Pengaruh modifikasi penumbuhan ZnO NA nanorods sebagai lapisan transpor elektron terhadap kinerja sel surya perovskite / Anggun Amalia Fibriyanti

Fibriyanti, Anggun Amalia (2019) Pengaruh modifikasi penumbuhan ZnO NA nanorods sebagai lapisan transpor elektron terhadap kinerja sel surya perovskite / Anggun Amalia Fibriyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ix RINGKASAN Fibriyanti, Anggun Amalia. 2018. Pengaruh Modifikasi Penumbuhan ZnO Nanorods sebagai Lapisan Transpor Elektron Terhadap Kinerja Sel Surya Perovskite, Tesis, Program Studi S2 Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Nandang Mufti, S.Si., M.T., Ph.D (II) Dr. Eny Latifah, M.Si., Kata Kunci: ZnO Nanorods, Lapisan Transpor Elektron, Sel surya Peovskite. Penelitian mengenai pengembangan material sel surya perovskite penting untuk dilakukan, guna mengatasi masalah krisis energi masa depan. Sel surya perovskite memiliki efisiensi tinggi, namun mudah terdegradasi di lingkungan yang lembab. Efisiensi serta stabilitas sel surya perovskite sangat dipengaruhi oleh struktur lapisan penyusunnya. Lapisan penyusun yang berperanan penting yaitu lapisan transport elektron, yang lebih dikenal dengan Electron Transport Layer (ETL). ETL berfungsi sebagai antar muka perovskite dan mengakomodasi muatan. Dalam penelitian ini, telah berhasil mensintesis ZnO nanorods (NR) yang diaplikasikan sebagai ETL sel surya perovskite. ZnO NR disintesis menggunakan metode hidrotermal yang dilakukan dengan memodifikasi penumbuhan melalui dua metode, yaitu melalui pembuatan ITO/ZnO Nanopartikel (NP), dimana ZnO NP berperan sebagai seed layer dan secara langsung ditumbuhkan di atas substrat ITO tanpa seed layer. Hasil analisis mikrostruktur dan sifat optoelektronik kedua sampel memutuskan ZnO NR dengan seed layer dipilih untuk diaplikasikan sebagai ETL sel surya perovskite, karena memiliki mikrostruktur dan sifat optoelektronik yang lebih baik dibanding ZnO NR tanpa seed layer. Proses penumbuhan ZnO NR dengan seed layer dilakukan menggunakan metode hidrotermal, divariasi dengan perbedaan lama waktu penumbuhan selama 4 jam dan 3 jam. Sel surya dengan susunan lapisan ITO/ZnO NR/CH3NH3PbI3/Cu2O dengan ZnO NR yang ditumbuhkan melalui seed layer dengan suhu annealing 400 0C selama 4 jam menghasilkan bentuk rod yang lebih panjang, dengan diameter yang relatif sama dibanding yang ditumbuhkan selama 3 jam, efisiensi yang dihasilkan juga lebih besar yaitu ~ 0.4%. Hasil tersebut dapat diidentifikasi bahwa sampel ZnO NR dengan rod yang lebih panjang mempunyai rasio perbandingan luas permukaan terhadap volume yang tinggi, sehingga diperoleh daya serap yang tinggi, dapat meningkatkan efisiensi serta stabilitas fotorespon. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini terbilang sangat jauh dengan nilai efisiensi sel surya perovskite yang telah tersertifikasi saat ini, dikarenakan proses pembuatan perovskite CH3NH3PbI3 masih dilakukan pada ruangan udara terbuka, padahal seharusnya semua proses fabrikasi perovskite dilakukan di Glove Box dengan kontrol lingkungan kelembaban.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108357

Actions (login required)

View Item View Item