Manajemen sekolah unggul binaan Universitas di Kota Malang (Studi multi situs SMA laboratorium UM dan SMA Brawijaya Smart School) / Tri Firmansyah

Firmansyah, Tri (2020) Manajemen sekolah unggul binaan Universitas di Kota Malang (Studi multi situs SMA laboratorium UM dan SMA Brawijaya Smart School) / Tri Firmansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sekolah dituntut untuk meningkatkan mutu, sehingga mampu untuk mengembangkan potensi peserta didik. Pada Tahun 2017, hasil penelitian international, Programme for International Student Assessment menyatakan kualitas pendidikan Indonesia berada di urutan ke-65 dari 75 negara dan tahun 2018 BAV Consulting and the Wharton School of the University of Pennsylvania yang kualitas pendidikan di Indonesia berada di peringkat ke-52 dari 80 negara. Secara kualitas penyelenggaran pendidikan di Indonesia selalu diupayakan untuk perbaikan oleh pemerintah melalui kebijakan. Penelitian ini mengkaji mengenai praktik manajemen sekolah unggul binaan universitas di SMA Laboratorium UM dan SMA Brawijaya Smart School. Mengingat kedua sekolah ini berbeda dalam praktik manajemen sekolah pada umumnya dan akreditasi kedua sekolah ini amat baik hal ini merupakan bagian dari implementasi manajemen sekolah unggul secara konsep dan teoritik dari masukan (input), proses pendidikan, dan hasil (outcome). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang manajemen sekolah unggul binaan universitas di Kota Malang. Fokus penelitian ini ialah: (1) proses manajemen sekolah unggul binaan universitas di Kota Malang; dan (2) strategi pengembang sekolah unggul binaan universitas di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan desain multi situs. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling untuk menentukan sumber data. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan bersamaan dari studi pendahuluan dengan wawancara dengan kepala sekolah, dilanjutkan dengan analisis data dalam situs dimaksudkan menganalisis data di setiap lokasi penelitian, dengan menggunakan empat komponen yaitu mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan pemaparan dan penegasan kesimpulan. Serta, Analisis data lintas situs merupakan perpaduan persamaan dan membandingkan temuan-temuan berupa data informasi yang dihasilkan dalam proses penelitian. Pengecekan keabsahan data dengan empat kriteria, yaitu kredibilitas, transferbilitas, dependibilitas, dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan pada manajemen sekolah: (1) proses manajamen sekolah unggul binaan universitas direncanakan setiap substansi oleh sekolah untuk diajukan kepada universitas melalui yayasan untuk pelaksanaan, penerimaan, atau pengadaan; dan (2) strategi pengembangan sekolah unggul binaan universitas melalui analisis lingkungan dengan membangun komunikasi bottom-up, formulasi strategi bekerjasama dengan universitas, dan implementasi program sekolah, pengorgniasian dan pemberdayaan sumber daya manusia, serta evluasi dan pemantauan secara struktural. Saran yang dihasilkan dari penelitian ini: (1) Pemimpin Universitas melalaui kepala yayasan, Universitas Negeri Malang yang membina SMA Laboratorium UM melalui Unit Pelaksana Teknis - Pusat Pengembangan Laboratorium Pendidikan (UPT-P2LP) dan Universitas Brawijaya yang membina SMA Brawijaya Smart School melalui Direktorat Brawijaya Smart School diharapkan tetap konsisten dan selalu terlibat langsung dalam pengelolaan dan upaya pengembangkan sekolah-sekolahnya, terkhususnya SMA agar dapat menjadi sekolah yang unggul di Kota Malang; (2) Kepala SMA Laboratorium UM dan Kepala Brawijaya Smart School sebagai pemimpin yang mempunyai andil dan tugas yang sangat strategis mementukan kualias sekolahnya maka diharapkan untuk dapat lebih meningkatkan kreatifitas, keinginan, dan kemampuan manajerial dalam mencapai segala tujuan dari ide dan cita-cita besar sekolah. Serta, mampu memperdayakan sumber daya manusia dengan membangun komunikasi timbal balik, memotivasi dalam menyelesasikan tugas dan fungsinya, menghargai segala hasil kinerjanya, dan objektifitas dalam mengevaluasi agar kinerja bawahannya dapat memperbaiki kualitas dan komptensinya secara berkelanjutan; (3) Pemangku kepemimpinan universitas lainnya, SMA Laboratorium UM yang dibina Universitas Negeri Malang dan SMA Brawijaya Smart School yang dibina Universitas Brawijaya meruapak suatu contoh sekolah atau unit organisasi lembaga pendidikan yang dibina oleh universitas dalam penyelengaraan pendidikan dan pembelajaran bagi kebutuhan masyarakat. Peneliti menyarankan bagi pemangku kepemimpinan untuk dapat membangun suatu unit organisasi lembaga pendidikan serupa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108825

Actions (login required)

View Item View Item