Pengaruh kualitas pelayanan dan electronic word of mouth terhadap loyalitas melalui citra merek (studi pada pelanggan maskapai Siriwijaya Air di Indonesia) / Dwi Ratna Ningsih

Ningsih, Dwi Ratna (2019) Pengaruh kualitas pelayanan dan electronic word of mouth terhadap loyalitas melalui citra merek (studi pada pelanggan maskapai Siriwijaya Air di Indonesia) / Dwi Ratna Ningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Wandira, Diani Ayu. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Learning Cycle 5E yang Diperkaya Augmented Reality pada Materi Ikatan Kimia. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Marfu’ah, M.S., (II) Dr. Munzil, M.Si. Kata Kunci: ikatan kimia, learning cycle 5E, augmented reality Bahan ajar yang menerapkan model pembelajaran dinilai lebih unggul dibanding buku teks biasa dan mampu memotivasi peserta didik untuk belajar. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan ikatan kimia adalah Learning Cycle 5E. Tahapan model LC 5E yaitu (1) engagement (membangkitkan minat dan rasa keingintahuaan), (2) exploration (eksplorasi), (3) explanation (penjelasan konsep), (4) elaboration (penerapan konsep), dan (5) evaluation (evaluasi). Bahan ajar saat ini sedikit menyertakan aspek submiskroskopis dalam penyampaian materi, maka dibutuhkan bahan ajar yang dapat memvisualisasikan aspek mikroskopis yaitu dengan mengembangkan bahan ajar berbasis LC 5E yang diperkaya Augmented Reality. Bahan ajar dengan model pembelajaran yang dikolaborasikan dengan Augmented Reality dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi karena dapat mengkonkretkan molekul-molekul kimia dalam bentuk 3 dimensi pada materi yang bersifat submikroskopis. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis learning cycle 5E yang diperkaya Augmented Reality pada materi ikatan kimia. Tujuan selanjutnya adalah untuk mengetahui kevalidan bahan ajar hasil pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Lee & Owens (2004) dengan tahapan penilaian/analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi karena urutan langkah dalam prosesnya tersusun secara sistematis dan setiap langkah pengembangan memiliki urutan langkah pengembangan yang tersusun jelas. Dalam pengembangan ini terbatas pada tahap penilaian/analisis, desain serta pengembangan.Tahap implementasi dan evaluasi tidak karena keterbatasan waktu, biaya dan tenaga. Hasil pengembangan berupa bahan ajar dan aplikasi augmented reality. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (a) nilai persentase ahli materi 88% dan ahli media 86% (b) uji keterbacaan yang dilakukan oleh 22 peserta didik SMAN 1 Gondanglegi diperoleh nilai persentase 91% (c) Bahan ajar yang dikembangkan tergolong dalam kriteria sangat layak dengan nilai persentase rata-rata 88%. Berdasarkan nilai persentase hasil validasi dan uji keterbacaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran materi Ikatan Kimia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108429

Actions (login required)

View Item View Item