Pengaruh penyinaran cahaya terhadap unjuk kerja fotosuperkapasitor berbasis FTO/TiO2-ZnO-βch-Qc/C/Al/BaTio3-PVDF/Al / Moh. Zahir Masrul

Masrul, Moh. Zahir (2019) Pengaruh penyinaran cahaya terhadap unjuk kerja fotosuperkapasitor berbasis FTO/TiO2-ZnO-βch-Qc/C/Al/BaTio3-PVDF/Al / Moh. Zahir Masrul. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masrul, Moh. Zahir. 2019. Pengaruh Penyinaran Cahaya terhadap Unjuk Kerja Fotosuperkapasitor Berbasis FTO/ TiO2-¬ZnO-βch-Qc/ C/ Al/ BaTiO3-PVDF/ Al. Tesis, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Markus Diantoro, M.Si., (2) Dr. Eny Latifah, M.Si. Kata Kunci: DSSC-Superkapasitor, Fotosuperkapasitor, TiO2, ZnO, PVDF, BaTiO3, Kapasitansi Dye Sensitized Solar Cells (DSSC) berbasis material TiO2 sangat potensial karena beberapa keunggulan seperti fotostabilitas tinggi, stabilitas termal tinggi dan sangat efektif untuk penyerapan Dye. Namun, TiO2 masih memiliki keterbatasan dalam hal mobilitas elektron, sehingga diperlukan sistem komposit dengan bahan lain dengan keunggulan mobilitas elektron. Material yang berpotensi adalah material ZnO. Selain itu, ZnO juga memiliki rentang band gap yang sama dengan TiO2. Dalam kondisi ini, sistem komposit TiO2-ZnO menjadi lebih berpotensi untuk digunakan sebagai elektroda DSSC. Pada sistem Fotosuperkapasitor, dengan adanya sumber energi listrik yang tinggi dari DSSC, maka dibutuhkan unit Superkapasitor dengan kapasitansi yang memadai. Dalam hal ini, pemilihan elektroda Superkapasitor menjadi suatu hal yang sangat berpengaruh. Dalam penelitian ini, digunakan elektroda berbasis sistem komposit BaTiO3-PVDF. Dengan permitivitas dielektrik mencapai 1700, material BaTiO3 merupakan kandidat utama bahan dielektrik Superkapasitor. Namun BaTiO3 memililki keterbatasan seperti sifatnya yang rapuh dan unflexible. Keterbatasan ini dapat diatasi dengan kombinasi dengan polimer PVDF yang memiliki keunggulan dari segi sifatnya yang fleksibel, selain itu permitivitas dielektriknya paling optimal dibandingkan dengan jenis polimer yang lain. Pada penelitian ini dikaji pengaruh lama penyinaran dan intensitas cahaya terhadap unjuk kerja Fotosuperkapasitor. Hasil penelitian menunjukkan terhadap lama penyinaran cahaya, arus fotolistrik (Isc) DSSC (sistem Fotosuperkapasitor) dan kapasitansi (C) Superkapasitor (Sistem Fotosuperkapasitor) memiliki relasi eksponensial. Karakterisasi intensitas cahaya terhadap arus fotolistrik (Isc) dan beda potensial (Voc) DSSC (sistem Fotosuperkapasitor) memiliki relasi linier. Hal yang sama juga ditunjukkan pada karakterisasi intensitas cahaya terhadap beda potensial (Vc) dan kapasitansi (C) Superkapasitor (Sistem Fotosuperkapasitor) yang menghasilkan relasi yang linier.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108354

Actions (login required)

View Item View Item