Kepemimpinan pembelajaran dalam implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SMPN 3 Malang dan SMP Muhammadiyah 2 Malang / Ida Iklimatus Sadiyah

Sadiyah, Ida Iklimatus (2020) Kepemimpinan pembelajaran dalam implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SMPN 3 Malang dan SMP Muhammadiyah 2 Malang / Ida Iklimatus Sadiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sadiyah, Ida Iklim. 2019. Kepemimpinan Pembelajaran dalam Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Studi Multi Kasus di SMPN 3 Malang dan SMP Muhammadiyah 2 Malang. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof.Dr.Ibrahim Bafadal, M.Pd (2) Drs. Burhanuddin, M.Ed., Ph.D Kata Kunci: Kepemimpinan pembelajaran, Kepala sekolah, Implementasi PPK Kepemimpinan pembelajaran merupakan salah satu tugas kepala sekolah dengan mengutamakan visi belajar, menciptakan budaya belajar yang positif, membuat lingkungan belajar yang efektif, serta membangun hubungan yang baik dengan komunitas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang digagas oleh pemerintah ditujukan membangun dan membekali peserta didik sebagai generasi emas Indonesia 2045. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam implementasi PPK di SMPN 3 Malang dan SMP Muhammadiyah 2 Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Kehadiran peneliti sebagai alat dalam mengumpulkan data dan menganalisis hasil penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Malang dan SMP Muhammadiyah 2 Malang. Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini informan dan dokumen. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis komparatif konstan. Hasil penelitian kepala SMPN 3 Malang dan SMP Muhammadiyah 2 Malang dalam implementasi PPK memiliki temuan sebagai berikut: (1) Kepemimpinan kepala sekolah membangun visi belajar melalui merumuskan visi, mengkomunikasikan visi, membuat program, mensosialisasikan program PPK, dan membuat rencana tindak lanjut PPK, (2) Kepemimpinan kepala sekolah menciptakan budaya belajar dengan melakukan usaha menjadwal kegiatan PPK, membuat tata tertib sekolah, mengahadiri kegiatan PPK, menghargai kinerja guru, dan mengapresiasi prestasi siswa, (3) Kepemimpinan kepala sekolah menciptakan lingkungan belajar yakni mengelola dana dengan baik, menyediakan sarana dan prasaran pendukung yang memadahi, dan melakukan penguatan SDM sekolah, (4) Kepemimpinan kepala sekolah membangun hubungan dengan komunitas, melakukan kerja sama dengan orang tua, kerja sama dengan alumni, kerja sama dengan masyarakat, kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri serta kerja sama dengan lembaga pendidikan dan non pendidikan. Berdasarkan pada hasil penulisan, beberapa hal yang dapat disarankan oleh penulis pada pihak berkaitan yaitu: (1) Bagi siswa, supaya lebih semangat dalam melaksanakan kegiatan PPK, (2) Bagi tenaga pendidik, alangkah baiknya jika kerjasama dengan kepala sekolah lebih ditingkatkan dalam melayani peserta didik untuk pendidikan karakter, (3) Bagi komite, alangkah baiknya lebih aktif dalam memberikan masukan pada kepala sekolah agar dapat memberikan hasil yang maksimal dalam pendidikan karakter, (4) Bagi kepala sekolah, agar lebih semangat dalam melaksanakan tugas sebagai pemimpin pembelajaran utamanya dalam implementasi PPK, (5) Bagi orang tua siswa, hendaknya lebih proaktif dalam memberikan dukungan pada sekolah dan ikut serta dalam pendidikan karakter siswa, (6) Bagi kepala Dinas Pendidikan, alangkah baiknya jika memberikan motivasi pada kepala sekolah agar melaksanakan kepemimpinan pembelajaran dalam implementasi PPK dengan baik, (7) Bagi kepala kementrian pendidikan dan kebudayaan, alangkah baiknya jika membuat modul tentang kepemimpinan pembelajaran yang dapat digunakan dalam implementasi program PPK berskala nasional, (8) Bagi penulis selanjutnya, hasil penulisan ini mengkaji kepemimpinan pembelajaran dalam implementasi pendidikan karakter. Karena keterbatasan penulisan ini maka saran bagi penulis selanjutnya yaitu perlu melakukan penelitian lebih lanjut tentang implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler yang mendalam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108826

Actions (login required)

View Item View Item