Peran kearifan lokal budaya batik guna meningkatkan daya saing di kancah bisnis internasional (studi pada UMKM Batik Jokotole Collection) / Hariza Tria Meisyaroh

Meisyaroh, Hariza Tria (2019) Peran kearifan lokal budaya batik guna meningkatkan daya saing di kancah bisnis internasional (studi pada UMKM Batik Jokotole Collection) / Hariza Tria Meisyaroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Meisyaroh. Hariza Tria. 2019. Peran Kearifan Lokal Budaya Batik Guna Meningkatkan Daya Saing Di Kancah Bisnis International (Studi Pada Batik Jokotole Collection) Tesis. Program Studi Manajemen. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Heri Pratikto, M.Si., (II) Dr. Puji Handayati, S.E, M.M, Ak . CA, C.MA Kata kunci : Batik, kearifan lokal dan Keunggulan kompetitif Batik adalah salah satu keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia serta merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi serta kearifan lokal yang sudah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Indonesia merupakan wilayah yang memiliki pertumbuhan dan perkembangan batik yang sangat pesat, terlebih yang terjadi di pulau Jawa tepatnya bangkalan madura. Batik Jokotole Collection merupakan salah satu UMKM yang bergerak dalam produksi batik dimana memiliki banyak peluang untuk mengembangkan ekspor batik di seluruh dunia. Potensi ekspor batik Jokotole di Bangkalan merupakan salah satu umkm yang ekspor ke beberapa negara diantaranya Jepang, Afrika, dan Malaysia. Namun ada beberapa hambatan yang dialami diantaranya ancaman dari beberapa negara bisa terjadi misalnya dengan menjiplak motif batik yang ada di Jokotole collection lalu mendesain dengan motif yang sama dan dijual dengan harga yang murah padahal aslinya dijual dengan harga yang mahal. Selain itu ada negara yang lebih tertarik untuk membeli warna dibandingkan membeli kain batik dari Jokotole Collection. Fokus penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan peran kearifan lokal budaya batik Jokotole Collection untuk meningkatkan daya saing, 2) Upaya Jokotole Collection untuk meningkatkan daya saing di kancah bisnis international. Metode]pengolahan dan analisis data yang[digunakan dalam penelitian ini adalah metode9deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Dimana teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara, obervasi dan dokumentasi serta informan terdiri dari pemilik, karyawan dan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kearifan lokal budaya batik dibakukan melalui motif dan warna yang memiliki makna cukup mendalam yakni motif yang cukup terkenal dengan motif daun, hewan serta akar-akaran. Selain itu, jokotole Collection memiliki kekhasan warna yang diciptakan diantaranya warna hijau bernotasi sebagai warna daun, warna biru memiliki makna sebagai bentuk natural, warna merah tidak hanya dimaknai dengan berani melainkan ketegasan dan warna kuning memiliki makna bahwa daerah madura memiliki wilayah cukup subur. Analisis Berlian Porter menunjukkan terdapat keterkaitan antara komponen utama dan penunjang maka dapat diartikan bahwa batik memiliki keunggulan kompetitif daya saing yang kuat di pasar internasional namun membutuhkan adanya strategi untuk memperkuat daya saing serta meningkatkan pemasaran produk batik dalam local maupun international. Saran yang dihasilkan yaitu meningkatkan pangsa pasar dengan melihat adanya ancaman persaingan global baik dalam negeri dan luar negeri, mengikuti pameran serta membuat hak patent untuk setiap motif yang diciptakan oleh Jokotole Collection agar tidak mudah diambil pihak luar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108428

Actions (login required)

View Item View Item