Kepemimpinan spiritual suster kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pelayanan guru terhadap pendidikan spiritual kristiani (studi multi situs di SDK Santa Maria II dan SDK Sang Timur Malang) / David Morrison Marrus

Marrus, David Morrison (2020) Kepemimpinan spiritual suster kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pelayanan guru terhadap pendidikan spiritual kristiani (studi multi situs di SDK Santa Maria II dan SDK Sang Timur Malang) / David Morrison Marrus. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Marrus, David Morrison. 2019. Kepemimpinan Spiritual Suster Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Guru Terhadap Pendidikan Spiritual Kristiani (Studi Multi Situs di SDK Santa Maria II dan SDK Sang Timur Malang). Pembimbing (I) Dr. Achmad Supriyanto, M.Pd, MSi, (II) Dr. Agus Timan, M.Pd. Kata kunci: kepemimpinan spiritual, nilai spiritual, pelayanan guru Salah satu model pendidikan yang dipandang mampu turut mengembangkan pendidikan karakter adalah sekolah berbasis religi. Jenjang pendidikan sekolah dasar merupakan sasaran yang strategis dalam upaya pendidikan karakter, terlebih sekolah dasar yang berbasis religi. Model kepemimpinan spiritual juga merupakan aspek yang sangat mendukung dalam upaya pendidikan karakter di sekolah berbasis religi. SDK Santa Maria II Malang dan SDK Sang Timur Malang merupakan sekolah swasta berbasis religi yaitu Agama Katolik dengan terakreditasi A yang terletak di kawasan perkotaan Kota Malang. SDK Santa Maria II Malang adalah lembaga pendidikan jenjang sekolah dasar berbasis Agama Katolik yang berada di bawah naungan Yayasan Dharma Putri yaitu Karya Suster Santa Perawan Maria (SPM). Sedangkan SDK Sang Timur Malang adalah lembaga pendidikan jenjang sekolah dasar berbasis Agama Katolik yang berada di bawah naungan Yayasan Karya Sang Timur yaitu Karya Suster PIJ (Pauperis Invantis Jesu-Suster dari kanak-kanak Yesus yang miskin). Sejarah kepemimpinan di kedua sekolah yang selalu dipimpin oleh seorang Suster biarawati sejak awal berdiri hingga bertahan sampai saat ini menjadi fenomena yang menarik untuk diteliti. Berdasarkan konteks penelitian, dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: (a) nilai-nilai spiritual yang Suster Kepala Sekolah tanamkan sebagai Spiritual Leader bagi warga sekolah khususnya guru di SDK Santa Maria II dan SDK Sang Timur Malang; (b) peran Suster Kepala Sekolah sebagai Spiritual Leader dalam menanamkan nilai-nilai tersebut pada warga sekolah khususnya guru sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan bidang spiritual di SDK Santa Maria II dan SDK Sang Timur Malang; (c) dampak penanaman nilai-nilai spiritual bagi guru sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan bidang di SDK Santa Maria II dan SDK Sang Timur Malang; (d) masalah dan solusi yang dihadapi Suster Kepala Sekolah sebagai Spiritual Leader, dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan guru bidang spiritual di SDK Santa Maria II dan SDK Sang Timur Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menemukan kerangka teori substantif tentang kepemimpinan spiritual Suster Kepala Sekolah dalam meningkatkan kualitas pelayanan guru terhadap pendidikan spiritual kristiani. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan studi multi situs mengingat bahwa pendekatan ini berusaha untuk meneliti tentang hal-hal yang unik, memiliki kekhususan, dan kekhasan yang tidak dapat terwakili. Penelitian dilakukan secara utuh dan mendalam (holistik), melalui pengumpulan data dari latar alami dengan mengkaji subjek, latar, dan tempat kejadian yang menunjukkan karakteristik yang hampir sama dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dibagi menjadi dua tahap, yakni analisis data pada masing-masing situs dan analisis data lintas situs. