Selling point lembaga PAUD di kawasan perbatasan (studi kasus kepemimpinan kharismatik di RA Al Ikhlash Malang) / Siti Fatimah

Fatimah, Siti (2019) Selling point lembaga PAUD di kawasan perbatasan (studi kasus kepemimpinan kharismatik di RA Al Ikhlash Malang) / Siti Fatimah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fatimah, Siti. 2019. Selling Point Lembaga PAUD di Kawasan Perbatasan (Studi Kasus Kepemimpinan Kharismatik di RA Al Ikhlash Malang). Tesis. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Umi Dayati, M.Pd, (II) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty, S.Pd. M.Pd Kata Kunci: Kepemimpinan, Perbatasan, Selling Point Kepala sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan mutu dan kualitas pendidikan suatu lembaga pendidikan. Kepemimpinan kepala sekolah berkaitan erat dengan aspek manajemen, pendidik, kurikulum, dan suasana belajar di suatu lembaga pendidikan. Ketika memberikan pelayanan kepada orang tua dan peserta didik sebagai konsumen lembaga pendidikan, lembaga harus menjamin aspek kenyamanan dan keamanan bagi orang tua, masyarakat, dan peserta didik. Kepemimpinan kepala sekolah juga harus menjamin kenyamanan pendidik sebagai pelaku utama pembelajaran disamping peserta didik. Kepemimpinan kepala sekolah hendaknya menjadi perhatian yang lebih. Untuk mencapai tujuan lembaga pendidikan, kepemimpinan kharismatik kepala sekolah harus dimiliki oleh kepala sekolah untuk mewujudkan Selling Point lembaga pendidikan, khususnya di kawasan perbatasan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kepemimpinan kharismatik dalam memunculkan Selling Point lembaga pendidikan RA Al Ikhlash. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan studi kasus, pendekatan ini dipilih karena peneliti ingin memperoleh gambaran tentang selling point di lembaga RA Al Ikhlash yang dilakukan oleh kepala sekolah. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subyek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah sedangkan sebagai informan pendukung yaitu, pendidik, orangtua dan tokoh masyarakat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahap analisis menggunakan triangulasi sumber dengan tahapan (1) mengajukan berbagai macam variasi pertanyaan, (2) mengeceknya dengan berbagai sumber data, (3) memanfaatkan berbagai metode agar pengecekan kepercayaan data dapat dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menjadikan sekolah yang selling point dengan aspek, 1) manajeman, 2) pendidik, 3) kurikulum dan 4) suasana belajar, adalah harus menjadi pemimpin yang kharismatik, dan menjadi pemimpin kharismatik lembaga yang nantinya menghasilkan selling point dengan melalui pendekatan, 1) kepada orangtua, 2) pendidik, 3) tokoh masyarakat dan tokoh agama, 4) peserta didik. Keempat aspek tersebut juga didukung oleh upaya motivasi yang dibangun oleh pemimpin itu sendiri dalam rangka menyeimbangkan keempat aspek manajeman, pendidik, kurikulum dan suasana belajar tersebut. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan kharismatik dapat memunculkan selling point pada aspek manajemen, kurikulum, pendidik, dan suasana belajar di RA Al Ikhlash. Pada aspek manajemen, kepemimpinan kharismatik kepala sekolah dapat membentuk manajemen dari hulu ke hilir mulai dari perencanaan, pengorganisasian, dan evaluasi dengan kualitas proses yang baik. Aspek pendidik, kepemimpinan kharismatik kepala sekolah memunculkan kualitas pendidik yang kompeten dari sistem perekrutan yang dibentuk. Aspek kurikulum, kepemimpinan kharismatik kepala sekolah dapat mempengaruhi perancangan kurikulum yang sesuai dengan usia, kebutuhan, serta keterlibatan orang tua. Pada aspek suasana belajar, kepemimpinan kepala sekolah dapat memunculkan suasana belajar yang kondusif, nyaman, serta mendidik peserta didik. Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan diatas, maka saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah: (1) penelitian ini dapat memberikan referensi bagi pihak lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan dengan mempertimbangkan aspek-aspek yang dikaji. (2) bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat dikembangkan lebih jauh dengan menambahkan aspek dan variabel lain yang belum diteliti oleh peneliti, serta menambahkan komparasi yang jelas antara sekolah yang berada di kawasan perbatasan dan sekolah yang berada di kawasan perkotaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108944

Actions (login required)

View Item View Item