Pengaruh efektivitas supervisi pembelajaran dan iklim organisasi terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri se Kota Malang / Shinta Gustine Permata Sari

Sari, Shinta Gustine Permata (2020) Pengaruh efektivitas supervisi pembelajaran dan iklim organisasi terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri se Kota Malang / Shinta Gustine Permata Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari, Shinta Gustine Permata. 2019.Pengaruh Supervsi Pembelajaran dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru. Tesis. Jurusan Manajemen Pendidikan, Pascasarjana, Univeritas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs.H.Burhanuddin, M.Ed., PhD, (II) Dr. Asep Sunandar, S.Pd., M.AP Kata kunci: supervisi pembelajaran, iklim oraganisasi, kinerja guru Pendidikan merupakan hal yang penting bagi kemajuan bangsa. Karena dengan pendidikan kehidupan bangsa akan lebih maju naik secara materi dan non material. Salah satu yang bisa membantu meningkatnya kualitas dalam dunia pendidikan adalah kontrubusi dalam pembagunan sumber daya manusia (SDM). Salah satu sumber daya manusia yang penting adalah guru atau pendidik. Karena pendidik atau guru di suatu sekolah dapat menentukan kualitas pendidikan itu sendiri. Kinerja guru merupakan hal penting yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Guru diharapkan dapat mengembangkan profesionalismenya. Guru yang baik adalah guru yang selalu memperhatikan dan berupaya meningkatkan kinerjanya. Kinerja guru yang tinggi akan berdampak lebih tinggi baik pada meningkatnya kualitas pembelajaran. Dengan kinerja guru yang ideal akan berdampak pada prestasi peserta didik. Kinerja guru adalah aktivitas yang dilakukan oleh seorang guru mulai dari merencanakan, melaksanakan dan melakukan evaluasi serta menindaklanjuti sampai membuat laporan hasil pembelajaran secara sistematis. Dengan standar kompetensi yang dimilikinya, guru diharapkan mampu melaksanakan tugasnya. Kinerja guru melalui beberapa faktor yang perlu diperhatikan sehingga guru dapat melaksanakan tugas profesinya dengan baik. Salah satu faktornya adalah supervisi pembelajaran yang dilakukan oleh supervisor dalam hal ini adalah kepala sekolah yamg didukung oleh iklim organisasi yang kondusif. Mencermati urgensi kinerja guru melalui studi pendahuluan, penelitian ini berberapa masalah yaitu (1)Bagaimana pengaruh supervisi pembelajaran, iklim organisasi terhadap kinerja guru di SD Negeri Se Kota Malang. (2) Bagaimana tingkat efektivitas supervisi pembelajaran di SD Negeri Se Kota Malang (3) Bagaimana tingkat kinerja guru di SD Negeri Se Kota Malang. (4) Apakah jenis iklim organisasi yang diterapkan di sekolah.(5) Apakah supervisi pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dalam pembelajaran di SD Negeri Se Kota Malang(6) apakah iklim organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dalam pembelajaran di SD Negeri Se Kota Malang. (7)Apakah ada supervisi pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap iklim organisasi di SD Negeri Se Kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan tingkat efektivitas supervisi pembelajaran di SD Negeri Se Kota Malang.Mendeskripsikan tingkat kinerja guru SD Negeri Se Kota Malang.Mendeskripsikan jenis iklim organisasi yang dominan diterapkan di sekolah di SD Negeri Se Kota Malang.Mendeskripsikan supervisi pembelajaran memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru dalam pembelajaran di SD Negeri Se Kota Malang. Mendeskripsikan iklim organisasi memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru dalam pembelajaran di SD Negeri Se Kota Malang. Analisis data dilakukan dengan teknik SEM. Jumlah populasi sebanyak 477 guru. Sampel dari penelitian berjumlah 362 guru. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang disusun dalam butir-butir pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan program computer SPSS (Statistical Package for The Social Sciences) For Windows Version 24.00 dan AMOS. Hasil penelitian menunjukan: (1) Supervisi pembelajaran dan iklim organisasi secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kinerja guru SD Negeri Se-Kota Malang. (2) efektivitas supervisi pembelajaran di SDN Se-Kota Malang dalam kategori sedang yang artinya masih belum optimal supervisi pembelajaran yang dilaksanakan oleh kepela sekolah SDN Se-Kota Malang; (3)Tingkat kinerja guru di SDN Se-Kota Malang dalam kategori tinggi artinya semua komptensi pedagogik, komptensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional guru sudah terpenuhi dengan baik di SDN se- Kota Malang. (4) Iklim organisasi yang diterapkan di SDN Se-Kota Malang adalah iklim keterbukaan, iklim yang memperhatikan kesehatan dan iklim yang fokus dalam kewarganegaraan. (5) Terdapat pengaruh supervisi pembelajaran terhadap kinerja guru, yang terintrepretasikan semakin baik supervisi pembelajaran maka semakin meningkat pula kinerja guru dan juga sebaliknya. (6)Iklim organisasi memiliki pengaruh yang postif dan singnifikan terhadap kinerja guru SD Negeri Se-Kota Malang., yang terintrepretasikan semakin kuat atau semakin baik iklim organisasi yang diterapkan maka semakin tinggi pula kinerja guru dan juga sebaliknya. (7)ada pengaruh yang signifikan antara supervisi pembelajaran dan iklim organisasi, yang diintrepretasikan, semakin tinggi supervisi pembelajaran, iklim organisasi yang diterapkan juga semakin tinggi begitu juga sebaliknya. Saran yang dikemukan oleh penulis sebagai berikut: (1) Bagi Kepala Dinas Pendidikan Sekolah Dasar dan Menegah sebagai pemangku kebijakan, dengan mengetahui pengaruh supervisi pembelajaran, iklim organisasi terhadap kinerja guru SD Negeri Se- Kota Malang. Sebaiknya mengadakan pelatihan untuk kepala sekolah tentang supervisi pembelajaran secara mendalam, bila perlu pelaksanaan in on in dengan berbagai macam lembar kerja agar, supervisi pembelajaran dapat meningkat, (2) Bagi Kepala Sekolah SD Negeri Kota Malang, dengan mengetahui hasil supervisi pembelajaran yang masing tergolong sedang, harus dapat meningkatkan kemampuan dalam pelaksanaan supervisi pembelajaran di sekolah(3) Bagi Komite Sekolah sebaiknya meningkatkan peran aktif dalam dukungan sumber daya ke sekolah.(4) Bagi guru SD Kota Malang, dengan mengetahui hasil penelitian ini diharapkan dapat mempertahankan kinerjanya yang sudah tinggi. Dengan terbuka mau membantu guru lain yang mengalami kesulitan dalan proses pembelajaran dan dengan terbuka menyampikan masalahnya kepada kepala sekolah saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108820

Actions (login required)

View Item View Item