Pengaruh budaya akademik, iklim komunikasi organisasi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa di Universitas Negeri Malang / Saparina Rachman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh budaya akademik, iklim komunikasi organisasi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa di Universitas Negeri Malang / Saparina Rachman

Rachman, Saparina (2019) Pengaruh budaya akademik, iklim komunikasi organisasi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa di Universitas Negeri Malang / Saparina Rachman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rachman Saparina. 2019. Pengaruh Budaya Akademik Iklim Komunikasi Organisasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa di Universitas Negeri Malang. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M. Pd. (2) Dr. Agus Timan M. Pd. Kata Kunci budaya akademik iklim komunikasi organisasi kualitas pelayanan kepuasan mahasiswa Menghasilkan mutu lulusan perguruan tinggi yang berkualitas tidak hanya dilakukan melalui proses kegiatan belajar mengajar antara mahasiswa dengan dosen di kelas tetapi juga perlu adanya kegiatan pendukung seperti budaya akademik iklim komunikasi organisasi kualitas pelayanan keuangan dan kemahasiswaan. Salah satu indikator keberhasilan mutu instansi pendidikan tinggi dengan penyampaian layanan pendidikan yang berkualitas tinggi dan mahasiswa yang memuaskan lingkungan akademik. Tujuan penelitian ini (1) untuk memperoleh gambaran budaya akademik iklim komunikasi organisasi kualitas pelayanan dan kepuasan mahasiswa Universitas Negeri Malang (2) untuk mengetahui pengaruh budaya akademik terhadap tingkat kepuasan mahasiswa Universitas Negeri Malang (3) untuk mengetahui pengaruh iklim komunikasi organisasi terhadap tingkat kepuasan mahasiswa Universitas Negeri Malang (4) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan mahasiswa Universitas Negeri Malang (5) untuk mengetahui pengaruh secara simultan budaya akademik iklim komunikasi organisasi dan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan mahasiswa Universitas Negeri Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan rancangan regresi dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan budaya akademik iklim komunikasi organisasi kualitas pelayanan dan kepuasan mahasiswa. Rancangan regresi digunakan untuk mengetahui pengaruh budaya akademik iklim komunikasi organisasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa FIP FS FMIPA FE FT FIK FIS dan FPPsi yang berjumlah 6.144 mahasiswa semester VI angkatan 2016 dari 57 Program Studi S1 (Strata 1). Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling didapatkan 375 sampel mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner yang ditampilkan kedalam Google Form. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi uji prasyarat analisis regresi dan uji hipotesis. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini yakni (1) gambaran tentang budaya akademik di Universitas Negeri Malang masuk dalam kriteria tinggi dengan persentase 75 73 (2) gambaran tentang iklim komunikasi organisasi di Universitas Negeri Malang masuk dalam kriteria tinggi dengan persentase 65 87 (3) gambaran tentang kualitas pelayanan di Universitas Negeri Malang masuk dalam kriteria tinggi dengan persentase 67 2 (4) gambaran tentang kepuasan mahasiswa di Universitas Negeri Malang masuk dalam kriteria tinggi dengan persentase 51 47 (5) terdapat pengaruh budaya akademik terhadap kepuasan mahasiswa sebesar 4 041 (6) terdapat pengaruh iklim komunikasi organisasi terhadap kepuasan mahasiswa sebesar -2 662 (7) terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa sebesar 5 071 (8) terdapat pengaruh secara simultan antara budaya akademik iklim komunikasi organisasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa sebesar 35 802. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yakni (1) gambaran tentang budaya akademik iklim komunikasi organisasi kualitas pelayanan dan kepuasan mahasiswa di Universitas Negeri Malang masuk dalam kategori tinggi (2) budaya akademik secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa Universitas Negeri Malang (3) iklim komunikasi organisasi pada nilai signifikansi menunjukkan adanya pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa di Universitas Negeri Malang. Namun ditemukan pada uji t hitung lebih kecil dari t tabel dengan artian probabilitas iklim komunikasi organisasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. (4) kualitas pelayanan secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa di Universitas Negeri Malang (5) terdapat pengaruh secara simultan antara budaya akademik iklim komunikasi organisasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa. Saran dalam penelitian ini yaitu (1) Rektor UM disarankan untuk meningkatkan kualitas dari masing-masing dimensi budaya akademik dan kualitas pelayanan bagi mahasiswa. Sehingga kepuasan mahasiswa dalam memperoleh pelayanan dapat lebih baik lagi (2) Dekan Fakultas disarankan untuk mempertahankan atau lebih ditingkatkan lagi budaya akademik dengan cara membiasakan mahasiswa melakukan kegiatan penelitian atau riset diskusi ilmiah mengikuti dan mengadakan seminar membaca serta berbagai kegiatan lainnya yang bersifat akademis. Selain itu iklim komunikasi organisasi dan kualitas pelayanan juga dipertahankan dan ditingkatkan lagi agar kepuasan mahasiswa dapat meningkat dan (3) Peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian yang tidak hanya pada satu perguruan tinggi saja namun dapat melakukan penelitian dibeberapa perguruan tinggi lainnya. Disarankan juga untuk melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan lain misalnya pendekatan kualitatif dan pengembangan. Selain itu dapat membahas atau meneliti faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Seperti citra perguruan tinggi adanya promosi atau pertukaran pelajar antar negara dan tarif biaya pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108818

Actions (login required)

View Item View Item