melakukan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan peningkatan kompetensi di Desa Kebonagung. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, karena peneliti ingin mengungkapkan serta mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan kader dalam melakukan pengembangan masyarakat melalui peningkatan kompetensi di Desa Kebonagung. Hal ini dilakukan dengan memberikan pelatihan berbagai inovasi yang diprogramkan oleh kader. dalam rangka pengumpulan data dilapangan, kehadiran peneliti menjadi salah satu kunci yang tidak boleh ditinggalkan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi yang dilakukan oleh kader yaitu memalui pemberian pelatihan, sebelum itu kader melakukan pendekatan kepada masyarakat akan perlunya mengikuti kegiatan pelatihan dengan sosialisasi terus menerus dan memberikan contoh manfaat dari pelatihan tersebut melalui program yang telah di susun, dengan sasaran dari program Pokja II adalah masyarakat yang ada di Desa Kebonagung. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk kader Pokja II yaitu sebagai sumber referensi peningkatan kompetensi, bagi masyarakat dalam pelaksanaan program, terciptanya suatu ketrampilan, serta menjadi motivasi bagi siapapun yang ingin mengembangkan diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108947

Actions (login required)

View Item View Item