Dampak Scaffolded Reading Experience (SRE) dan Collaborative Strategic Reading (CSR) terhadap Kemampuan Pemahaman Membaca Mahasiswa Berdasarkan Perbedaan Tingkat Kecapakan Membaca. - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak Scaffolded Reading Experience (SRE) dan Collaborative Strategic Reading (CSR) terhadap Kemampuan Pemahaman Membaca Mahasiswa Berdasarkan Perbedaan Tingkat Kecapakan Membaca.

Pujilestari, Ida (2019) Dampak Scaffolded Reading Experience (SRE) dan Collaborative Strategic Reading (CSR) terhadap Kemampuan Pemahaman Membaca Mahasiswa Berdasarkan Perbedaan Tingkat Kecapakan Membaca. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaanscaffoldingmenjadipenelitianyangmenarikdanmenjadiisubesardalampelajaranbahasaasingkarenamemilikikeuntunganyangpotensial.Scaffoldingadalahsebuahmetodeyangmempunyaisatusetteknikdalamprosesbelajarmengajar.Scaffoldingadalahmetodeyangfleksibelyangdapatdiaplikasikandalamprosesbelajarmengajaryangbisadigunakanpadaberagamdisiplinilmu.DikarenakanmasihsedikitpenelitiantentangCollaborativeStrategicReading(CSR)dipembelajaranbahasakhususnyadalampelajaranmembacateksinformasimakadalampenelitiankuasieksperimentalinipenelitimencobamencaritahutentangefektifitasCSRdibandingkanScaffoldedReadingExperience(SRE)padakelasmembacadalamBahasaInggris.Penelitianinimelibatkan28mahasiswaBahasaInggrisdariFakultasIlmuBudayaUniversitasBrawijayayangberasaldariintactkelasyangterbagimenjadiduakelasyaitukelaseksperimentalpertamadenganmetodeSREdankelaseksperimentalduadenganmetodeCSRsebagaisubyekpenelitian.Berdasarkanhasilprelimenaristudimenunjukkanduagruptersebuthomogen.Halinidiketahuidarihasilujianpre-tesyangdiadakanpadaawalprosesbelajarmengajarpadaawalsemester.Adapunujianpos-testdiadakansetelahdilakukantreatmentdenganmenggunakankeduametodetersebutselamasatusemester.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataadalahteskemampuanmembacadanwawancara.Penelitimenggunakanindependentsamplet-testuntukmenganalisahasilpost-tesmahasiswauntukmengetahuiperbedaankemampuanmembacaantaramahasiswayangdiajardenganmenggunakanmetodeCSRdanSRE.Hasilpenelitianmenunjukkannilaisignifikanpadaujit-tesuntuknilaipos-tesadalah0.265.Nilaitersebutlebihdarinilaialphayaitu005(5%).HalinimenunjukkanhipotesanullditerimasehinggatidakadaperbedaanyangsignifikanantarakemampuanmembacasiswayangdiajardenganmetodeCSRdankemampuanmembacasiswayangdiajardenganmenggunakanmetodeSRE.OlehkarenaitupenelitatidakperluMembuatkelompokmahasiswaberdasarkanprofisiensilevelkarenatidakadainteraksiantarakemampuanmembacasiswayangdiajardenganmetodeCSRdankemampuanmembacasiswayangdiajardenganmenggunakanmetodeSRE.Haliniberartiduametodetersebut(CSRdanSRE)dapatdigunakanuntuksemuaprofisiensileveldarisiswa.Merujukdarihasilpenemuanpenelitianinifokuspadainterpretasihasilpenemuandibandingkandenganteoriyangsudaheksisdanpenelitiansebelumnyauntukmemberikankontribusisecarateoritisdanpraktekatauempiris.PenelitimencobamembantumenyumbangilmupengetahuanberkaitandenganpenelitianCSR.DalamhaliniCSRmelibatkanteorisosiokulturalpengajaranresiprokaldanpembelajaransecarabekerjasamaataucooperativelearningyangdirepresentasikandalamkegiatanbelajarmenggunakanrubrikCSRyangterdiridaripembukaanprediksimemadukankatamencarimaknakatadalambacaandanprosesreview.OlehkarenaituCSRdapatdigunakansebagaisalahsatustrategialternatifdalammengajarmembacadanmemperbaikikemampuanmembacasiswa.SelainitupenelitianinijugamemberikansarandanimplikasipendidikanuntukpengajaranBahasaInggrisdalamkonteksNegaraIndonesiaterutamapadalevelperguruantinggi.YangpertamapenemuanpenelitiansecarakualitatifdankuantitatifmenunjukkanefekpositifdaripenggunaanmetodeCSRuntukmahasiswaterutamapadapencarianidepokokdalamteksbacaandanmencariinformasiyangspesifik.YangkeduaCSRmenawarkanpendekatanalternatifyangberkaitandenganpenyelesaianmasalahpadakelasyangmasihbersifatpengajaranterpusatpadakelas-kelasdiIndonesiapadaumumnyadimanasiswatidakdiperhitungkandalamkelasdansiswabiasanyabersifatpasifsaatpelajarandikelastanapadainteraksidengansiswalainnya.MakamengajarmembacadalamBahasaInggrisdengankolaborasidapatmembantuguruataudosenmenciptakankondisiyangefektifdaninteraktifsehinggagurudapatmengenalikekuatandankelemahansiswanyasecaraindividudanmenyediakanpendampinganuntukmeningkatkanpotensibelajarsiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 24 Feb 2021 08:29
Last Modified: 24 Feb 2021 08:29
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1087

Actions (login required)

View Item View Item