Test-wiseness strategies taught during English national examination preparation programs in tutoring agencies / Ayu Alif Nur Maharani Akbar - Repositori Universitas Negeri Malang

Test-wiseness strategies taught during English national examination preparation programs in tutoring agencies / Ayu Alif Nur Maharani Akbar

Akbar, Ayu Alif Nur Maharani (2018) Test-wiseness strategies taught during English national examination preparation programs in tutoring agencies / Ayu Alif Nur Maharani Akbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Akbar Ayu Alif Nur Maharani.2017. Strategi Test-wiseness yangDiajarkan dalam Bimbingan Intensif Ujian Nasional Bahasa Inggris oleh Lembaga Bimbingan Belajar. Skripsi Jurusan Bahasa Inggirs Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Gunadi H. Sulistyo M.A. (II) Dr. Sintha Tresnadewi M.Pd. Kata Kunci Washback Strategi Test-wiseness Ujian Nasional Bahasa Inggris Ujian nasional (UN) selama bertahun-tahun telah menjadi polemik yang diperdebatkan para ahli pendidikan. Hal ini berkaitan dengan pro dan kontra mengenai keberadaan ujian nasional sebagai media evaluasi pendidikan di Indonesia. Di satu sisi keberadaan ujian nasional sangat krusial sebagai alat ukur kualitas pendidikan Indonesia. Namun di sisi lain keberadaannya dianggap membebani siswa dan sekolah. Terlepas dari pro dan kontra tersebut ujian nasional tetap diselenggarakan setiap tahunnya. Menariknya setiap tahun pula berbagai bimbingan belajar seolah berlomba-lomba menawarkan program bimbingan intensif UN yang bertujuan memfasilitasi siswa agar meraih nilai tinggi saat ujian nasional. Tertarik dengan program intensif UN yang diadakan oleh lembaga bimbingan belajar saya melakukan casual observations untuk mengamati pembelajaran di program tersebut. Hasilnya terdapat indikasi adanya washback dan penerapan strategi test-wiseness yang memungkinkan siswa mendapat niai tinggi dalam ujian melalui analisis format ujian. Oleh karena itu penelitian ini kemudian dilakukan untuk mengamati lebih mendalam tentang bagaimana implementasi washback dan test-wiseness diajarkan dalam program ini serta strategi test-wiseness macam apa yang diajarkan. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan suatu kejadian sealami mungkin tanpa adanya manupilasi terhadap variabel-variabel terkait. Model penelitian yang digunakan adalah studi kasus berfokus pada analisis mendalam tentang faktor-faktor dalam program ini dianalisis secara mendalam. Studi kasus ini dilakukan di dua lembaga bimbingan belajar yang ada di Malang. Data penelitian diambil melalui observasi wawancara dengan manajemen siswa dan guru serta melalui analisis dokumen terkait. Validitas dan realibilitas data menggunakan metode triangulasi data yang mana teknik pengumpulan data sumber data serta jenis data yang bervasiasi saling menguatkan dan mendukung satu sama lain untuk menghindari bias atau pernyataan yang subjektif. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa implementasi washback mendominasi kegiatan belajar mengajar dalam program persiapan UN. Kegiatan dan instruksi pembelajaran didasarkan pada instruksi-instruksi strategy-based agar siswa mampu menjawab soal dengan benar. Test-wiseness cues yang diajarkan bertujuan meningkatkan kemampuan siswa menjawab soal dengan memanfaatkan kelemahanii dari format tes yang ada. Ada 4 kategori test-wiseness yang diajarkan antara lain stem-passage give away grammatical cues length cues dan general-specific cues. Meskipun demikian dalam penelitian ini masih terdapat dua kekurangan yaitu terbatasnya jumlah lembaga bimbingan belajar yang diteliti serta peneliti yang masih dikenali sebagai seseorang yang sedang melakukan penelitia. Untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian sejenis dengan lingkup yang lebih luas serta melibatkan lebih banyak lembaga bimbingan belajar. Sehingga diharapkan test-wiseness cues yang ditemukan akan lebih beragam. Selain itu akan lebih baik apabila peneliti sepenuhnya terlibat dalam program intensif UN tersebut tanpa dikenali sebagai seseorang yang sedang melakukan penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10837

Actions (login required)

View Item View Item