Pujilestari, Ida (2019) Dampak Scaffolded Reading Experience (SRE) dan Collaborative Strategic Reading (CSR) terhadap Kemampuan Pemahaman Membaca Mahasiswa Berdasarkan Perbedaan Tingkat Kecapakan Membaca. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penggunaanscaffoldingmenjadipenelitianyangmenarikdanmenjadiisubesardalampelajaranbahasaasingkarenamemilikikeuntunganyangpotensial.Scaffoldingadalahsebuahmetodeyangmempunyaisatusetteknikdalamprosesbelajarmengajar.Scaffoldingadalahmetodeyangfleksibelyangdapatdiaplikasikandalamprosesbelajarmengajaryangbisadigunakanpadaberagamdisiplinilmu.DikarenakanmasihsedikitpenelitiantentangCollaborativeStrategicReading(CSR)dipembelajaranbahasakhususnyadalampelajaranmembacateksinformasimakadalampenelitiankuasieksperimentalinipenelitimencobamencaritahutentangefektifitasCSRdibandingkanScaffoldedReadingExperience(SRE)padakelasmembacadalamBahasaInggris.Penelitianinimelibatkan28mahasiswaBahasaInggrisdariFakultasIlmuBudayaUniversitasBrawijayayangberasaldariintactkelasyangterbagimenjadiduakelasyaitukelaseksperimentalpertamadenganmetodeSREdankelaseksperimentalduadenganmetodeCSRsebagaisubyekpenelitian.Berdasarkanhasilprelimenaristudimenunjukkanduagruptersebuthomogen.Halinidiketahuidarihasilujianpre-tesyangdiadakanpadaawalprosesbelajarmengajarpadaawalsemester.Adapunujianpos-testdiadakansetelahdilakukantreatmentdenganmenggunakankeduametodetersebutselamasatusemester.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataadalahteskemampuanmembacadanwawancara.Penelitimenggunakanindependentsamplet-testuntukmenganalisahasilpost-tesmahasiswauntukmengetahuiperbedaankemampuanmembacaantaramahasiswayangdiajardenganmenggunakanmetodeCSRdanSRE.Hasilpenelitianmenunjukkannilaisignifikanpadaujit-tesuntuknilaipos-tesadalah0.265.Nilaitersebutlebihdarinilaialphayaitu005(5%).HalinimenunjukkanhipotesanullditerimasehinggatidakadaperbedaanyangsignifikanantarakemampuanmembacasiswayangdiajardenganmetodeCSRdankemampuanmembacasiswayangdiajardenganmenggunakanmetodeSRE.OlehkarenaitupenelitatidakperluMembuatkelompokmahasiswaberdasarkanprofisiensilevelkarenatidakadainteraksiantarakemampuanmembacasiswayangdiajardenganmetodeCSRdankemampuanmembacasiswayangdiajardenganmenggunakanmetodeSRE.Haliniberartiduametodetersebut(CSRdanSRE)dapatdigunakanuntuksemuaprofisiensileveldarisiswa.Merujukdarihasilpenemuanpenelitianinifokuspadainterpretasihasilpenemuandibandingkandenganteoriyangsudaheksisdanpenelitiansebelumnyauntukmemberikankontribusisecarateoritisdanpraktekatauempiris.PenelitimencobamembantumenyumbangilmupengetahuanberkaitandenganpenelitianCSR.DalamhaliniCSRmelibatkanteorisosiokulturalpengajaranresiprokaldanpembelajaransecarabekerjasamaataucooperativelearningyangdirepresentasikandalamkegiatanbelajarmenggunakanrubrikCSRyangterdiridaripembukaanprediksimemadukankatamencarimaknakatadalambacaandanprosesreview.OlehkarenaituCSRdapatdigunakansebagaisalahsatustrategialternatifdalammengajarmembacadanmemperbaikikemampuanmembacasiswa.SelainitupenelitianinijugamemberikansarandanimplikasipendidikanuntukpengajaranBahasaInggrisdalamkonteksNegaraIndonesiaterutamapadalevelperguruantinggi.YangpertamapenemuanpenelitiansecarakualitatifdankuantitatifmenunjukkanefekpositifdaripenggunaanmetodeCSRuntukmahasiswaterutamapadapencarianidepokokdalamteksbacaandanmencariinformasiyangspesifik.YangkeduaCSRmenawarkanpendekatanalternatifyangberkaitandenganpenyelesaianmasalahpadakelasyangmasihbersifatpengajaranterpusatpadakelas-kelasdiIndonesiapadaumumnyadimanasiswatidakdiperhitungkandalamkelasdansiswabiasanyabersifatpasifsaatpelajarandikelastanapadainteraksidengansiswalainnya.MakamengajarmembacadalamBahasaInggrisdengankolaborasidapatmembantuguruataudosenmenciptakankondisiyangefektifdaninteraktifsehinggagurudapatmengenalikekuatandankelemahansiswanyasecaraindividudanmenyediakanpendampinganuntukmeningkatkanpotensibelajarsiswa.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 08:29 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 08:29 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1087 |
Actions (login required)
View Item |