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan tiga kriteria dalam menjaga keilmiahan hasil penelitian, yakni kredibilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil temuan lintas situs menunjukkan: (a) nilai spiritual yang ditanamkan oleh Suster Kepala Sekolah adalah iman yang teguh kepada Tuhan, keteladanan seturut keteladanan Maria, totalitas pelayanan, kegembiraan, kesederhanaan kasih persaudaraan. Sumber nilai Kitab Suci, Visi Kogregasi, kharisma pendiri, kultur hidup Suster, dan Semboyan dan nilai tersebut melandasi visi sekolah, membentuk karakter kepemimpinan dan budaya di sekolah; (b) model kepemimpinan spiritual yang digunakan yaitu: kepemimpinan yang dijiwai nilai keteladanan dari cara hidup Suster yang berkiblat pada ajaran tokoh suci dan kepemimpinan yang dijiwai nilai pelayanan seperti melayani Tuhan yang melekat pada dua jabatan sekaligus, yaitu sebagai seorang biarawati dan kepala sekolah dengan program dikembangkan yaitu retret guru, pembelajaran Kesangtimuran/Ke-SPM-an, kegiatan doa dalam empat bahasa; (c) dampak yang dirasakan guru yaitu: guru memiliki pemahaman yang benar tentang konsep, dasar nilai spiritualitas dan nilai Kristiani, lalu tumbuhnya kesadaran guru akan makna panggilan hidupnya, kemudian guru memiliki jiwa pengabdian dan pelayanan yang tinggi yang tampak dari adanya rasa tanggung jawab moril, sadar bahwa pendidikan bukan sekedar transfer ilmu, tidak mengejar materi, melakukan tugas-tugas di luar tugas akademis keguruan, memiliki roh pendidik, ikhlas dalam bekerja; (d) masalah dan solusi yaitu: masalah waktu akibat banyaknya acara atau ada kegiatan yang lebih penting atau mendesak yang dapat diatasi dengan membuat perencanaan yang matang dan koordinasi soal materi dan waktu untuk pembinaan besama dengan yayasan, disesuaikan kalender dari pemerintah dan Yayasan serta sulitnya mengukur tingkat perkembangan spiritual karena bersifat abstrak, subjektif, belum adanya evaluasi, kontrol, indikator penilaian, dan tidak ada tenaga untuk mengkaji secara ilmiah yang dapat diatasi dengan evaluasi berdasarkan kajian terhadap jenis kegiatan sehingga perkembangan pembinaan dapat diketahui dan ada data yang bisa dijadikan dasar perumusan tema yang sesuai dengan kebutuhan. Dari hasil temuan penelitian ini dapat diberikan saran-saran sebagai berikut. Bagi Suster Kepala Sekolah SDK Santa Maria II dan SDK Sang Timur Malang, berdasarkan temuan, program Pembelajaran Kesangtimuran dan Ke-SPM-an dapat dijadikan media penanaman nilai spiritual Kristiani bagi guru dan juga peserta didik, hendaknya kepala sekolah mendukung pelaksanaan program pembelajaran ini dengan mengalokasikan waktu secara terjadwal, sehingga dapat berjalan dengan lebih maksimal; bagi Ketua Tim Spiritual, berdasarkan temuan, pelaksanaan program doa dalam empat bahasa dapat menjadi sarana penanaman nilai spiritual yang baik karena selain berdampak langsung pada perkembangan pendidikan spiritual peserta didik, juga berdampak pada guru, karena guru harus mempersiapkan diri dengan mendalami arti dan sikap doa yang digunakan terlebih dahulu sebelum diajarkan. Hendaknya program ini dapat diterapkan dan dikembangkan pada doa-doa rutin lainnya serta digunakan pada kegiatan-kegiatan kerohanian di sekolah; bagi Yayasan Dharma Putri dan Sang Timur dapat dijadikan bahan kajian, rujukan, dan pengembangan tentang model Spiritual Leadership suster sebagai kepala sekolah dalam konteks pendidikan dasar di sekolah Katolik; Koordinator Program Studi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang, dapat dijadikan sebagai bahan referensi dan rujukan bagi pengembangan ilmu manajemen pendidikan yaitu khususnya substansi kepemimpinan kepala sekolah model Spiritual Leadership; dan peneliti lain dapat menjadikannya bahan untuk melakukan penelitian sejenis ataupun penelitian lanjutan tentang kepala sekolah sebagai Spiritual Leadership di bidang agama lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108821

Actions (login required)

View Item View Item