Manajemen partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan sekolah di daerah terpencil (studi multi situs pada SMP Negeri 1 Damer dan SMP Kristen Kehli Kecamatan Damer Kabupaten Maluku Barat Daya) / Nova Suci Lestari Pakniany - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan sekolah di daerah terpencil (studi multi situs pada SMP Negeri 1 Damer dan SMP Kristen Kehli Kecamatan Damer Kabupaten Maluku Barat Daya) / Nova Suci Lestari Pakniany

Pakniany, Nova Suci Lestari (2019) Manajemen partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan sekolah di daerah terpencil (studi multi situs pada SMP Negeri 1 Damer dan SMP Kristen Kehli Kecamatan Damer Kabupaten Maluku Barat Daya) / Nova Suci Lestari Pakniany. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pakniany Nova Suci Lestari.2019.Manajemen Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Sekolah di Daerah Terpencil (Studi Multi Situs pada SMP Negeri 1 Damer dan SMP Kristen Kehli Kecamatan Damer Kabupaten. Maluku Barat Daya). Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Ali Imron M.Pd M.Si (II) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. Kata kunci manajemen partisipasi masyarakat pendidikan daerah terpencil Keberhasilanpendidikan tidak selalu ditentukan oleh proses pendidikan yang terjadi di sekolah dan kelengkapan sarana prasarana saja akan tetapi lingkungan keluarga dan masyarakat juga penentu keberhasilan pendidikan di sekolah. Pemerintah keluarga dan masyarakat memiliki tanggung jawab yang sama dalam berpartisipasi memikirkan dan memberikan bantuan guna penyelenggaraan pendidikan sekolah. Sekolah dan masyarakat adalah komponen-komponen pendidikan yang tidak dapat terpisahkan.Partisipasi masyarakat dalam dunia pendidikan sangat mempengaruhi kualitas pendidikan disekolah.SMP Negeri 1 Damer dan SMP Kristen Kehli merupakan sekolah yang berada di kawasan pulau Damer yang termasuk dalam daerah terpencil dan sangat membutuhkan partisipasi masyarakat untuk peningkatan kualitas pendidikan. Meskipun sosial ekonomi masyarakat Desa Wulur dan Desa Kehli cukup rendah namun antusiasme dan kepedulian masyarakat akan adanya pendidikan cukup tinggi secara kasat mata nampak jelas ketika masyarakat menyemangati anak-anak mereka berangkat ke sekolah walaupun kondisi jalan darat yang susah dan terkadang harus menggunakan sampan kecil atau kole-kole agar dapat sampai ke sekolah Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menemukan kerangka teori substantif tentang manajemen partisipasi masyarakat di SMP Negeri 1 Damer dan SMP Kristen Kehli Kecamatan Damer Kabupaten Maluku Barat Daya sebagai sekolah yang terletak didaerah terpencil. Berdasarkan konteks penelitian telah dirumuskan enam fokus penelitian sebagai berikut (1) jenis partisipasi yang dibutuhkan sekolah dari masyarakat (2) unsur masyarakat yang turut berpartisipasi (3) pembuatan program dalam meningkatkan partisipasi masyarakat (4) teknik partisipasi masyarakat (5) tingkat partisipasi masyarakat dan (6) hasil dan dampak partisipasi masyarakat. Pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan studi multisitus digunakan dalam penelitian ini.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam observasi dan studi dokumentasi.Analisis data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua tahap yakni analisis data dalam situs dan analisis data lintas situs.Dalam pengecekan keabsahan data digunakan tiga kriteria untuk menjaga kebenaran hasil penelitian ini yakni kredibilitas dependabilitas dan konfirmabilitas. Berdasarkan teknik analisis data diatas ditemukan temuan lintas situs sebagai berikut (1) jenis partisipasi yang dibutuhkan sekolah dari masyarakat adalah fasilitas tenaga uang pikiran dan barang-barang yang dimiliki oleh masyarakat (2) unsur masyarakat yang turut berpartisipasi adalah orang tua murid lembaga desa Komunitas Tiga Batu Tungku (KTBT) pemuka masyarakat dan tokoh agama (3) pembuatan program untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dilakukan melalui langkah awal seperti menganalisis permasalahan yang muncul menganalisis potensi yang dimiliki dan menganalisis kebutuhan kemauan dan kepentingan masyarakat (4) teknik pelaksanaan partisipasi masyarakat dengan mengakui keberadaan masyarakat dengan memberikan tanggung jawab kepada masyarakat dalam setiap kegiatan di sekolah menumbuhkan rasa memiliki menumbuhkan rasa kepercayaan masyarakat menyebarkan segala kelebihan bahkan kekuatan yang dimiliki oleh sekolah mengikutsertakan dan melibatkan tokoh masyarakat untuk selalu memberikan peluang yang luas kepada masyarakat untuk memberikan masukan saran maupun kritik kepada sekolah (5) tingkat partisipasi masyarkat berada dalam taraf placation dan (6) hasil dan dampak partisipasi masyarakat dapat dirasakan oleh kedua komponen yakni sekolah dan masyarakat. Hasil temuan penelitian ini dapat diberikan saran-saran sebagai berikut (1) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaraga Kabupaten Maluku Barat Daya agar dapat melakukan koordinasi dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Pendidikan Dasar dan Menengah dalam menganalisis dan menyalurkan bantuan untuk sekolah yang berada di daerah terpencil terlebih khusu di Kabupaten Maluku Barat Daya (2) Pengawas SD/SMP di Kecamatan Damer agar dapat menghimbau sekolah-sekolah untuk membuat program yang lebih banyak melibatkan partisipasi masyarakat (3) Kepala Sekolah dapat menyusun program-program pembentukan paguyupan orang tua murid dan pertemuan orang tua murid secara berkala agar partisipasi masyarakat dapat mengalami peningkatan mencapai tingkat partnership (4) para guru melakukan kunjungan yang intensif ke rumah orang tua murid untuk menjalin hubungan baik agar partisipasi masyarakat dalam bentuk dukungan moral meningkat dan berdampak pada prestasi belajar peserta didik yang mengalami peningkatan (5) masyarakat meningkatkan partisipasi secara aktif di sekolah dengan bentuk bantuan moral dan inde disetiap kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak sekolah dan (6) peneliti lain dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai sala satu referensi untuk menambah pengetahuan yang berkaiitan dengan partisipasi masyarakat dalam pendidikan khususnya sekolah menengah yang terletak didaerah terpencil.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108817

Actions (login required)

View Item View Item