Manajemen tenaga pendidik sekolah menengah atas (studi multi kasus di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT dan SMA A Wahid Hasyim Jombang) / Qurratu A'yun

A'yun, Qurratu (2019) Manajemen tenaga pendidik sekolah menengah atas (studi multi kasus di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT dan SMA A Wahid Hasyim Jombang) / Qurratu A'yun. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ayun, Q. 2019. Manajemen Tenaga Pendidik Sekolah Menengah Atas (Studi Multi Kasus di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT dan SMA A Wahid Hasyim Jombang). Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ali Imron, M. Pd. M. Si, (II) Dr. Imron Arifin, M. Pd. Kata Kunci: Manajemen, Tenaga Pendidik, Sekolah Menengah Atas. Keberhasilan dalam suatu proses pembelajaran di lembaga sekolah tergantung kepada pendidik atau guru. Pengelolaan sumber daya manusia tenaga pendidik merupakan aspek penting dalam proses pendidikan secara umum. Oleh karena itu fungsi dalam pengelolaan sumber daya manusia harus dilaksanakan secara optimal sehingga kebutuhan yang menyangkut tujuan individu, organisasi atau lembaga dapat tercapai dengan baik. Selain itu dengan proses pengelolaan sumber daya manusia tenaga pendidik yang baik diharapkan dapat mengurangi permasalahan dalam manajemen sumber daya manusia tenaga pendidik yang ada di lembaga pendidikan. Dari penelitian yang dilakukan bahwa terdapat dua sekolah yaitu SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT dan SMA A Wahid Hasyim di Jombang. Manajemen tenaga pendidik di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT dan SMA A Wahid Hasyim Jombnag memiliki kualifikasi yang berbeda dalam proses perekrutan tenaga pendidik, proses induksi tenaga pendidik, proses pengembangan kompetensi tenaga pendidik dan sisitem mutasi tenaga pendidik. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui dan menganalisis sistem rekrutmen tenaga pendidik di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT dan SMA A Wahid Hasyim Jombang Hasyim di Jombang; (2) mengetahui dan menganalisis sistem Sistem Induksi di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT dan SMA AWahid Hasyim Jombang; (3) mengetahui dan menganalisis sistem promosi pengembangan kompetensi tenaga pendidik di SMA Darul Ulum Unggulan BPPT dan SMA A Wahid Hasyim Jombang; dan (4) mengetahui dan menganalisis sistem mutasi tenaga pendidik di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT dan SMA AWahid Hasyim Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi kasus. Penentuan informan dilakukan dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dan snowaball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (a) observasi, (b) wawancara mendalam, dan (c) studi dokumentasi. Informasi yang terkumpul dari ketiga teknik tersebut dianalisis secara berulang-ulang melalui analisis kasus individu maupun analisis lintas kasus. Pengecekan kredibilitas data dilakukan dengan teknik tringulasi (sumber dan teknik/ metode), member checks dan kecukupan bahan refrensi. Pengecekan dependabilitas data penelitian dilakukan oleh peneliti dengan berkonsultasi kepada para pembimbing sebagai auditor independent dan pengecekan konfirmabilitas digunakan untuk melihat bahwa hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya proses penelitian di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajem Tenaga Pendidik di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT dan SMA A Wahid Hasyim Jombang terkait sistem perekrutan tenaga pendidik memiliki kreteria yang sama tetapi ada penekanan yang berbeda didalam peroses dan berkaitan dengan tujuan visi dan misi pada masing-masing sekolah tersebut. Pengembangan kompetensi tenaga pendidik memiliki perbedaan didalam prosesnya dan memilki penekanan masing-masing tetapi tetap sesuai dengan tujuan untuk mencapai standar pendidikan nasional. Dari segi sistem induksi kedua sekolah tersebut memiliki perbedaan pada lamanya melaskanakan proses induksi. Sistem mutasi tenaga pendidik di dua sekolah ini sama menggunakan mutasi vertikal dan horizontal, tetapi di dua sekolah tersebut berbeda dalam segi pelaksanannya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dikemukakan berbagai saran sebagai berikut: Pertama untuk kepala yayasan dalam memotivasi dan mengembangkan pendidikan di SMA DU 2 Unggulan BPPT dan SMA A WH Jombang agar sesuai dengan tujuan pendidikan nasioanl, maka terus membangun nilai yang posistif terhadap tenaga pendidik dan menerapkan kepada peserta didik sehingga menimbulkan hasil atau output yang berkualitas dan bermanfaat di masyarakat. Kedua untuk kepala SMA DU 2 Unggulan BPPT dan SMA A WH Jombang untuk dapat terus mememlihara suasan kerja yang baik dan memberikan motivasi terhadap tenaga pendidik, menerapkan sikap yang baik dan sopan terhadap tenaga pendidik dan kependidikan, serta memelihara kegiatan-kegiatan yang mendorong kemampuan dan semangat tenaga pendidik dan kependidikan. Ketiga untuk tenaga pendidik di SMA DU 2 Unggulan BPPT dan SMA A WH Jombang agar merasa dihargai dan dihormati sehingga merasa nyaman dalam melaksanakan tugasnya dilembaga tersebut, tidak hanya dilihat pada pekerjaannya yang sebagai tempat mencari nafkah saja, tetapi juga sebagai pengabdian dan memanfaatkan ilmu serta merasa bangga dan tanggung jawab penuh terhadap profesinya sebagai tenaga pendidik. Ke empat untuk peneliti berikutnya dalam rangka mengembangkan pnelitian tentang manajemen tenaga pendidik di SMA DU 2 Unggulan BPPT dan SMA A WH Jombang yaitu bertujuan agar dapat menerapkan dan mampu melahirkan ide baru yang berkaitan dengan manajemen tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108814

Actions (login required)

View Item View Item