Kemitraan sekolah dan madrasah diniyah dalam penguatan pendidikan karakter melalui sistem full day school di Pasuruan / Saidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemitraan sekolah dan madrasah diniyah dalam penguatan pendidikan karakter melalui sistem full day school di Pasuruan / Saidah

Saidah (2019) Kemitraan sekolah dan madrasah diniyah dalam penguatan pendidikan karakter melalui sistem full day school di Pasuruan / Saidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Saidah. 2019. Kemitraan Sekolah dan Madrasah Diniyah dalam Penguatan Pendidikan Karakter melalui Sistem Full Day School di Pasuruan. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M. Pd. (II) Drs. H. Burhanuddin M. Ed. Ph. D. Kata Kunci kemitraan sekolah madrasah diniyah penguatan pendidikan karakter full day school. Usia remaja dimulai ketika siswa masih duduk di bangku SMP dan SMA. Mereka mengalami tahap transisi dari perubahan fisik berat dan tinggi badan serta peningkatan psikologis. Ini adalah waktu yang sulit bagi siswa untuk menyesuaikan diri baik di rumah dan sekolah terlebih lingkungan masyarakat sebagai lingkungan komunitas pertama dengan demikian pendidikan karakter sangat penting untuk diberikan kepada siswa sebagai bagian dari kelompok remaja. Orang dewasa harus membantu anak-anak ini untuk menghindari dampak negatif yang dapat ditimbulkan pada waktu transisi. Sistem pendidikan harus dirancang untuk membantu siswa menghadapi perubahan selama situasi ini. Salah satu sistem pendidikan modern yang telah dikembangkan di Indonesia adalah sistem pendidikan karakter untuk siswa yang dinamai Full Day School. SMP dan SMA disarankan untuk menerapkan sistem model Full Day School seperti yang diprakarsai di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Uniknya penerapan model di kabupaten Pasuruan ini tidak berarti bahwa siswa harus belajar dari pagi hingga sore.Namun semua siswa harus mengikuti kursus pendidikan karakter yang dijadwalkan di Institusi Madrasah Diniyah Pondok Pesantren dan Taman Pendidikan Al-Qur an. Karakteristik khusus lain dari ini penduduknya sangat religius dan orang tua siswa kebanyakan tidak bekerja secara penuh. Mereka memiliki cukup kesempatan untuk membimbing anak-anak mereka di rumah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Gondangwetan Pasuruan yang bekerja sama dengan Madrasah Diniyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang pendidikan karakter melalui sistem Full Day School pada kedua sekolah tersebut. Fokus penelitian ini terdapat tiga komponen (1) macam-macam pendidikan karakter dan targetnya (2) kurikulum tujuan struktur organisasi sistem pembelajaran (3) model kemitraan antara sekolah struktur kepegawaian dan deskripsi program kemitraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi multi-kasus. Sampel yang diwawancarai dipilih menggunakan purposive dan snowball sampling. Data dikumpulkan melalui (1) observasi (2) wawancara mendalam dan (3) dokumentasi. Informasi yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis kasus dan lintas kasus. Pengecekan kredibilitas data diperiksa melalui teknik triangulasi pengecekan anggota dan bahan referensi. Pengecekan dipendabilitas data dilakukan melalui konfirmasi dan konsultasi kepada pembimbing untuk melihat bahwa hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya proses penelitian di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan pertama bahwa dalam hal jenis dan tujuan program tidak ada perbedaan antara program pendidikan karakter SMAN 1 dan SMPN 2 kedua program di Madrasah Diniyah mencakup kurikulum tujuan struktur organisasi dan sistem pembelajaran ketiga ada dua sistem sekolah sehari penuh yang terlibat dalam penelitian ini dalam kemitraan sekolah dan Madrasah Diniyah untuk pendidikan karakter termasuk bentuk kerja sama struktur personel dan penugasan kemitraan. Kesimpulannya vii implementasi pendidikan karakter dilakukan dengan mengintegrasikan kursus ke dalam kurikulum sekolah formal serta program ekstrakurikuler intrakurikulerdan kokurikuler untuk pendidikan karakter. Pengoperasian program ini bervariasi dalam hal jadwal dan materi yang dilatih di dua tingkat. Karena siswa dari SMP memiliki kursus karakter yang lebih lengkap mereka memiliki karakteristik yang baik dibandingkan dengan siswa SMA. Saran yang dihasilkan dari penelitian ini (1) kepala sekolah Madrasah Diniyah diharapkan untuk terus membangun kemitraan dengan berbagai inovasi dalam menciptakan program pendidikan karakter (2) asisten kepala sekolah dan anggota komite sekolah perlu memulai hubungan baik dengan semua pemangku kepentingan terutama dengan staf Madrasah Diniyah untuk meningkatkan komitmen dan tanggung jawab untuk memperkuat proyek pendidikan karakter (3) asisten kepala divisi kurikulum harus menemukan ide-ide cemerlang dalam mengintegrasikan program sekolah dengan konten pendidikan karakter dan pengalaman siswa (4) orang tua harus aktif dalam mendukung program sehingga mereka memiliki rasa tanggung jawab terhadap sekolah dan memperkuat hubungan dengan sekolah formal dan Madrasah Diniyah (5) Kepala Dinas Pendidikan Pasuruan memberikan kewenangan yang cukup kepada lembaga pendidikan Madrasah Diniyah dalam mengembangkan program karakter (6) siswa SMA dan SMP diharapkan untuk mempertahankan antusiasme dalam belajar selama waktu mereka yang terbatas untuk mendapatkan pengalaman emas dalam mempersiapkan posisi mereka sebagai anggota masyarakat yang baik di masa depan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108809

Actions (login required)

View Item View Item