Menciptakan keunggulan bersaing resource based view dengan pendekatan SWOT analysis pada industri kreatif manik-manik beads flower Jombang / Fifit S. Ni'mah

Ni'mah, Fifit S. (2020) Menciptakan keunggulan bersaing resource based view dengan pendekatan SWOT analysis pada industri kreatif manik-manik beads flower Jombang / Fifit S. Ni'mah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ni’mah, Fifit S. 2019. Menciptakan Keunggulan Bersaing Resource Based View Dengan Pendekatan SWOT Analysis Pada Industri Kreatif Manik Manik Beads Flower Jombang. Tesis. Magister Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW, M.A., M.Si., (II) Dr. Syihabudhin, S.E., M.Si. Kata Kunci: Sumber daya, Strategi bersaing, Industri kreatif Pada tahun 2017, kontribusi UMKM terhadap perkembangan PDB sebesar 62,58 persen dan penyerapan tenaga kerja sebesar 96,99 persen. Dan sektor UMKM dari industri kreatif ini memberikan respon positif terhadap nilai ekspor Indonesia yang tercatat pada tahun 2016 yaitu 15,68 persen. Beads Flower merupakan salah satu industri kreatif yang memproduksi manik-manik yang berbahan baku limbah kaca yang berada di Kabupaten Jombang. Industri ini dikenal sebagai penghasil manik-manik etnik karena mengusung tema keragaman dari budaya Indonesia dan produknya pernah tembus ke mancanegara. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi sumber daya Beads Flower dan strategi alternatif yang dapat dikembangkan oleh Beads Flower untuk keberlangsungan dan daya saing sebagai industri manik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecek kebenaran data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Dan menggunakan analisis SWOT untuk merumuskan strategi alternatif bagi Beads Flower. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan sumber daya Beads Flower berupa tangible resource&intangible resource. Tangible resource Beads Flower yaitu kepemilikan home industry (tanah & bangunan), peralatan produksi, bahan baku, dan dua outlet. Intangible resource(sumber daya manusia, sumber daya relasi, dan sumber daya organisasi). Pada sumber daya manusia yaitu kepemilikan kemampuan karyawan, sumber daya relasi pada kepemilikan hubungan yang baik dengan pemasok, mitra & konsumen, dan hubungan (komunikasi) internal yang baik. Sumber daya organisasi pada kepemilikan perijinan usaha yang lengkap dan hak merek usaha.Dan hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi Beads Flower terletak pada titik koordinat 0,83 dan 0,885 yang berarti berada pada kuadran I dengan mengambil langkah strategi intensif dan integrasi diantaranya yaitu dengan menambah varian produk yang menarik dengan menampilkan nilai filosofi pada produk serta melakukan promosi dan pengiklanan yang intens serta memanfaatkan platform online atau pada e-commerce.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108435

Actions (login required)

View Item View Item